Cara Menghilangkan Komedo

Komedo merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penyumbatan pori-pori kulit sehingga munculah tonjolan-tonjolan kecil pada kulit. Tonjolan ini dinamakan whitehead (berwarna putih) dan blackhead (berwarna hitam). Namun, terkadang ada pula komedo yang berwarna agak kekuningan. Biasanya, whitehead dan blackhead muncul pada sekitar kulit wajah anda seperti area hidung dan sekitaran mata.

Tahukah anda? Bahwasannya komedo dapat berkembang menjadi jerawat? Istilah ini biasa dikenal sebagai pustule atau papul. Komedo ini, biasanya sering muncul dan berkembang lebih cepat selama dan setelah masa pubertas berjalan atau ketika kadar hormon menimbulkan sebum yang berlebih.

Cara Menghilangkan Komedo Secara Alami

lifetime-reliability.com

lifetime-reliability.com

Sebum yang memiliki fungsi untuk melembapkan kulit akan mengalir keluar melalui pori-pori yang terbuka. Terkadang proses keluarnya sebum akan terhambat, dari ketersumbatan inilah bakteri mulai menumpuk.

Jika anda memiliki masalah yang sama, jangan khawatir. Disini, kami akan menjabarkan mengenai penjelasan bagaimana cara menghilangkan komedo secara alami. Jika dilihat secara seksama, memang cara ini terlihat gampang dan murahan. Tapi tunggu dulu, jangan langsung menilai cara ini dari luarnya saja melainkan khasiat yang terkandung di dalamnya sangat ampuh dan luar biasa.

Mungkin jika anda melakukan beberapa cara ini, anda memerlukan tingkat kesabaran yang lebih ekstra. Mengapa demikian? Karena cara yang kami jelaskan disini bukanlah cara yang instan dan cepat, harus di butuhkan keteraturan dan ketelatenan untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lalu apa sajakah cara tersebut? Untuk itu mari kita simak beberapa poin yang ada dibawah ini.

Menghilangkan Komedo dengan Pepaya

papaya

healthimpactnews.com

Buah pepaya sangat terkenal akan manfaat dan khasiatnya untuk perawatan kecantikan kulit wajah, termasuk mengatasi komedo diantaranya. Caranya sangatlah mudah, cukup jadikan buah pepaya tersebut menjadi masker untuk wajah anda.

Lembutkan potongan-potongan buah pepaya hingga mirip seperti bubur. Lalu, oleksan bahan tadi di sekitar wajah yang terinfeksi komedo secara merata. Biarkan masker tersebut beberapa saat baru setelah itu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini diwaktu pagi dan menjelang tidur malam.

Menghilangkan Komedo dengan Lidah Buaya

beautybanter.com

beautybanter.com

Gel yang ada pada lidah buaya juga sangat berkhasiat untuk mengatasi komedo yang membandel. Caranya, siapkan satu batang lidah buaya lalu iris batang tersebut menjadi dua bagian. Setelah itu ambil gel atau lendir yang ada pada batang tersebut, lalu oleskan pada bagian yang berkomedo.

Terapkan cara ini 1 hingga 2 kali sehari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Jika lendir yang dihasilkan dirasa kurang, anda bisa memblender potongan lidah buaya tersebut menjadi bubur.

Menghilangkan Komedo dengan Uap Air

IMG_24481

celerus-medical.com

Jika anda sedang merebus air, manfaatkanlah uapnya untuk menghilangkan komedo yang membandel. Tambahkan garam pada air rebusan tersebut jika anda ingin mendapatkan hasil yang maksimal, rebus kemudian tunggu hingga mendidih.

Uapi area wajah anda yang terinfeksi komedo selama 5 hingga 10 menit. Lebih bagus lagi jika anda menutupi kepala anda dengan handuk kecil, duduk dan hadapkan wajah anda di depan baskom yang berisi air panas. Selain bagus untuk menghilangkan komedo, metode ini juga bagus untuk meredakan flu dan memperlancar peredaran darah.

Menghilangkan Komedo dengan Jus Lemon

reginaidealjourney.com

reginaidealjourney.com

Cara selanjutnya yang bisa anda lakukan untuk menghilangkan komedo adalah dengan memanfaatkan jus lemon atau jeruk nipis. Lemon terbukti sangat efektif untuk menghilangkan minyak dan noda berlebih pada wajah. Caranya mudah, siapkan jeruk lemon, gliserin dan minyak almond.

Setelah itu campurkan ketiga bahan tersebut dan haluskan menggunakan blender. Setelah itu oles pada area yang berkomedo secara merata, tunggu hingga 10 menit baru bilas menggunakan air bersih. Cara ini juga sangat ampuh untuk menghilangkan noda flek hitam yang ada. Anda juga bisa mencampurkan bahan ini dengan madu dan yoghurt.

Jika anda masih memiliki maasalah yang sama (setelah melakukan berbagai cara untuk menghilangkannyua) maka anda bisa mendatangi klinik kecantikan atau kesehatan kulit terdekat.

Leave a Reply