5 Manfaat Menulis Essai yang Sebaiknya Kamu Ketahui

Jasa Penulis Artikel – Dunia tulis menulis memang kompleks, namun semua itu tidak akan berkesan bila belum membahas salah satu jenis yang sangat digandrungi oleh para akademisi. Jenis tulisan apakah itu?  Ya, Anda benar. tulisan tersebut adalah essai.

Pegertian Essai

Tulisan essai adalah tulisan bebas berdasarkan pandangan subyek penulis terkait obyek yang diamatinya. Tulisan essai sendiri sebenarnya hampir mirip dengan tulisan artikel opini, maka tak heran bila banyak di antara para akademisi menyebut artikel essai ini juga sebagai artikel opini; artinya berpendapat.

Nah, lalu apa yang membedakan antara artikel essai dengan artikel opini? Artikel essai sendiri merupakan artikel yang di dalamnya menghadirkan masalah. Keasyikan essai memang berada di sini; sebuah tulisan yang menghadirkan masalah namun juga masalah tersebut sekaligus sebagai solusinya.

Sedangkan artikel opini sendiri adalah jenis artikel yang di dalamnya terdapat opini subyektif dari penulis. Artikel opini menyajikan masalah hanya sebagai pengantar, sedangkan solusinya benar-benar lepas.

Manfaat Menulis Essai

Barangkali akan timbul pertanyaan dari sahabat, lalu apa sih keuntungannya bila kita mahir menulis essai? Ok mari simak point-point di bawah ini:

1. Dengan Essai, Seseorang Bisa Jalan-jalan Gratis

Point pertama dari manfaat menulis essai adalah jalan-jalan gratis. Bila kamu mahir menulis essai, cobalah ikuti beberapa event yang di dalamnya memberikan syarat bisa menulis essai. Tak hanya mendapatkan tiket gratis, Anda juga akan diberikan uang saku untuk jalan-jalan.

2. Lolos Seleksi Beasiswa

Dari dulu hingga sekarang, persyaratan yang tak luput dari seleksi beasiswa adalah tulisan essai. Tulisan essai memang terkesan sederhana karena kadang hanya menulis tentang kegiatan pribadi kita.

Di balik kesan tersebut sebenarnya mengandung banyak rahasia. Jika kamu bisa menggambarkan dengan apik siapa dirimu, pasti kamu akan terpilih menjadi penerima beasiswa. Biasanya jenis essai seperti beasiswa menggunakan jenis essai pribadi.

3. Lolos Seleksi Kerja

Essai juga bukan hanya untuk hal-hal berkaitan akademis lgo. Dengan essai, Anda bisa menggunakan untuk melamar kerja. Essai untuk melamar kerja biasanya terdiri dari keseharian kamu yang dikorelasikan dengan apa peran yang akan kamu lakukan untuk perusahaan.

So, bila kamu sedang mendaftar pekerjaan, kamu perlu tahu apa skill yang kamu miliki, kontribusi apa yang akan kamu sumbangkan, sampai ide-ide apa yang akan kamu berikan untuk perusahaan tersebut.

cara membuat musikalisasi puisi

4. Bisa Ikut Training Gratis

Manfaat menulis essai selanjutnya masih terkait yang gratis-gratis. Cukup menguasai essai saja, setiap training yang memintamu untuk menulis essai maka tulislah. Tulislah apa yang seperti diinstruksikan.

Bila sudah melakukan yang terbaik, barangkali keberuntungan berpihak ke diri kamu dan kamu bisa mengikuti berbagai training maupun seminar serba gratis.

5. Sukses Cari Investor

Manfaaat menulis essai terakhir adalah kamu akan dipermudah dengan essai ketika kamu berencana datang ke investor.

Ketika kamu datang ke investor misal ingin membuka usaha Jasa Penulis Artikel, kuliner, atau usaha-usaha lainnya, Anda bisa menjelaskan ala tulisan essai yang Anda buat.

Essai menuntut keruntutan, maka jelaskan rencana setp by step dan biaya yang dibutuhkan. Buat calon investor kamu percaya dengan presentasimu.

Demikianlah 5 manfaat menulis essai. Semoga tulisan di atas dapat bermanfaat dan menjadi pemantik para mahasiswa dan para akademisi untuk mendalami tulisan essai.

 

Leave a Reply