Cara Melakukan Diet OCD

Cara Melakukan Diet OCD – Diet merupakan tata cara yang dilakukan oleh sebagian orang untuk membentuk tubuh yang ideal. Berbagai macam cara di praktekan oleh orang yang berbeda-beda. Diet OCD (obsessive Corbuzier Diet) merupakan salah satu dari sekian cara yang ada. Cara ini di perkenalkan oleh pesulap artis ternama yaitu Dedy Corbuzier. Metode ini sebenarnya metode yang hanya dilakukan oleh Corbuzier seorang diri. Namun, setelah sekian lama banyak orang yang berminat untuk mencobanya. Banyak orang yang telah merasakan hasilnya, mereka menganggap bahwa metode ini adalah metode yang sangat bagus. Selain itu metode ini memiliki cara yang unik dan berbeda dari yang lainnya.

Perbedaan yang mendasar antara diet OCD dan diet lainnya adalah batasan makanan yang tidak terhingga. Biasanya ketika diet kita harus mengurangi makan ini itu, sedangkan diet  yang dipopulerkan oleh Corbuzier ini tidak membatasi makanan apa saja yang harus dimakan atau tidak boleh dimakan. Kita boleh memakan apa saja yang kita inginkan tetapi dalam proses dan jangka waktu tertentu. Hasilnya pun sangat fantastis. Jika berhasil, kita akan memiliki tubuh kekar tanpa berolahraga ataupun fitness. Kita hanya cukup melakukan diet OCD ini maka anda akan memiliki tubuh kekar layaknya binaragawan.

Lalu darimana diet OCD ini berasal? Pada awalnya, Corbuzier bertemu dengan seorang sopir yang berasal dari hongkong. Sopir yang ia temui berbeda dengan sopir-sopir lainnya, ia memiliki badan kekar padahal usianya sudah mencapai 75 tahun. Ketika ia bertanya bagaimana hal tersebut bisa terjadi? Ternyata sopir ini merupakan mantan pekerja biarawan shaolin. Lalu dari percakapan tersebut munculah metode diet OCD ini.

Cara melakukan diet OCD

Di dalam diet OCD terdapat istilah “jendela makan”.

indonesiakreatif.net

Di dalam diet OCD terdapat istilah “jendela makan”. Apa itu jendela makan? Jendela makan adalah pengaturan jangka waktu dimana sesorang yang melakukan diet OCD boleh memakan makanan apapun sesukanya. Seperti contoh jika jendela makan kita pada jam 11 siang hingga jam 1 siang, maka ketika jam-jam itu kita boleh memakan makanan apapun sesuka kita. Namun, jika jendela makan ini sudah ditutup (selesai) maka hari-harinya dilanjutkan dengan puasa. Akan tetapi yang dimaksud puasa disini bukan puasa sepenuhnya. Kita tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi minuman tak berkalori seperti air mineral, air putih, kopi pahit, teh tawar dan minuman yang tidak mengandung kalori lainnya.

Ketika diterapkan, jendela makan dianjurkan untuk dilakukan pada siang hari antara jam 11 hinga jam 2 siang. Mengapa demikian? Jika anda menggunakan metode diet OCD ini anda tidak diperbolehkan mengkonsumsi makanan di pagi hari karena hal itu dapat menghambat proses pembakaran kalori pada tubuh.

Lalu bagaimanakah langkah-langkah untuk melakukan diet OCD? Untuk itu kali ini kami akan membahas bagaimana cara untuk melakukan diet OCD. Penasaran? Mari kita simak beberapa poin di bawah ini.

1. Melakukan diet OCD dengan jendela makan 8 jam

Pada cara melakukan diet ocd yang pertama, anda bisa mengkonsumsi semua makanan yang ada (dengan proporsi/jumlah yang wajar) dengan jangka waktu 8 jam

kitchenplatter.com

Pada metode yang pertama, anda bisa mengkonsumsi semua makanan yang ada (dengan proporsi/jumlah yang wajar) dengan jangka waktu 8 jam. Lalu setelah itu anda melakukan puasa selama 16 jam. Akan tetapi anda tetap diperbolehkan untuk meminum minuman tanpa kalori seperti yang telah saya sebutkan di prolog. Seperti contoh: Anda membuka jendela makan pada jam 1 siang, berarti anda mempunyai waktu hingga jam 9 malam untuk mengkonsumsi makanan. Pada jam berikutnya anda tidak boleh mengkonsumsi makanan apapun hingga jendela makanan kembali dibuka (jam 1 siang) lakukan cara itu terus hingga berulang-ulang.

Metode ini sangat cocok bagi anda sebagai pemula. Lakukan cara ini dalam tempo 1 atau 2 minggu agar tubuh dapat menyesuaikan dengan metode diet ini. Jika anda sudah melampauinya, maka anda bisa berlanjut ke level jendela makan berikutnya.

2. Melakukan diet OCD dengan jendela makan 6 jam

Tidak jauh berbeda dengan cara melakukan diet ocd yang pertama, pada level yang kedua anda bebas mengkonsumsi makanan apapun selama 6 jam.

Pixabay.com

Tidak jauh berbeda dengan metode yang pertama, pada level yang kedua anda bebas mengkonsumsi makanan apapun selama 6 jam. Lalu, setelah itu gunakan hari-hari anda untuk berpuasa. Seperti contoh: Anda membuka jendela makan anda pada jam 1 siang. Maka anda boleh mengkonsumsi makanan apapun hingga jam 7 malam. Lalu, lanjutkan dengan berpuasa sampai jendela makan kembali dibuka (18 jam berikutnya). Lakukan cara ini secara terus menerus. Jika dirasa sudah cukup meyakinkan untuk melanjutkan ke level berikutnya. Maka, gunakan cara selanjutnya.

Artikel Terkait : Ternyata Coklat Punya banyak Manfaat, ini dia 7 Manfaat Coklat bagi Kesehatan

3. Melakukan diet OCD dengan jendela makan 4 jam

pada tahap diet ocd ini akan dipaksa untuk puasa dalam waktu 18 jam

pixabay.com

Masuk ketahap selanjutnya, level ini dirasa cukup berat. Waktu makan anda menjadi lebih terbatas. Anda hanya memiliki waktu 4 jam untuk mengkonsumsi makan. Lalu berpuasalah pada 20 jam berikutnya. Namun tetap, anda boleh meminum minuman tak berkalori. Seperti contoh: Anda membuka jendela makan ketika jam 1 siang maka anda memiliki jangka waktu hingga jam 5 sore untuk mengkonsumsi makanan. Lalu, berpuasalah hingga jendela makan dibuka. Lakukan ini secara berulang-ulang.

Jika tahap yang ketiga ini dirasa terlalu berat, maka anda boleh mengkombinasikannya dengan cara yang pertama atupun yang kedua.

4. Melakukan diet OCD tanpa jendela makan (puasa 24 jam)

Berpuasa selama 24 jam merupakan cara melakukan diet ocd tahap akhir

openclipart.org

Tahap yang satu ini terdengar sangat mengerikan. Namun anda tidak perlu khawatir, yang dimaksud dengan puasa 24 jam disini bukan berarti anda tidak boleh mengkonsumsi apapun selama 24 jam. Namun, yang dimaksud disini ialah dalam sehari anda hanya boleh mengkonsumsi makanan sekali. Lalu anda berpuasa selama 24 jam. Seperti contoh: Anda memulai diet dan makan pada jam 1 siang, maka anda diperbolehkan untuk mengonsumsi makanan kembali pada jam 1 siang esok harinya. Puasa 24 jam ini gunakanlah sebagai metode selingan saja. Anda bisa melakukannya 1 hingga 2 kali dalam seminggu. Jangan pernah memaksakan diri karena itu hanya akan merusak diet.

Berikut di bawah ini pola jendela makan yang Corbuzier gunakan saat ini:

  1. Pada minggu ia langsung mencoba jendela makan 6 jam. Karena jendela makan 8 jam terlalu mudah bagi Dedy.
  2. Pada minggu kedua ia sudah melakukan tahap jendela makan 4 jam (pernah suatu kali ia gagal lalu ia kembali lagi ke 6 jam).
  3. Pada minggu ketiga ia melakukan pola jendela makan 4 jam ditambah puasa 24 jam setiap minggunya (satu minggu sekali).
  4. Hingga kini, ia menggunakan pola jendela makan 6 atau 4 jam sehari dan ditambah dengan puasa 24 jam sebanyak 2 kali seminggu.

Satu lagi yang perlu dicatat, bahwa Cara Melakukan Diet OCD ini sangatlah flexibel. Kadang hanya melakukan puasa 24 jam sekali dalam seminggu, atau dua kali dalam seminggu semuanya dilakukan secara fleksibel. Begitupun dengan pola hariannya, anda bisa menggunakan pola jendela makan 4 jam ataupun 6 jam.

Jika anda berminat untuk menggunakan metode ini anda bisa melakukannya di rumah.  Lakukanlah pola jendela makan yang pertama, kedua, ketiga dan seterusnya. Dan yang terpenting dari metode ini adalah keseriusan dan niat yang kuat. Lakukanlah cara ini secara konsisten dan terus menerus agar anda mendapatkan hasil yang memuaskan.

Satu hal lagi yang perlu anda ingat, setiap metode mempunyai kekurangan dan kelebihan tertentu. Metode ini cocok digunakan oleh Dedy corbuzier dan beberapa orang lainnya. Namun, belum tentu metode ini cocok untuk semua orang. Jadi, jika anda ingin melakukan diet ini, tak ada salahnya kan untuk mencoba?

Satu lagi, OCD tidak disarankan bagi anak yang masih dalam proses pertumbuhan. Karena diusia remaja pertumbuhan HGH masih sangat tinggi.  Jika anda ingin menurunkan lemak, remaja sebaiknya memperbanyak aktifitas olahraga untuk kesehatan pribadinya. Jangan lupa juga untuk memenuhi asupan gizi dan kalori seimbang.

Leave a Reply