Cara Memilih Produk Sepatu Anak yang Tepat untuk Berolahraga

Kegiatan olahraga adalah merupakan aktifitas fisik yang butuh ditunjang oleh sarana yang tepat. Hal ini dilakukan untuk bisa mendapatkan manfaat terbaik dari olah fisik ini dan juga agar terhindar dari cidera dan dampak buruk lainnya yang mungkin timbul.

Salah satu faktor yang diperhatikan saat berolahraga adalah kualitas sepatu yang digunakan. Apalagi untuk produk sepatu anak. Karena anak rentan cidera saat berolahraga, maka orang tua selayaknya memperhatikan kelengkapan yang digunakan anak saat berolahraga, salah satunya adalah sepatu olahraga yang dikenakannya.

Dalam memilihkan produk sepatu anak yang akan digunakan untuk tujuan berolahraga, selayaknya orang tua tidak hanya memilihkan produk yang baik secara model ataupun mereknya saja.

Tapi harus juga dipastikan bahwa produk tersebut nyaman dan juga berkualitas prima dalam menjaga kaki anak yang akan memakainya. Agar sebagai orang tua Anda tidak salah dalam memilihkan produk sepatu olahraga untuk anak Anda, berikut ini adalah beberapa cara memilih produk sepatu olahraga yang tepat untuk anak, yaitu:

  • Pilihlah produk sepatu olahraga yang terbuat dari bahan material yang kuat namun nyaman di kaki. Di antara pilihan bahan sepatu yang sesuai untuk sepatu olahraga adalah dari jenis kulit orisinil, suede atau kanvas. Ketiga bahan ini teksturnya kuat dan memiliki pori-pori yang dapat membuat kulit kaki tetap bisa bernafas karena sirkulasi udara masih bisa masuk ke dalam bahan-bahan sepatu ini.
  • Upayakan untuk menghindari bahan sepatu dari material sintetis. Bahan sintetis tidak dapat dilewati oleh udara karena tidak memiliki pori-pori sehingga bisa berpotensi menimbulkan gangguan pada kaki seperti masalah bau, lembab, sampai gangguan kulit kaki seperti gatal karena jamur dan sejenisnya.
  • Carilah produk sepatu olahraga yang didesain dengan alas kaki yang kuat, anti selip dan kuat dalam menahan tekanan dan berat tubuh dengan baik. Sepatu olahraga yang berkualitas baik umumnya dilengkapi dengan lengkungan dan juga bantalan untuk penunjang tumit yang berkualitas baik.
  • Pilih sepatu olahraga yang ukurannya pas atau lebih besar 1 ukuran dari kaki anak. Cari ukuran sepatu yang bisa menyisakan area ruang gerak sekitar 1 cm dari bagian jari kaki depan. Akan jauh lebih baik bila saat mencoba sepatu, kaki anak di pakaikan kaus kaki sehingga ukuran sepatu yang dipilih akan jauh lebih sesuai dengan kenyamanan kaki anak. Mintalah agar anak mencoba kedua belah sepatu, dan gunakan untuk berjalan agar anak dan orang tua jauh lebih yakin tentang kondisi kenyamanan yang dirasakan kaki anak.
  • Akan lebih baik bila membeli sepatu olahraga pada sore hari. Hal ini dikarenakan ukuran kaki anak umumnya akan mengembang di waktu sore sehingga saat itu kaki anak akan mendapatkan ukuran sepatu yang tepat.
  • Pilihlah produk sepatu olahraga yang mudah dikenakan, namun juga tak mudah terlepas saat dipakai. Sepatu olahraga yang terlalu rumit saat pemakaiannya dapat mempersulit anak dalam berganti-ganti aktifitas dan sepatu yang terlalu mudah lepas juga tidak akan optimal dalam menjaga keamanan kaki anak.
  • Carilah model sepatu olahraga yang simpel dan bobotnya ringan agar mudah saat dibawa beraktivitas fisik.

Beberapa cara di atas bisa Anda jadikan panduan dalam memilih produk sepatu anak yang tepat untuk berolahraga, aktifitas fisik dan kegiatan outdoor lainnya. Sepatu olahraga yang tepat akan membuat anak merasa nyaman bergerak dan kaki pun akan selalu aman saat berolahraga.

Leave a Reply