Cara Sehat Memakan Makanan Saji

Makanan cepat saji tidak hanya selalu makanan yang berasal dari retail junk food yang sudah umum kita kenal, namun juga termasuk jenis makanan yang sangat dekat dengan kita, terlebih lagi bagi para pekerja.

Para pekerja yang tidak memiliki banyak waktu luang untuk mencari makan-makanan sehat di istirahat makan siang mereka, lebih banyak menghabiskan waktu makan siang di restoran cepat saji atau makanan di pinggir jalan.

Namun, faktanya, makanan cepat saji tersebut kurang begitu menyehatkan, kaya akan lemak yang bisa menyebabkan kolesterol tinggi dan juga kurang akan kandungan nutrisi. Di sisi lain, karena terbatasnya waktu tersebut, terkadang kita tidak bisa menghindari untuk mengkonsumsi makanan cepat saji tersebut.

Dalam artikel ini, aka nada sedikit tips agar bisa memakan makanan cepat saji namun tetap dengan kandungan yang seimbang antara gizi, nutrisi dan kandungan menyehatkan lainnya.

Terdapat banyak sekali jenis makanan siap saji di sekitar tempat kita bekerja. Bahkan karena kegurihan dan juga waktu yang cepat dalam penyajiannya, mal-mal dan tempat-tempat yang sering dikunjungi lebih memilih untuk menawarkan makanan-makanan cepat saji kepada para pengunjungnya.

Makanan seperti Bakso, Ayam Goreng, Kentang Goreng, Sosis dan juga Nugget kerap menjadi pilihan para pengunjung untuk menghabiskan waktu makan siang mereka.

Salah satunya adalah bakso. Bakso dapat Anda temukan disepanjang jalan, bahkan di dalam komplek perumahan pun Anda bisa menemukan belasan sampai puluhan pedagang bakso. Namun faktanya, makanan ini bisa menjadi sangat berbahaya apabila dikonsumsi secara terus menerus.

Salah satu cara agar Anda masih bisa mengkonsumsi bakso tetapi tetap menyehatkan adalah dengan mengurangi kadar MSG pada kuah bakso. MSG sendiri diketahui bisa mempengaruhi kinerja dari otak apabila dikonsumsi secara terus menerus. Selain itu, alangkah baiknya Anda menghindari pemakaian saos yang tersedia di tukang bakso.

Biasanya, para pedagan pinggir jalan lebih memilih saos murahan yang tidak begitu jelas bahan pembuatannya. Terlebih lagi, biasanya saos tersebut mengandung banyak sekali bahan pengawet.

Tahap terakhir, Anda bisa meminta sayuran dengan jumlah lebih banyak agar asupan dalam bakso tersebut lebih seimbang. Sayuran pun diketahui bisa menetralisir kandungan negative yang terdapat pada makanan bakso.

Selain bakso, makanan cepat saji seperti ayam goring pun ternyata tidak begitu menyehatkan. Terlebih lagi ayam goreng yang merupakan produk impor.

Beberapa artikel berita menyatakan bahwa ada kemungkinan bahwa ayam goreng di tempat makan cepat saji tertentu diambil dari ayam ras yang diberi suntikan hormone atau ayam yang tidak alami. Hal ini bisa sangat berbahaya bagi kesehatan para konsumennya. Salah satu caranya adalah dengan mengusahakan tidak memakan terlalu banyak bagian kulit pada ayam goreng.

Bahkan apabila memungkinkan, alangkah lebih baiknya jika Anda tidak memakan bagian kulit tersebut. Selain itu, Anda bisa memilih bagian dada dibandingkan bagian sayap atau paha. Ayam goreng dengan bagian dada diketahui memiliki kadar lemak lebih sedikit dibandingkan bagian lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa terlalu banyak mengkonsumsi makanan berkadar lemak tinggi bisa menyebabkan meningkatnya kadar kolesterol dalam tubuh kita dan hal ini bisa menjadi sesuatu hal yang berbahaya.

Selain bakso dan ayam goreng, jenis makanan terakhir yang biasanya sering kita temui di tempat makan cepat saji adalah sosis. Salah satu hal yang menjadi bahaya adalah sosis di restoran cepat saji sudah melalui berbagai macam tahapan dalam prosesnya dan hal ini dilakukan dengan cara penambahan bahan pengawet dan zat kimia lainnya.

Tentu saja bahan pengawet yang dikonsumsi secara berlebihan bisa membuat kinerja dari ginjal dalam tubuh terhambat. Salah satu solusinya tentu saja adalah dengan mengurangi pengkonsumsian sosis dala jam makan Anda.

Selain itu, Anda pun diharuskan untuk mengkombinasikannya dengan sayur-sayuran hijau yang menyegarkan atau konsumsi dengancampuran salad.

Sulitnya mencari makanan-makanan yang menyehatkan saat ini, ditambah lagi terbatasinya waktu pada jam istirahat kerja, membuat Anda mau tidak mau harus mengkonsumsi makanan cepat saji. Walaupun diketahui makanan cepat saji sangat berbahaya, nyatanya, Anda masih bisa mengkonsumsi makanan-makanan tersebut dengan mengikuti tips di atas.

Dengan begitu, makan siang Anda akan tetap bergizi dan juga menyehatkan. Apabila anda sudah terlanjut mengkonsumsi makanan cepat saji terus-menerus, jangan lupa untuk melakukan medical check up terutama untuk mengukur kadar kolesterol anda. Ayo jaga kesehatanmu menuju gaya hidup sehat!

Leave a Reply