Cara Membuat Tahu Bakso dengan mudah

Cara Membuat Tahu Bakso – Makanan yang satu ini memang banyak diburu oleh sebagian orang. Rasa tahu yang asin, dicampur dengan kenikmatan bakso tiada tara, membuat makanan ini semakin menggugah selera. Tahu berisi adonan bakso ini sangat nikmat jika disantap bersamaan dengan cabe rawit. Apalagi ditambah dengan segelas teh hangat, hmmm sangat nikmat bila dibayangkan. Tak hanya itu, Tahu bakso juga bisa disajikan dengan kuah bakso yang gurih.

Pada artikel sebelumnya, saya telah membuat artikel tentang Cara Membuat Bakso Bakar. Disitu dijelaskan bagaimana caranya kita membuat adonan bakso yang benar. Namun, kali ini saya akan menambahkan sedikit tentang Cara Membuat Tahu Bakso dengan mudah. Tidak jauh berbeda dengan artikel sebelumnya, hanya saja resep dan bahannya saja yang sedikit berbeda.

Pembuatannya tidak terlalu rumit, yang paling utama adalah anda harus mempunyai tahu dan adonan bakso sebagai bahan utama. Untuk tahunya sendiri anda bisa memakai tahu putih atau tahu sumedang sebagai bahan pokoknya. Sedangkan adonan baksonya anda bisa membuatnya sendiri dirumah. Jika anda memiliki blender atau food processor, maka akan lebih berguna nantinya. Namun jika tidak, anda bisa menggunakan cara manual.

Lalu bagaimana sih Cara Membuat Tahu Bakso dengan mudah? kali ini kami akan mengulasnya satu persatu secara rinci. Untuk itu mari kita lihat langkah-langkah dibawah ini.

Resep Tahu Bakso

Cara membuat tahu bakso

kelleychisholm.files.wordpress.com

Apa saja sih bahan dan bumbu yang diperlukan untuk membuat tahu bakso? Diawal kami sudah menjelaskan bahwa bahan utamanya adalah Tahu dan Daging. Selain itu, banyak juga bahan pelengkap lainnya. Untuk lebih jelasnya akan kami rinci satu persatu.

Bahan yang dipelukan :

  1. 25-30 buah tahu putih atau sumedang ukuran 3 x 3 centimeter, lalu iris bagian tengahnya dan buat seperti membentuk kantung.
  2. 300gr daging sapi cincang.
  3. 300gr daging ayam yang sudah digiling.
  4. 200gr tepung sagu.
  5. Dua butir telur ayam.
  6. Satu batang daun bawang.

Catatan : Jumlah tahu dapat bervariasi, bisa kurang atau lebih. Tergantung dari selera anda. Namun, resep yang kami sajikan disini semuanya untuk 25-30 Tahu bakso. Bila anda ingin mengurangi porsinya, kami sarankan untuk mengurangi bahan daging dan tepungnya juga.

Bumbu Halus Yang diperlukan :

  1. Satu setengah sendok teh kaldu bubuk (anda bisa menggantikan kaldu ini dengan resep dari masakan ayam terpopuler lainnya).
  2. Satu setengah sendok teh merica butir.
  3. Satu setengah sendok makan garam (optional).
  4. 5 siung Bawang merah.
  5. 8 siung Bawang putih.

Bumbu untuk Air kaldu perebus tahu bakso :

  1. Satu setengah sendok makan garam (optional).
  2. Siapkan 3 siung bawang putih lalu haluskan.

Cara Membuat Tahu Bakso

Cara membuat tahu bakso

i.ytimg.com

  1. Siapkan wadah, masukan bahan untuk membuat bakso tadi seperti, daging ayam, daging sapi, daun bawang dan bumbu halus kedalam wadah. Aduk semua bahan dan bumbu tersebut hingga membentuk suatu adonan. Pastikan semua bahan tersebut tercampur dengan sempurna. Pastikan juga serat-serat daging telah terpisah atau tidak menggumpal. Setelah itu masukan telur, uleni sampai rata lalu tambahkan tepung sagu. Jika anda menggunakan blender atau food processor, tuangkan saja semua bahan tadi kedalam mesin. Lalu blender hingga lumat.
  2. Banting dan bolak-balik adonan tersebut, hingga tekstur adonan menjadi lebih lembut. Jika anda menggunakan blender atau pengaduk. Anda tak perlu repot-repot lagi melakukan langkah nomor 2 jika anda menggunakan blender atau pengaduk.
  3. Masukan satu sendok maka adonan tersebut kedalam tahu yang telah diiris membentuk kantung. Lalu jejalkan adonan tersebut hingga memadati isi tahu. Salah satu kelebihan tahu sumedang adalah rongganya yang luas sehingga kita bisa lebih banyak memasukan dahing kedalamnya.
  4. Sementara itu, siapkan juga air untuk merebus tahu bakso. Tuangkan air kedalam panci lalu masukan bumbu-bumbu rebusan seperti garam dan bawang kedalamnya. Rebus hingga mendidih.
  5. Setelah mendidih, masukan potongan-potongan tahu yang sudah berisi adonan kedalam panci tadi. Lalu rebus hingga matang, cara memastikannya adalah dengan melihat, bila tahuya mengambang berarti ia sudah matang. Angkat lalu tiriskan.

Jika anda ingin menyajikannya dengan cara digoreng, maka diamkan dulu beberapa saat hingga dingin. Lalu, goreng dengan minyak hingga permukaannya berwarna kecoklatan. Angkat dan sajikan selagi panas. Dicampur dengan sambal juga bisa, apalagi sambel pecel. Hmmm sedaaaap.

Nah, itu dia Cara Membuat Tahu Bakso dengan mudah. Simple kan? Anda bisa mencobanya dirumah. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply