Bingung Milih Aplikasi Editing Video? Coba Dulu Aplikasi ini

Aplikasi editing video banyak sekali macamnya, di mulai dari edit animasi efek, perfilman, sampai untuk penggabungan foto yang biasa kita sebut slide show. Bagi seorang editor film, tentunya tak asing lagi bila mendengar istilah Aplikasi editing video. Karena aplikasi ini sudah menjadi makanan sehari-hari bagi para mereka. Aplikasi editing video ini mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing, tergantung dari sisi kebutuhan dan genre film yang akan kita buat.

Seperti contoh kita ingin membuat film action, kurang mantap jika kita tidak menambahkan berbagai efek seperti peluru, ledakan, dan lain-lain. Maka, aplikasi yang kita butuhkan yaitu aplikasi pengedit animasi/efek seperti Adobe After effects. Beda halnya jika kita hanya ingin menggabungkan beberapa foto hingga menjadi satu video, maka aplikasi yang kita butuhkan hanya aplikasi semacam Movie maker atau Videopad.

Pada hakikatnya cara kerja dari setiap aplikasi editing video adalah sama. Yang membedakan hanyalah tools dan fitur-fitur tertentu sehingga setiap aplikasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Berikut ini akan kami cantumkan beberapa aplikasi editing video yang berbayar, maupun gratis.

1. Adobe Premiere Pro

adobe premiere pro

Aplikasi ini sangat cocok untuk video dan audio editing. Didalam Adobe Premiere Pro anda bisa meng-Add video track sebanyak mungkin. Selain itu aplikasi ini juga memiliki efek-efek yang bagus, sehingga aplikasi ini cocok untuk membuat iklan atau video-video yang ingin terlihat ekslusif

Namun kekurangan dari software ini adalah performanya yang berat dalam mempreview efek-efeknya, jadi seringkali komputer anda akan ngehang jika memkai aplikasi ini. Aplikasi ini hanya saya sarankan untuk anda yang mempunyai spek komputer yang tinggi. Agar tidak menyusahkan kita dalam mengedit video nantinya

2. Sony Vegas Pro

sony vegas pro

Aplikasi ini sangat cocok untuk anda yang sudah berpengalaman dalam mengedit video. Aplikasi keluaran sony ini mempunyai format yang sangat friendly cenderung simple dan mudah untuk dipakai. Saony Vegas Pro juga memiliki kelebihan lain yaitu mendukung berbagai macam format video. Sehingga anda tidak akan repot untuk meng-convert video yang ada. Ia juga memiliki efek-efek yang lebih banyak dibandingkan dengan Adobe Premiere pro.

Namun kekurangannya adalah transisinya yang kurang banyak, sehingga aplikasi ini tidak cocok untuk mengedit video berbasisis slideshow foto.

Artikel Terkait : Mau Main Game tapi Spek Komputermu Ga mendukung? ini Solusinya

3. Adobe after effects

adobe after effects

Aplikasi ini sangat cocok bagi anda yang ingin menambahkan efek animasi pada video. Aplikasi ini memiliki banyak template efek yang sangat bagus seperti efek peluru, ledakan dan percikan api. Adobe after effects akan meghadirkan sense profesional kedalam video anda.

Namun aplikasi ini hanya terbatas untuk menambahkan efek animasi pada video anda. Jika anda ingin menggunakan aplikasi ini, saya sarankan untuk menginstal aplikasi Adobe Premiere juga. Karena 2 aplikasi ini saling melengkapi.

4. Camtasia Studio

camtasia studio

Sebenarnya aplikasi ini dibuat untuk screen recording (merekam laya komputer). Namun, aplikasi ini tidak hanya sebatas merekam, Camtasia studio juga memiliki fitur yang sama dengan aplikasi editing video laionnya. Sehingga sangat mendukung bila anda ingin membuat tutorial-tutorial tertentu. Tapi jangan khawatir, anda juga bisa mengedit video seperti umumnya pada Camtasia Studio ini.

5. Corel Video Studio X2

Corel Video Studio X2

Aplikasi ini mempunyai beragam featurdan plugin yang lebih lengkap dibandingkan dengan software yang lainnya. Tampilan dan layoutnya yang user friendly memudahkan editor untuk menyelesaikan tugasnya. Aplikasi ini mendukung hampir semua format video serta outputnya.

Namun video ini juga mempunyai kekurangan, spek yang dibutuhkan sangatlah tinggi. Seperti halnya Adobe Premiere Pro, bila dipaksakan akan sulit untuk mengedit video. Selain itu Core Video Studio X2 juga membutuhkan Microsoft Direct 9.0 sehingga menyulitkan kita untuk memakainya.

Artikel Terkait : ini Dia Daftar Laptop Murah Berkualitas

6. Windows Movie Maker

Windows Movie Maker

Windows movie maker adalah aplikasi editing video yang gratis. Aplikasi ini sangat cocok untuk pemula, sehingga pengguna dapat mengedit video dengan mudah dan cepat. Memiliki banyak fitur seperti timeline narration, video transitions, video effects, audio track, adding titles/credits dan Auto Movie

Aplikasi ini berbasis slideshow sehingga sangat terbatas jika kita ingin mengedit video dengan Windows Movie Maker, namun aplikasi cocok untuk pemula karena penggunaannya relatif simple.

7. Videopad

Videopad

Videopad memiliki banyak keunggulan, selain harganya yang gratis, videopad ini mampu mengedit video dari camcorder dan format apapun. Selain itu videopad juga memiliki fitur yang dimiliki oleh aplikasi-aplikasi edit video yang professional seperti color grading, stabilizer, audio mixing dan lain-lain. Aplikasi ini juga menyediakan puluhan visual dan transisi efek untuk memberikan sentuhan professional pada video anda.

lihat juga :

ini Dia Daftar Laptop Murah Berkualitas

Virtual Reality Game Terbaik Diseluruh Dunia

Smartphone Terbaik 2015

 

 

Leave a Reply