Alat Selam Dasar dan Fungsi di dalamnya

Menyelam merupakan salah satu jenis olahraga, yang memang memiliki tingkat penguji andrenalin tersendiri bagi mereka yang melakukannya. Kegiatan yang mengharuskan para pelakunya untuk berhubungan langsung dengan alam dibawah air ini, memang tidak sedikit mengandung resiko yang membahayakan. Oleh karena itu, bagi mereka yang ingin melakukan kegiatan penyelaman didalam air, diwajibkan terlebih dahulu untuk memiliki sertifikat menyelam yang dikeluarkan oleh instansi yang memang berwenang, sehingga memiliki kemampuan dan ketrampilan dalam melakukan kegiatan penyelaman ini. Bagi Anda yang memang memiliki keinginan untuk melakukan kegiatan penyelaman, akan lebih disarankan jika Anda terlebih dahulu mengenal alat selam serta fungsi-fungsi dari peralatan tersebut.

Tidak hanya sertifikat dan pengenalan peralatan saja, namun pendampingan pada saat melakukan penyelaman untuk pertama kalinya, juga wajib untuk Anda lakukan, agar nantinya penyelaman yang Anda lakukan tidak membahayakan diri anda. Dengan menghadirkan pendamping yang profesional ini, merupakan sebuah antisipasi dari bahaya yang mungkin Anda hadapi, dimana tenaga profesional tersebut nantinya akan menjadi pengaman dan pemberi arahan bagi penyelaman Anda.

Bagi Anda yang memang masih awam terhadap dunia selam menyelam, berikut ini alat selam yang memang wajib Anda kenal dan gunakan nantinya ketika melakukan penyelaman dibawah air, yang antara lain adalah:

  • Wetsuit, yang merupakan pakaian menyelam dan memiliki fungsi signifikan untuk melindungi tubuh para penyelam dari hawa dingin ataupun gangguan lain yang dimungkinkan menyerang tubuh para penyelam. Jenis pakaian selam ini dibedakan atas jenis air yang akan mereka pilih, untuk melakukan penyelaman.
  • Masker, merupakan alat yang difungsikan untuk melindungi mata penyelam didalam air.
  • Tabung udara, merupakan tabung berisi oksigen, yang berfungsi sebagai penyimpan oksigen yang digunakan penyelam pada saat melakukan penyelaman. Jenis tabung ini sangat bermacam, tergantung pada lamanya penyelaman yang dilakukan.
  • Regulator selam, yang merupakan penghubung tabung udara dengan mulut penyelam, sehingga mampu mengalirkan oksigen yang dibutuhkan para penyelam pada saat melakukan penyelaman.
  • Bouyancy Compensation Device atau yang biasa disebut dengan BCD, yang merupakan jaket yang berfungsi untuk mengembangkan tubuh penyelam, agar dapat terangkat ke permukaan air setelah melakukan penyelaman.
  • Weight belt, yang merupakan sabuk pemberat, yang berfungsi sebagai pemberat tubuh penyelam, sehingga dapat masuk kedalam air ketika melakukan penyelaman.
  • Kaki katak, merupakan alat yang berfungsi untuk mempercepat gerakan penyelam saat berenang dalam air.
  • Gauges, merupakan indikator yang berfungsi sebagai penunjuk tekanan oksigen yang masih berada dalam tabung udara.
  • Dave computer, merupakan peralatan yang berbentuk seperti jam dan berfungsi sebagai penunjuk tekanan udara dalam air, kedalaman penyelaman serta suhu udara dalam air.
  • Torch, merupakan senter yang berfungsi untuk memberikan cahaya atau penerangan pada saat melakukan penyelaman.

Jika Anda telah mengenal berbagai peralatan tersebut, maka pelajarilah dengan detail teknik-teknik yang ada pada kegiatan penyelaman. Untuk melakukan pembelajaran teknik tersebut, Anda dapat mendatangi berbagai lembaga khusus yang memang mengajarkan teknik penyelaman, yang biasanya juga mengeluarkan sertifikat penyelaman bagi pemula yang memang ingin mengenal dan tertarik untuk melakukan kegiatan penyelaman.

Alat selam seperti yang tersebut diatas, nantinya akan dapat Anda temukan, jika Anda memang telah terdaftar secara resmi dalam lembaga pendidikan selam. Kegiatan menyelam ini selain dapat Anda jadikan sebagai hobi, juga dapat Anda jadikan sebagai profesi, jika memang Anda benar-benar telah memiliki keahlian yang profesional dalam melakukan kegiatan penyelaman tersebut.

Leave a Reply