Cara Mencuci Baju Mengunakan Tangan

Hmmm, cuci-mencuci. Yap, pekerjaan tersebut mungkin tidak lagi terdengar aneh di telinga kalian semua. Mencuci menggunakan memang mudah. Namun, apakah kita sudah yakin bahwa cara mencuci kita sudah benar atau belum?

Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan kepada anda mengenai tips dan cara agar pekerjaan mencuci kita menjadi cepat dan efektif. Mau tau caranya? Mari kita simak beberapa langkah berikut.

Tips Mencuci Dengan Tangan

cuci pakaian

Untuk hasil pencucian yang maksimal, gunakanlah sabun deterjen yang bagus dan murah. Dengan demikian, budget yang dikeluarkan pun menjadi sangat efektif. Selain itu, gunakan juga sabun cuci yang aman dan tidak menimbulkan iritasi pada tangan. Setelah itu lakukan beberapa langkah berikut:

  1. Pisahkan pakaian kotor bedasarkan warna mereka. Sehingga pakaian putih, cerah dan gelap dicuci secara terpisah.
  2. Periksa kembali label cara pencucian yang ada pada baju atau pakaian anda. Sehingga dengan demikian anda akan tahu bahwasannya air tersebut harus dicuci dengan air dingin atau panas.
  3. Selain memeriksa label pada baju atau pakaian, lihat juga saran pemakaian yang ada pada kemasan sabun deterjen.
  4. Gunakanlah takaran yang pas, jangan sampai kurang atau bahkan lebih. Hal ini juga bisa anda lihat di dalam petunjuk kemasan.
  5. Dan yang terakhir pastikan deterjen telah larut di dalam air sebelum dimasuki pakaian. Deterjen cair, akan lebih cepat larut dibandingkan deterjen bubuk.

 

Langkah-langkah Mencuci dengan Tangan

  1. Masukkan deterjen kedalam air, lalu biarkan hingga larut.
  2. Setelah larut, masukkan pakaian kotor yang hendak di cucui kedalam larutan deterjen. Jika sangat bernoda, rendam pakaian tersebut selama 30 menit.
  3. Tekan pakaian dengan lembut kedalam larutan deterjen. Lalu kemudian baru kucek satu-persatu pakaian hingga bersih.
  4. Jika sudah, maka langkah yang terakhir adalah bilas menggunakan air bersih 2 atau hingga 3 kali.

Perlu diingat, jangan biarkan pakaian terkena rendaman air terlalu lama. Cepat bilas dan langsung keringkan. Jika terlalu lama, maka hal tersebut akan menimbulkan bau yang tak sedap pada pakaian anda.

Selain itu, jika anda memiliki kulit sensitif atau rusak, maka anda tidak boleh berkontak langsung dengan larutan deterjen. Hal ini dapat diantisipasi dengan penggunaan sarung tangan karet. Untuk itu, berhati-hatilah dalam mencuci pakaian. Karena jika tidak hal tersebut akan melukai diri anda sendiri.

Demikian sedikit ulasan mengenai tips cuci mencuci, semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah lebih wawasan anda dalam cuci-mencuci pakaian. Semoga Bermanfaat!

Leave a Reply