Tips buat anak kost: Cara Memasak Nasi dengan Mudah

Bicara soal anak kost dan makanan. Pastinya juga identik dengan namanya kemandirian. Semuanya harus dilakukan sendiri. Mandi sendiri, nyuci sendiri bahkan masak sendiri. Jika mereka mampu, biasanya mereka akan menyewa penyedia layanan catering. Tapi apalah daya kita yang biasa merebus mie didalam Rice cooker.

Nasi adalah makanan pokok di berbagai kalangan, terutama di Indonesia. Dengan begitu, kita dapat memikirkan betapa pentingnya nasi dalam kehidupan kita ini. Namun, memasak nasi putih yang enak itu butuh resep dan keahlian tertentu. Nah, bagi anda yang belum pernah terjun dalam dunia masak-memasak nasi, kali ini kami akan memberikan tips Cara Memasak Nasi dengan Mudah. Penasaran? Yuk kita cek langkah-langkah dibawah ini.

Cara memasak nasi dengan mudah

Cara memasak nasi

mangogrove.co.uk

Biasanya di dalam satu keluarga, sudah ada yang menjadi juru koki atau juru masak. Entah itu ibu, adik atau kakak. Posisi seperti ini yang menyebabkan kita menjadi malas masak sehingga kita tidak tahu bagaimana caranya memasak, bahkan memasak nasi sekalipun.

Namun, dimasa akan datang kita akan membutuhkan skill memasak tersebut. Ketika merantau misal, atau ketika kita sudah berkeluarga. Akan tetapi akan tak perlu khawatir, seiring berjalannya waktu akan tumbuh insting memasak dalam diri anda. Sehingga anda akan memasak dengan cita rasa dan ciri khas masakan yang berbeda.

Sejalan dengan fakta bahwa nasi merupakan makanan pokok bagi orang indonesia, maka memasak nasi merupakan hal yang paling mendasar dalam hal masak-memasak. Memasak nasi bisa menggunakan Rice cooker/ Magic com atau bisa juga dengan panci. Kali ini kami akan membahas mengenai keduanya.

Cara memasak nasi menggunakan panci

Cara memasak nasi

3.bp.blogspot.com

Cara memasak nasi menggunakan panci terbagi menjadi dua, menggunakan panci kukus dan panci biasa.

Memasak nasi dengan panci kukus :

  1. Pilihlah beras berkualitas bagus dan baik. Kualitas beras sangat mempengaruhi rasa. Beras yang enak pulen, tentunya dihasilkan oleh beras yang bagus pula. Untuk itu pilila beras berkualitas bagus, jang pilih beras yang berkualitas rendah.
  2. Cuci beras hingga 2-3 kali pencucian. Cara mencucinya ialah dengan mencampur beras dengan air, lalu aduk-aduk beras dengan tangan hingga air menjadi berwarna putih. Perlu diingat, jangan mencuci beras hingga terlalu bersih. Karena hal ini akan menyebabkan kandungan nutrisi dalam beras semakin berkurang. Pada hakikatnya, fungsi dari mencuci beras ialah agar nasi tidak menjadi bau.
  3. Siapkan panci kukus, lalu isi panci dengan air hingga mendekati garis pembatas saringan. Lalu, pasanglah pembatas saringan dan tuangkan beras yang sudah dicuci tadi keatasnya. Masaklah hingga matang. Tunggu hinga 20-30 menit.
  4. Kadar air yang kita tuangkan akan sangat mempengaruhi tekstur nasi. Air yang sedikit akan membuat nasi menjadi keras. Sebaliknya, kadar air yang terlalu banyak akan membuat nasi menjadi lembek seperti bubur. Isikanlah kadar air yang secukupnya, kasih agar-agar putih bila perlu. Agar tekstur nasi menjadi lebih pulen.

Memasak nasi dengan panci biasa :

  1. lakukan langkah pertama dan kedua pada step diatas.
  2. Siapkan panci bersih, lalu isi dengan beras yang sudah kita cuci tadi. Tambahkan air hingga satu setengah ruas melebihi permukaan beras.
  3. Masak dengan ukuran api sedang. Tutup permukaan panci hingga mendidih. Lama mendidihnya bervariasi, tergantung banyaknya nasi dan kualitas api.
  4. Jika nasi mulai mengembang maka aduk hingga permukaan bawah terangkat. Hal ini untuk mencegah timbulnya kerak pada nasi.
  5. lakukan cara keempat secara berkala. Hingga tekstur nasi sudah lembut dan pulen.

Cara memasak nasi menggunaka Magic Com/ Rice Cooker

cara memasak nasi

Cara yang satu ini merupakan cara yang sangat mudah dan praktis. Berbeda halnya dengan memasak menggunakan panci, teknik memasak nasi menggunakan Rice Cooker akan membuahkan hasil yang lebih bagus dan lebih cepat. Dengan menggunakan Rice Cooker juga kita tak usah repot-repot menunggu, karena Rice cooker sudah dipasangi alat otomatis. Lalu bagaimana caranya? Mari kita simak langkah dibawah ini.

  1. Siapkan beras berkualitas, dan lakukan seperti lankah pertama dan kedua pada langkah Cara memasak nasi dengan panci.
  2. Tuangkan beras yang sudah kita cuci pada wadah stainless Rice cooker yang sudah bersih. Setelah itu tambahkan dengan air hingga satu setengah ruas melebihi permukaan beras.
  3. langkah selanjutnya adalah tutup, dan jangan lupa menekan tombol mode “cook” kebawah. Karena jika tidak, maka nasi tidak akan pernah matang. Tunggu tingga beberapa menit, Rice cooker akan memberikan tanda jika nasi sudah matang.
  4. Kadar air yang kita tuangkan akan sangat mempengaruhi tekstur nasi. Isikanlah kadar air yang secukupnya, kasih agar-agar putih bila perlu. Agar tekstur nasi menjadi lebih pulen.

Demikian artikel mengenai Cara Memasak Nasi dengan Mudah, moga-moga dengan adanya artikel ini dapat memberikan manfaat kepada anda kedepannya. Jangan lupa share ya 🙂

Lihat juga :

Pondok Pesantren Terbaik Di Indonesia

Game untuk spek rendah

Fakta Penting Mengenai Anak Kedua

Leave a Reply