4 Langkah Mempercantik Pagar Kayu Rumah

Pagar biasanya menjadi salah satu bagian dari rumah yang kurang dipelihara. Hasilnya, pagar kerap menjadi kusam, berkarat, hingga tidak sedap dipandang. Padahal, letak pagar yang berada di depan rumah menjadikan pagar menjadi bagaikan dari “wajah” dari rumah. Maka dari itu, pagar seharusnya dijaga kualitasnya.

Melakukan perawatan pada pagar bisa dilakukan lewat beberapa cara, beberapa di antaranya adalah dengan mengelas pagar bila ada bagian yang rusak, membersihkan pagar secara berkala dari debu, mengganti pagar dengan yang baru, atau pun mengecat ulang pagar.

Cara yang terakhir banyak dilakukan untuk mempercantik pagar lagi. Hal ini penting untuk dilakukan agar rumah pun menjadi ikut lebih cantik dan seperti baru lagi. Apalagi apabila warna yang dimiliki pagar sudah kusam dan juga berkarat.

Ada pula pagar kayu yang biasanya sudah kusam dan juga lapuk di makan cuaca. Padahal, jika memiliki bentuk dan warna yang cantik, pagar kayu dapat menambah kesan sederhana dan menyenangkan di rumah dijual di Surabaya tipe minimalis Anda.

Maka dari itu, perhatikanlah 4 langkah mempercantik pagar kayu di rumah Anda.

desain-pagar-rumah-kayu-minimalis

Menutup Tanaman di Sekeliling Pagar

Sebelum Anda melakukan pengecatan pagar rumah, ada baiknya Anda menutup tanaman yang ada di sekitar pagar. Dengan begini, tanaman-tanaman tersebut tidak akan terkena cipratan cat. Cobalah untuk menutupinya dengan kertas koran bekas atau dengan menggunakan plastik terpal. Tidak hanya itu, amankan pula pagar dari tanaman-tanaman merambat agar proses pengecatan Anda tidak terganggu.

Bersihkan Pagar dari Kotoran

Setelah melakukan langkah pertama, Anda bisa membersihkan pagar dari berbagai kotoran. Cobalah perhatikan permukaan kayu apakah pagar sudah terbebas dari kayu karatan, kotoran seperti pasir atau tanah. Bersihkan pagar dengan seksama agar nantinya cat menempel dengan baik pada permukaan pagar, bukan pada kotoran.

Kuas Besar Lebih Efektif

Anda dapat menggunakan kuas yang besar untuk mempersingkat pengecatan Anda. lakukan pengecatan secara searah agar hasil cat rapi. Jika ingin lebih cepat lagi, Anda bisa menggunakan cat semprot untuk mempersingkat pengerjaan. Hanya saja penggunaan cat semprot cenderung boros cat.

Keringkan Cat di Pagar

Ada baiknya Anda mulai menggunakan pagar setelah cat mengering. Karena jika tidak, nantinya akan dapat merusak cat yang baru saja Anda kerjakan. Selain itu, pastikan tanaman tidak ada yang terkena cipratan cat. Karena tanaman yang terkena cat akan mudah rusak.

Leave a Reply