Cara Merawat Rambut yang Baik

Apakah anda mempunyai masalah pada rambut? Ketika anda mempunyai masalah rambut kering dan rusak, maka kalian tidak boleh menanggapinya secara sembarangan. Menata rambut yang kering hanya akan menambah buruk keadaan. Ambil seuntai rambutmu secara perlahan, lalu tarik kedua ujungnya dan renggangkan. Bila rambut anda patah secara mudah, berarti anda belum memiliki kelembapan yang cukup pada rambut.

Memiliki rambut yang kering memang  sangat menyusahkan. Hal ini akan membuat kita merasa kurang Pede dalam menjalani berbagai aktifitas. Lalu bagaimana sih Cara Merawat Rambut Rusak?

Gunakan pelembab yang baik

sehat99.com

sehat99.com

Banyak label atau produk yang mengatakan bahwasannya produk tersebut dapat melembabkan rambut. Namun pada kenyataannya, produk tersebut hanyalah berfungsi sebagai pelapis rambut anda agar terasa lebih lembut. Carilah produk atau merek yang mengandung minyak alami seperti minyak argan, zaitun, sorbitol, gliserin, shea butter yang terbuat dari ekstrak biji pohon shea. Akan tetapi, jauhilah produk shampoo yang banyak mengandung petrolatum dan minyak mineral. Karena shampoo yang memiliki kandungan tersebut akan mencegah kelembaban dari luar untuk masuk.

Panas cara yang baik

wall321.com

wall321.com

Panas merupakan salah satu cara terbaik untuk mendapatkan tampilan rambut yang lebih licin dan halus. Namun, anda juga perlu melindungi rambut Anda dari kerusakan-kerusakan yang diakibatkan oleh pelurus rambut, pengering dan pengeriting. Oleskan krim penata rambut anti panas ketika rambut anda dalam kondisi basah. Jika anda memiliki rambut yang bertekstur halus, aturlah mesin penata rambut anda ke tingkat panas yang lebih rendah.

Artikel Terkait : Punya Masalah dengan Kebotakan? Berikut Cara Mengatasinya

Hati-hatilah dengan cuaca

wx-pilot.com

wx-pilot.com

Apapun jenis rambut yang anda miliki, cuaca akan tetap mempengaruhi rambut tersebut. Terik matahari dan udara dingin akan membuat rambut anda mengering, begitupun sama halnya dengan klorin dan air garam. Jika rambut anda telah terkena penyakit tersebut, pertimbangkan untuk menggunakan kondisioner dan shampoo yang benar-benar dirancang khusus untuk rambut kering.

Potong rambut

verikut cara agar merawat rambut yang rusak

forhimhairsalon.com

Pangkaslah ujung rambut anda setiap enam hingga delapan minggu sekali, terutama jika anda menggunakan alat-alat panas secara rutin. Penata rambut selalu memperingatkan agar anda tidak memangkas sendiri di rumah. Gunting yang kurang tajam akan merusak kualitas ujung rambut. Selain itu, memotong bagian belakang rambut sangatlah sulit jika dilakukan seorang diri.

Berikan minyak kelapa

awakenlovedotnet.files.wordpress.com

awakenlovedotnet.files.wordpress.com

Jika anda memiliki rambut yang super kering, coba gunakan minyak jojoba atau kelapa. Gosokkan beberapa tetes minyak tersebut ke rambut yang basah, lalu diamkan beberapa menit. Setelah itu, cuci bersih rambut anda dengan shampoo pelembab dan kondisioner. Untuk hasil yang lebih maksimal, jangan pernah menggunakan alat penata rambut anda. Selalu biarkan rambut anda kerings secara alami.

Siapkan rambut sebelum tidur

hypercityindia.com

hypercityindia.com

Rawatlah rambut anda dengan baik, bahkan ketika anda sedang tidur. Hilangkan kusut rambut sebelum tidur dengan alat boar-bristle brush. Menyikat rambut juga akan membantu proses penyebaran minyak yang ada di kulit kepala anda. Jika anda memiliki rambut yang panjang, bentuk rambut anda menjadi sanggul longgar, lalu selipkan ke ujung bawah, dan kencangkan dengan penjepit rambut. Jika anda memiliki rambut yang pendek, maka tidurlah diatas sarung bantal berbahan sutra. Hal ini mengurangi gesekan yang disebabkan oleh rambut Anda.

Kurangi penggunaan bahan kimia

i.huffpost.com

i.huffpost.com

Apakah anda memiliki gaya rambut keriting permanen? relaxers  atau larutan kimia yang biasa digunakan pada model rambut keriting untuk melongarkan atau melunakkan keriting tersebut akan mengurangi kelembaban melemahkan helai rambut dan mengurangi kelembapan rambut, begitupun dengan cat warna. Jika anda menggunakan cairan kimiawi terlalu banyak, maka mungkin rambut anda akan berubah kusam dan keriting. Untuk itu, kurangilah penggunaan bahan kimia pada rambut anda.

Leave a Reply