Biografi Bill Gates, “Orang Terkaya di Dunia Sepanjang Masa”

Semua orang, tak terkecuali anda, pastilah ingin sukses dan kaya raya, namun kebanyakan dari mereka tidak mengetahui cara untuk mewujudkannya. Satu hal yang perlu digaris bawahi adalah bahwa segala sesuatu di dunia ini ada ilmunya. Tak terkecuali dalam meraih kesuksesan dan kekayaan. Ketika kita mampu menguasai ilmunya, niscaya segala hal bisa kita genggam.

Bill gates adalah salah satu dari sepuluh orang terkaya di dunia, penghasilannya mencapai US $7,8 miliar/tahun. Ia adalah pendiri Microsoft. Bersama dengan temannya Paul Allen, ia mewujudkan mimpinya yaitu membawa komputer masuk ke tiap-tiap rumah yang ada di dunia.

Biografi Bill Gates

Biografi bill gates

static1.businessinsider.com

Bill Gates lahir di Seattle, Washington pada tanggal 28 Oktober 1955. Ayahnya yang bernama William H Gates, Sr. adalah seorang pengacara ulung. Sedangkan ibunya, Marry Maxwell Gates, adalah seorang direktur anggota dewan First Interstate Banc System. Jadi, sebenarnya Bill Gates adalah anak dari keluarga yang cukup berada. Bahkan konon katanya, rumor menyebutkan jika kakeknya adalah seorang jutawan. Ketika Bill Gates lahir, ia secara hukum telah mendapat warisan dari kekayaan kakeknya sebesar USD 1 Juta.

Bill Gates adalah anak ke dua dari empat bersaudara. Namun, ia mendapat  gelar Gates III karena Bill gates memang generasi keluarga ‘Gates’ yang ketiga. Yang pertama adalah ‘ Gates’ kakeknya, yang kedua ayahnya dan yang terakhir adalah dirinya. Jadi, pada hakikatnya gelar Gates III yang dimaksud bukanlah urutan lahirnya. Akan tetapi garis keturunannya ke 3 dari keluarga Gates.

Sejak lahir, ia sudah menjadi miliuner kaya raya. Mengapa demikian? Menurut Forbes, orang yang disebut kaya adalah orang yang mempunyai kekayaan bersih minimal USD 1 juta. Berarti, melalui jatah warisan dari kakeknya, Bill Gates bayi sudah termasuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Bill Gates kecil telah menunjukkan kecerdasan potensinya.Kala itu, ia ditempatkankan di sekolah yang sangat bergengsi yakni Lakeside School. Lakeside School adalah sekolah khusus pria yang sangat modern dan ternama. Walaupun secara garis keturunan Bill Gates merupakan anak orang kaya, namun hal itu tak membuat Bill Gates cepat puas diri. Orang tuanya sangat menanamkan pengertian kecerdasan yang uni. Beliau mengatakan bahwa sesungguhnya Bill Gates harus memiliki kecerdasan yang unik dan berbeda. Kecerdasan inilah yang kelak nantinya akan membawa hidupnya menuju kesuksesan yang lebih baik lagi.

Perjalanan Sekolah Bill Gates

foto ini diambil ketika bill gates masih belia

images.boomsbeat.com

Ternyata benar apa yang disampaikan oleh orang tua Bill Gates. Disekolah, Bill Gates mendapatkan pelajaran ekstrakulikuler komputer. Pada saat itu segala hal yang berhubungan dengan pelajaran komputer adalah sesuatu yang sangat langka, mahal dan ekslusif. Bill Gates dan teman-temannya sangat tertarik dengan bahasa pemrograman komputer BASIC. Karena sangking asyiknya, ia keluar dari kelas mata pelajaran matematika karena ia ingin berlama-lama menulis program di komputer. Saat itu Bill Gates menggunakan komputer General Electric dengan terminal  Teletype Model 33 ASR.

Pada tahun 1973, ia lulus dari Lakeside School. Bill Gates lulus dengan nilai yang hampir sempurna Kemudian, Bill Gates melanjutkan pendidikannya di Harvard University. Namun, pejalanannya di Harvard University tak seperti yang ia kira. Bill Gates sudah terlanjur menyibukkan dirinya dengan menulis bahasa pemrograman. Lalu, kuliahnya di Harvard pun tak bisa dilanjutka. Ia lebih senang menghabiskan waktunya untuk berkumpul bersama teman sekolahnya di Lakeside dulu yaitu Paul Allen.

Bill Gates Mendirikan Microsoft

biografi bill gates saat mendirikan microsoft

todayonline.com

Pada tahun 1974, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel 8080 diluncurkan. Dari peluncuran ini, muncullah ide untuk mendirikan perusahaan berbasis perangkat lunak dengan cara menggandeng Paul Allen sebagai mitra usahanya.

Kemudian, Bill Gates menghubungi MITS dan menawarkan sebuah operating system berbasis BASIC yang bisa dipakai sebagai platformnya. Lalu MITS pun menyetujuinya. Sistem operasi pertama tersebut dinamai Altair Basic. Akhirnya Bill Gates dan Paul Allen memberikan nama “Micro-soft” pada perusahaan softwarenya. Seiring berjalannya waktu, tanda sambung itu akhirnya dihilangkan hingga sekarang menjadi “Microsoft”.

Artikel Terkait : Daftar 10 Orang Terkaya Di Indonesia!

Orang Terkaya Di Dunia

biografi bil gates menjadi orang terkaya di dunia

i1-news.softpedia-static.com

Sejak tahun 1993 hingga sekarang, Bill Gates selalu menempati posisi teratas dalam jajaran orang terkaya di planet ini. Total kekayaan yang ia miliki mencapai USD 79,8 Milyar (versi forbes). Pada tahun 2010 Bill Gates sempat dikalahkan kekayaannya oleh seorang Taipan Meksiko, Carlos Slim Helu. Namun, pada tahun-tahun berikutnya ia masih menempati urutan pertama.

Akan tetapi, sebenarnya predikat sebagai orang terkaya di dunia membuat Bill Gates kurang nyaman. Semua ini dikarenakan hal itu sangat mengganggunya. Bill Gates tidak suka banyak perhatian yang muncul akibat predikat tersebut. Baginya, hal yang paling penting dalam kehidupan adalah selalu berprestasi dan berinovasi di bidangnya.

Lalu, apakah anda penasaran dengan gaya manajemen Bill gates hingga ia bisa mengawangi perusahaannya menjadi perusahaan yang di perhitungkan di dunia internasional? Simak baik-baik. Berikut adalah Sepuluh Kiat Sukses Ala Bill gates.

kiat sukses ala bill gates

thirteen.org

Jatuh cinta pada pekerjaannya

Bill gates sangat mengimpi-impikan komputer pribadi. Ia selalu membayangkan perubahan dunia ketika komputer bisa memasuki rumah-rumah seperti sekarang ini. Ia bahkan sering berbincang dengan Paul Allen hingga larut malam hanya untuk membahas masalah ini. Mereka percaya akan adanya revolusi. Sebab Revolusi adalah “Butir iman” yang dianut oleh Microsoft. Dan ketia Revolusi tu muncul, merka akan menyiapkan perangkat lunak.

Tak pernah kenal ampun

Bill gates adalah seorang yang pantang menyerah. Jika ia mempunyai sebuah keinginan, ia akan berjuang keras untuk menggapainya. Hal ini membuatnya menjadi pribadi yang tangguh. Selain itu, ia selalu terus terang mengenai cara menghancurkan kompetisi secara terbuka.

Pekerjakan orang-orang yang cerdas

Bill gates menacari dan mempekerjakan orang-oran yang tercerdas di industri komputer. Ini adalah strategi supaya perusahaannya sanggup menhasilkan karya yang terbaik. Sebagian orang menuduhnya bersifat elitis, tetapi sebenarnya ia adalah salah satu pelaku bisnis yang memahami modal intelektual.

Jangan berharap ucapan terima kasih

Jangan jadikan kata terima kasih sebagai tujuan Sukses anda. Ketika anda berharap ucapan terima kasih, hanya akan menenggelamkan diri kita kesombongan. Bill gates adalah salah satu orang yang tidak ingin di puji. Ketika ditanya apa masalah yang paling pahit yang pernah ia alami? Ia menjawab “ketenaran”.

Garap semuanya

Jangan melakukan hal yang setengah-setengah. Satu elemen kunci dari keberhasilan Microsoft adalah kemampuan perusahaan itu mengatur sebuah proyek secara bersamaan. Bill gates adalah pria multitasking pertama yang disebut-sebut mampu melakukan beberapa pekerjaan teknis dalam waktu bersamaan.

Jangan pernah kehilangan Fokus

Bill gates sudah berada di puncak kejayaan selama lebih dari dua dekade. Selama masa itu, ia telah menjadi orang terkaya di dunia. Meskipun ia telah memiliki kekayaan segunung dan prestasi segudang. Ia tak pernah kehilangan fokus.

Visioner

Bill gates adal sosok yang fokus pada tujuan-tujuan yang ingin di capainya. Ia memprediksikan bahwa nanti akan ada banyak orang-orang yang menjadi pelaku bisnis. Maka dari itu ia membuat produk yange unggul dan berbeda dari yang lainnya. Dengan begitu ia tak akan kalah dengan pesaing-pesaing baru.

Mendengarkan orang lain

Ia selalu mendengarkan kritik dan saran yang ia terima. Ia tak pernah menganggap sepel komentar-komentar tersebut. komentar-komentar itu ia anggap sebagai bahan evaluasi untuk perusahaannya kedepan. Karena menjadi pendengar adalah hal yang penting.

Bekerja dengan hati

Mereka yang bekerja dengan hati akan selalu bersikap baik kepada siapapun.

Kekayaan bukan hanya dinilai dari uang ang dimiliki.

Menjadi kaya bukan hanya sekedar memiliki banyak uang. Namun kekayaan yang utama adalah seberapa besar uang yang kita gunakan untuk menolong orang lain. ini yang menjadi kan Bill gates sebagai orang yang dermawan.

Leave a Reply