Susah Tidur? Cek Disini Untuk Solusinya

Tidur merupakan karunia tuhan yang patut kita syukuri, dengan adanya tidur kita bisa mengistirahatkan badan kita dari segala macam aktifitas. Tidur juga memiliki banyak manfaat lain, salah satunya adalah menjaga keseimbangan tubuh. Menjaga keseimbangan tubuh sangatlah penting, mungkin banyak orang yang menyepelekan hal ini, namun pada hakikatnya semua tubuh kita adalah satuan sistem yang hanya berenti (bersitirahat) ketika kita tidur.

Tidak hanya itu, penelitian mengatakan bahwa tubuh akan mengeluarkan toxin pada jam-jam tidur. Pertama, tubuh akan mengeluarkan toxin antibodi yang dihasilkan oleh kelenjar betah gening pada pukul 21.00 hinga 23.00. Pada saat seperti ini kita harus dalam keadaan kondisi tenang dan tidak bekerja. Kedua, lalu terjadi proses pembuangan toxin yang dilakukan oleh hati pada pukul 23.00 hingga 01.00, pada kondisi ini kita harus dalam keadaan tertidur pulas. Ketiga, akan dilanjutkan dengan detoxin pada bagian empedu. Dalam tahap ini juga kita harus dalam kondisi tertidur, proses ini terjadi pada pukul 01.00 hingga 03.00. Keempat, pada pukul 03.00 hingga 05.00 terjadi detoxin pada bagian paru-paru. Hal ini akan menyebabkan kita batuk, jangan meminum obat batuk pada jam-jam ini, karena proses detoxin sedang berlangsung. Keenam, pada tahap akhir terjadi proses detoxin dibagian usus besar. Hal ini terjadi pada pukul 05.00 sampai 07.00, jika anda merasa ingin buang air, jangan ditahan. Karena sesungguhnya buang air pada jam-jam tersebut termasuk dalam proses detoxin.

Sebagian toxin-toxin tersebut tidak akan keluar jika kita tidak dalam kondisi tertidur. Betapa besar nikmat yang kita dapat ketika kita tidur. Namun, banyak orang yang tak bisa merasakan hal ini. Mereka tidak bisa tidur normal layaknya manusia biasa dikarenakan mereka memiliki masalah pada tidurnya. Contohnya orang yang mengidap insomnia, penyakit insomnia adalah penyakit susah tidur. Sekilas penyakit ini terlihat sepel, namun pada hakikatnya penyakit ini adalah penyakit yang sangat membahayakan tubuh. Ya, bagaimana tidak? Tubuh kita kita akan bisa melakukan proses detoxin jika kita dalam keadaan terjaga. Jika itu terjadi, maka akan terjadi penumpukan-penumpukan kotoran dalam tubuh sehingga menyebabkan kematian.

Untuk menghindari kejadian tersebut, maka kali ini saya akan membahas bagaimana caranya mengatasi penyakit susah tidur. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya.

Matikan lampu disaat tidur

mematikan lampu termasuk cara mengatasi penyakit susah tidur

hikmawansp.files.wordpress. com

Cahaya yang ditimbulkan oleh lampu akan menyebabkan kita sulit untuk tidur. Selain itu, tidur bercahayakan lampu juga menyebabkan kita terbangun pada tengah malam. Tidak hanya berdampak pada kesehatan, tidur dalam keadaan lampu menyala juga mengakibatkan pemborosan listrik. Oleh karena itu, kurangi cahaya yang menyinari kamar kita agar kita bisa tidur nyenyak dan tenang.

Pilih warna kamar yang tepat

mengubah wallpaper kamar juga cara mengatasi penyakit susah tidur

rumahku.xyz

Insomnia bisa kita hilangkan salah satunya dengan cara mengganti dekorasi warna kamar dengan wallpaper atau warna yang tepat. Para pakar psikologi menyatakan bahwa warna akan mempengaruhi kondisi jiwa seseorang. Jika seseorang tidur didalam ruangan yang tidak sesuai dengan warna seleranya, maka otomatis ia akan mengalami gejala insomnia. Maka dari itu, pilihlah warna yang tepat untuk dekorasi kamar anda. Namun, bila anda bingung untuk memilih warna, pilihlah warna biru muda atau hijau muda. Karena warna-warna tersebut bisa menimbulkan efek relaksasi. Atau bisa juga dengan warna kalem seperti krem dan merah muda.

Makan tengah malam

cara mengatasi penyakit susah tidur jangan makan tengah malam

berbagiceritasaya.files.wordpress.com

Memakan makanan ditengah malam menyebabkan lambung kita terganggu. Dalam keadaan posisi tidur, lambung kita tidak akan bisa bekerja maksimal. Makanan akan didorong keatas oleh asam lambung jika kita tidur dalam posisi lambung penuh. Hal itu akan mengakibatkan kita merasa tersedak dan juga mengakibatkan rasa pahti pada mulut ketika kita bangun.

Pindahkan jam dinding

jam dinding terlalu besar membuat cara mengatasi penyakit susah tidur

s-media-cache-ak0.pinimg.com

Memindahkan jam juga memiliki manfaat yang berarti. Sekilas terlihat sepele, namun dengan ukurannya yang besar, keberadaan jam didalam kamar akan menggangu kenyamanan tidur. Bunyi tik-tok di tengah malam juga akan menggangu, belum lagi ukurannya yang besar sehingga semua gerakan jam dapat kita lihat dengan jelas. Selain itu dengan adanya jam didalam kamar akan membuat kita stress karena memikirkan waktu yang kita pikirkan selama terjaga. Atau kita akan stress memikirkan hal seperti ini “aduh udah jam berapa nih? Kenapa gak tidur-tidur”

Aktifitas yang berat

cara mengatasi penyakit susah tidur salah satunya adalah menghindari aktivitas yang berat

www.innerspace.org.uk

Biasanya, jika kita kelelahan akan membuat kita menjadi lebih mudah tidur. Yap, itu benar. Namun jangan sangka, kelelahan yang membuat kita tidur pulas itu kelelahan tahap sedang. Namun bila kita sudah mencapai kelelahan tahap berat. Justru itu akan menyebabkan kita menjadi susah tidur.

Matikan alat elektronik

cara mengatasi susah tidur malam

Saking semangatnya dalam bekerja, kita jadikan kamar tidur menjadi tempat kerja. Komputer dan tv kita taruh di dalam kamar. Kedua alat ini akan mengganggu tidur kita, matikan lah semua alat elektronik. Selain menjaga keamanan dari korsleting listrik, hal ini juga dapat dijadikan cara untuk mengatasi susah tidur.

Dengan adanya komputer, handphone, televisi didalam kamar kita. Membuat kita jadi enggan untuk tidur. Bunyi nada dari notif pesan yang masuk, membuat kita susah tidur atau bahkan kita menjadi enggan tidur karena kita keasyikan membalas pesan tersebut. Matikanlah semua alat elektronik anda, atau tidak jauhkanlah dari kamar, karena hal itu akan membuat tidur anda tergangu.

Kesegaran udara

ventilasi rumah yang baik dapat mengatasi penyakit susah tidur

www.rumahku.com

Udara yang bersih sangatlah penting bagi kesehatan tubuh. Udara yang bersih juga dapat membuat tidur kita merasa nyaman dan tenang. Oleh karena itu perhatikanlah jalur keluar masuk udara. Jika kotor, segera bersihkan. Buka jendela dan bersihkan secara rutin agar mengganti udara kamar dengan udara yang lebih bersih. Lebih bagus lagi jika kita menggunakan pembersih udara, hal ini sangatlah bagus untuk kesehatan. Gunakan juga pengharum ruangan, agara tidur kita menjadi lebih tenang.

Batasi jam tidur siang

batasi waktu tidur siang untuk mengatasi penyakit susah tidur

blog.centroone.com

Tidur siang terlalu lama akan menyebabkan kita menjadi insomnia, kurangi jam tidur siang anda sebisa mungkin. Batasi dengan satu jam saja tidur siang, karena tidur yang berkualitas itu waktunya yang singka, namun dapat menyegarkan kembali pikiran anda.

demikian artikel mengenai cara mengatasi penyakit susah tidur, semoga bermanfaat.

Lihat juga :

Fakta-Fakta Naruto ini Akan Membuatmu Terkejut!

Rahasia dibalik Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Video ini akan membuatmu sadar : “Smart Phones and Dumb People”

Leave a Reply