Cara membuat layang-layang Pesawat

Cara Membuat Layang layang Pesawat – Layang-layang merupakan salah satu permainan yang sangat digemari oleh banyak orang, dari yang tua hingga yang muda, semua menyukai layang-layang. Keunikan dari ciri khas dari layang-layang membuat para penggemarnya tidak merasa bosan. Pada dasarnya, permainan ini terdiri dari dua jenis model yaitu layang-layang laga dan layang-layang hias. Bila dilihat dari namanya mungkin kita sudah bisa mengetahui tujuan dari  masing-masing model layangan.

Layang-layang hias tentu saja tujuannya adalah untuk memperlihatkan keindahan dari layang-layang tersebut. Sedangkan layang-layang laga, lebih cenderung kepada teknik bertarung. Seperti berapa ketajaman benang yang dipakai  dan berapa lama ia dapat bertahan di udara. Menariknya lagi, ternyata layang-layang juga tidak menjadi sekedar permainan saja. Layang-layang juga menjadi sebuah alat yang digunakan untuk memancing, acara adat atau bahkan sebagai media penelitian cuaca. Pada abad 18, layang-layang dijadikan sebagai salah satu media penelitian cuaca oleh benjamin franklin.

Sejarah layang layang pesawat

Cara membuat layang-layang Pesawat

robroy.dyndns.info

Bedasarkan sumber Wikipedia, dituliskan bahwa di beberapa daerah indonesia ada kelompok-kelompok masyarakat  yang menjadikan layang-layang ini sebagai acara ritual adat tertentu. Biasanya adat ritual ini digunakan untuk ritual pertanian. Selain itu, dibeberapa tempat seperti Lampung dan jawa barat, mereka menggunakan layang-layang ini untuk memancing.

Konon, layang-layang ini sendiri sudah ada di negeri Cina sejak 2500 SM. Sedangkan di negeri kita sendiri layang-layang muncul pada abad 17 bedasarkan sumber Sejarah Melayu. Di dalam sejarah itu tertulis bahwa terdapat festival layang-layang yang diadakan oleh para pembesar-pembesar kerajaan.

Pada zaman dahulu, orang-orang membuat layang-layang dari daun. Namun, pada umumnya sekarang orang-orang membuat layang-layang ini dari kertas. Layang-layang juga berbagai macam bentuknya,  salah satunya adalah berbentuk pesawat. Lalu, bagaimana Cara Membuat Layang-layang Pesawat itu sendiri? Dalam artikel ini kami akan membahas tentang bagaimana Cara Membuat Layang-layang Pesawat dengan mudah. langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Artikel Terkait : Cara Membuat layang layang sederhana

Bahan-bahan untuk membuat layang layang Pesawat

Cara membuat layang layang Pesawat

www.withflyingcolours.co.uk

Jika anda ingin Membuat Layang-layang Pesawat sendiri maka alat-alat yang diperlukan adalah sebagai berikut :

  1. Bambu ringan yang telah dipotong tipis-tipis.
  2. Kertas tipis atau kertas minyak.
  3. Lem kertas.
  4. Benang untuk mengikat rangka.

JASA review toko online

Cara membuat layang layang pesawat

Langkah-langkah Cara Membuat Layang-layang Pesawat :

  1. Langkah pertama buatlah kerangkanya terlebih dahulu dari bambu. Jika anda bingung, perhatikan gambar yang ada dibawah ini.Cara membuat layang layang Pesawat
  2. Ketika anda membuat ikatan pada kerangka, usahakan ujung bambu dibelah sepanjang 1cm untuk mengaitkan benang. Hal ini dilakukan agar benang yang diikat tidak mudah terlepas kembali (merosot).
  3. Titik tengah yang ada pada layang-layang harus seimbang, timbanglah kerangka tersebut dengan benang. Jangan sampai kerangka berat sebelah. Jika masih berat sebelah, maka tipiskanlah sedikit demi sedikit bagian layang-layang yang berat. Timbangan yang ada akan mempengaruhi kinerja layang layang pesawat tersebut.Cara membuat layang layang Pesawat
  4. Gunakan benang untuk mengikatkan setiap ujung kerangka layang-layang. Ikatlah kerangka tersebut dengan cara menyilang.Cara membuat layang layang Pesawat
  5. Gunakan kertas tipis/kertas minyak dan potong sesuai kerangka layang-layang. Jangan lupa untuk menyisakan ruang pada pada bagian pinggir kertas. Dengan demikian, sisa bagian yang ada bisa anda gunakan untuk mengelem kertas pada kerangka.
  6. Tahap terakhir, beri lem pada bagian pinggir kertas dan kerangka agar lem merekat dengan kuat.

Demikian artikel mengenai  Cara Membuat Layang-layang Pesawat, bagaimana mudah bukan? Moga-moga artikel ini dapat membantu anda dalam menghasilkan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat

 

3 Comments

  1. Ibnu Desember 18, 2015
  2. alifa April 4, 2016
  3. Nanda September 9, 2016

Leave a Reply