3 Alat Penting yang Harus Ada di Rumah Langganan Banjir

Banjir memang menjadi momok yang sangat menakutkan bagi mereka yang memiliki rumah di lokasi langganan banjir. Selain merusak rumah, banjir juga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Biasanya genangan banjir akan dapat merusak rumah melalui sisa lumpur, kotoran, sampah, dan juga berbagai hal lainnya.

Tidak hanya itu, biasanya banjir juga merusak beberapa barang elektronik yang ada di rumah. Sehingga para penghuni rumah harus merogoh kocek lebih dalam untuk memperbaiki rumah, dan juga seluruh furnitur dan barang elektronik yang rusak.

Apapun caranya, pasti seluruh masyarakat tidak ada yang ingin terkena banjir. Maka dari itu, segala cara dilakukan. Namun, jika banjir ini memang menjadi langganan seperti yang menimpa beberapa rumah dijual di Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Jakarta Utara, dan beberapa daerah lainnya, tidak ada jalan lain selain berkompromi dengan banjir dengan meminimalisasi kerusakan dan kerugian.

Salah satu caranya adalah merenovasi rumah sehingga aman ketika banjir masuk ke rumah. selain itu, segera membersihkan seluruh rumah ketika banjir sudah surut. Hal ini harus dilakukan agar rumah kembali menjadi baik dan tidak mudah rusak dan kembali nyaman.

Bagi Anda yang tinggal di lokasi rawan banjir, ada baiknya menyiapkan beberapa benda ini agar dapat meminimalisasi dampak banjir. Berikut adalah 3 benda yang harus dimiliki rumah langganan banjir.

Kipas Angin

Salah satu dampak dari banjir yang paling sering muncul adalah timbulnya lumut dan juga jamur di dalam rumah. Maka dari itu, penting untuk segera mengatasinya. Salah satu caranya adalah dengan mengeringkan daerah yang terendam banjir menggunakan kipas angin.

Pastikan bahwa air sudah surut dan bersih, lalu Anda bisa mengeringkan dinding juga sudut ruangan yang harus dikeringkan. Bukalah jendela agar udara dapat berganti sehingga mengurangi kelembaban di dalam rumah.

Pompa Air Bah

11227533_1584181528518686_8188597153383150921_o

Untuk daerah yang berada di bagian bawah, tentu sulit untuk mengeluarkan air. Maka dari itu, perlu untuk memiliki pompa air bah untuk menyedot air dari bagian bawah rumah seperti basement jika Anda memilikinya. Pastikan bahwa kondisi di luar rumah sudah tidak banjir dan Anda bisa memompa air dari basement ke daerah yang lebih tinggi dan ke luar rumah Anda.

Jika rumah yang Anda miliki berada di kawasan yang memang langganan banjir baik itu karena musim hujan atau pun karena faktor alam lain, memiliki pompa air bah secara permanen bukanlah hal yang merugikan.

Alat Kebersihan

Kotoran yang masuk ke dalam rumah bersamaan dengan genangan air tentunya akan membuat rumah menjadi kotor dan tidak sehat. Maka dari itu penting untuk anda memiliki alat kebersihan mulai dari sikat, spons, pel, sapu, ember, dan berbagai hal lainnya. jangan lupa pula untuk membeli karbol, sabun lantai, deterjen dan berbagai alat kebersihan lainnya.

Leave a Reply