5 Tahap yang Hanya Akan Dirasakan Oleh Hubungan Suami-Istri

Seorang Psikoterapis, Dawn J. Lipthrott LCSW mengatakan bahwa ada lima tahap yang akan dilalui oleh setiap pasangan pernikahan. Hubungan ini, bisa berkembang dalam tahapan yang sudah diprediksikan sebelumnya. Akan tetapi, perubahan dari satu tahap ke tahap lainnya memang tidak terjadi secara mencolok, perubahan ini juga tidak terpaku oleh batasan-batasan waktu tertentu. Bisa jadi antara pasangan Suami-Istri memiliki waktu dan hambatan yang berbeda pada perkembangannya. Namun, ada juga sebagian pasangan yang merasakan hal yang sama.

Tahap Pertama (Romantic Love)

muslim-couple-woman-wearing-hijab-headscarf-veil

ohgodmywifeisgerman.files.wordpress.com

Pada saat ini, kedua pasangan akan merasakan gelora cinta yang menggebu-gebu. Tahap Romantic love juga terjadi pada bulan madu pernikahan. Di tahap ini, anda dengan pasangan anda akan melakukan berbagai kegiatan bersama-sama dalam situasi penuh cinta dan romantis.

Tahap Kedua (Dissapointment or Distress)

muslim-couple-00

www.ultraupdates.com

Menurut Dr. Dawn, pada tahap kedua ini pasangan suami-istri akan kerap saling menyalahkan, berusaha lebih benar atau menang dari pasangannya, memiliki rasa marah dan kecewa.

Terkadang, salah satu dari pasangan suami-istri yang mengalami hal ini akan berusaha untuk mengalihkan perasaan stressnya dengan cara yang tidak baik seperti: menjalin hubungan orang lain, mencurahkan seluruh perhatiannya pada pekerjaan, anak atau hal lain yang sesuai kebutuhan dan minatnya masing-masing. Menurut Dawn, tahapan ini bisa membuat pasangan Suami-Istri pada situasi yang tak tertahankan lagi terhadap hubungannya. Banyak pasangan yang memilih berpisah pada tahap ini.

Tahap Ketiga (Knowledge and Awareness)

10391366_1433582380242041_8310306419243958957_n

skimon.com

Dawn juga mengungkapkan bahwasannya pasangan Suami-Istri yang sampai pada tahap ini akan lebih memahami posisi dan karakter pasangannya. Pasangan ini juga akan sibuk menggali informasi tentang bagaimana caranya mewujudkan kebahagiaan dalam pernikahan itu sendiri. Selain itu, menurut Dawn pasangan yang sampai pada tahap ini akan senang meminta kiat-kiat kebahagiaan rumah tangga pada pasangan lain yang lebih tua atau yang sudah mengikuti seminar dan konsultasi perkawinan.

Tahap Keempat (Transformation)

467d84331d318159e6851bde3da01021

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Suami-Istri akan mencoba tingkah laku yang berkenan di hati pasangannya pada tahap ini. Selain itu, anda juga akan membuktikan akan menjadi pasangan yang tepat bagi pasangan anda. DI tahap yang keempat pemahaman antara anda dan pasangan sudah berkembang dan menyeluruh. Terutama dalam menyikapi perbedaan yang terjadi. Anda dan pasangan juga akan saling menunjukan empati, penghargaan dan ketulusan untuk mengembangkan hubungan penikahan yang nyaman dan tentram.

Tahap Kelima (Real Love)

e4b538694e5afbf676adc055bf08f442

s-media-cache-ak0.pinimg.com

“Anda akan merasakan kembali kehidupan yang dipenuhi keceriaan, kemesraan, kebahagiaan, keintiman dan kebersamaan dengan pasangan,” ujar Dawn. Psikoterapis ini juga menjelaskan bahwa waktu yang dimiliki oleh pasangan Suami-Istri pada tahap ini seolah digunakan hanya untuk saling memberikan perhatian satu sama lain. Mereka akan semakin menghayati cinta kasih pada pasangannya sebagai realitas yang nyata.

“Real love sangatlah mungkin terjadi pada diri anda dan pasangan jika kalian memiliki keinginan untuk mewujudkannya. Real love tak akan bisa terjadi dengan sendirinya tanpa ada usaha yang nyata dari kalian berdua,”  Ujar Dawn.

Setelah itu Dawn menyarankan pula, “Jangan pernah hancurkan hubungan pernikahan anda hanya karena merasa tidak cocok atau sulit memahami pasangan. Anda hanya perlu sabar dan mengulang tahap perkembangan dalam pernikahan anda. Jadikanlah suatu kelanggengan pernikahan kalian sebagai haidah yabg berharga bagi anak, pasangan dan tentunya diri sendiri”

 

Leave a Reply