Cara Membuat layang layang sederhana

Pada artikel sebelumnya, kami telah menjelaskan bagaimana caranya membuat layang layang bermodel pesawat. Nah, kali ini sehatisme.com mencoba agar untuk menjelaskan sedikit tentang bagaimana caranya membuat layang-layang sederhana. Penasaran? Mari kita simak langkah-langkah dibawah ini.

Alat dan Bahan untuk Membuat Layang Layang

alat dan bahan untuk membuat layang layang sederhana

kurakurahitam.files.wordpress.com

Jika anda merasa kesulitan dalam membuat layang-layang pesawat. Tak ada salahnya jika anda mencoba untuk membuat model layangan yang satu ini. Alat yang diperlukan untuk membuat layang layang sederhana pun tidaklah rumit. Anda hanya butuh beberapa perlatan rumah seperti:

  • Kertas minyak
  • Tongkat bambu
  • Benang
  • Penggaris
  • Spidol Warna atau Pensil
  • Selotip
  • Lem kertas

Cara Membuat Layang layang Sederhana

kumpulan langkah dalam  membuat layang layang sederhana

cecoia.com

Selain membutuhkan peralatan, anda juga membutuhkan ketelatenan dan konsentrasi. Karena sebenarnya membuat layang layang bukanlah hal yang mudah. Anda harus tahu ukuran dan proporsi yang pas agar layang-layang tersebut bisa terbang di udara. Lalu apa sajakah langkah-langkah yang harus kita lalui? Berikut ulasannya:

  • Siapkan kertas minyak untuk membuat badan layang layang sederhana. Jika anda tidak memiliki kertas minyak yang cukup lebar, anda bisa menggabungkan dua kertas dengan selotip. Satu kertas untuk bagian atas dan satunya lagi untuk bagian bawah. lalu, tempelkan dua kertas tersebut menggunakan selotip. Pastikan selotip tersebut terpasang dengan kencang.
  • Ikat kedua buah tongkat bambu berbentuk hruf “T” dengan benang untuk membentuk kerangka. Tusuk sate yang besar juga bisa anda gunakan sebagai pengganti dari tongkat tersebut. Gunakan benang yang ringan untuk mengikat dua tongkat kayu tersebut.

langkah pertama dalam membuat layang layang sederhana

cecoia.com

Catatan: Ukuran tongkat kayu berdiameter kurang lebih 1 cm dan panjang kurang lebih 80 cm. Ukuran ini bisa anda variasi.

  • Kaitkan benang dari setiap masing-masing ujung kerangka yang ada.

langkah kedua dalam cara membuat layang layang sederhana

cecoia.com

  • Potong kertas yang telah anda buat tadi membentuk layang layang sederhana, gambar diatas bisa anda gunakan untuk mencari ide mengenai bentuk yang ada. Perlu diingat, bahwasannya bagian bawah layang layang lebih besar dari pada bagian atasnya. Anda harus bisa memproporsikan bentuk tersebut. Selain itu, anda juga harus lebih sedikit melebihkan bagian sisi pinggir kertas. Bagian ini anda gunakan sebagai tempat menempelkan lem pada kerangka.

langkah ketiga dalam cara membuat layang layang sederhana

cecoia.com

  • Sebelum menempelkan kertas pada kerangka, pastikan tongkat terikat dengan kuat. Selain itu, ikatan pada tongkat ini juga akan sangat berpengaruh bagi keseimbangan layang-layang.
  • Setelah itu, baru tempelkan kertas yang sudah dibentuk tadi ke dalam kerangka yang sudah dibuat. Gunakan sisi yang telah disiapkan untuk mengelem.

langkah terakhir dalam cara membuat layang layang sederhana

cecoia.com

  • Anda juga bisa menambahkan pita atau buntut pada bagian bawah dan samping pesawat. Selain akan mempercantik layang-layang anda, ekor ini juga dapat meningkatkan kualitas keseimbangan pada layang-layang.
  • Gunakan pensil dan spidol warna tadi untuk meng-custom gambar layang-layang anda. Tapi ingat, jangan sampai merusak kualitas yang ada pada kertas.
  • Layang-layang siap dippakai.

Jika kamu menggunakan layang-layang ini untuk pertandingan laga, jangan lupa untuk meenggunakan benang yang tajam dan kuat. Akan tetapi, tetap berhati-hatilah dalam menggunakan benang tajam tersebut. Karena semakin tajam kualitas benang yang dimiliki, maka semakin besar pula peluang terjadinya gesekan pada tangan. Demikian artikel mengenai cara membuat layang-layang sederhana. Selain bisa digunakan untuk pertandingan laga, layangan ini juga bisa anda ikut sertakan dalam pertandingan layang-layang hias. Kami harap, dengan adanya artikel ini dapat membuka wawasan yang anda miliki. Semoga bermanfaat.

Lihat Juga :  Kumpulan 40 Gambar Layang Layang Hias

One Response

  1. sodron Juni 2, 2016

Leave a Reply