Dampak Polusi Udara ini Sangat Mengerikan

Dampak Polusi Udara – Polusi udara telah menjadi salah satu faktor penyebab Pencemaran Lingkungan saat ini. Wacana ini juga kerap dibicarakan oleh berbagai kalangan masyarakat karena masalah ini merupakan masalah yang serius. Seiring bertambahnya jumlah kendaraan bermotor yang ada diindonesia, membuat udara kita semakin dipenuhi dengan udara tak sehat. Selain kendaraan bermotor, polusi udara juga disebabkan oleh banyaknya asap rokok dan limbah-limbah pabrik yang ada pada saat ini.

Akan ada banyak dampak negatif yang ditimbulkan oleh polusi udara. Seperti udara yang semakin panas, efek rumah kaca dan limitnya oksigen sebagai gas penting dalam kehidupan. Kita tahu bahwa udara segar sudah menjadi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-hari. Bayangkan, bagaimana jika kita hidup tanpa oksigen? Bernafas melalui alat bantu layaknya diluar angkasa. Itu yang akan terjadi bila udara segar dibumi telah habis.

Pengertian Polusi Udara

dampak polusi udara

i.guim.co.uk

Sebelum kita berlanjut kepada tahapan pembahasan dampak polusi udara, alangkah baiknya jika kita mengetahui pengertian dari polusi udara terlebih dahulu. Polusi udara merupakan suatu kondisi dimana udara telah tercemar oleh berbagai macam gas kimia dan zat biologis lain yang bisa membahayakan suatu ekosistem makhluk hidup. Polusi udara juga bisa menimbulkan kerusakan pada lapisan atmosfer dan pencemaran oksigen.

Udara yang dibutuhkan adalah udara yang nyaman, bersih, dan sehat. Namun, justru udara tersebut telah terkotori oleh asap-asap beracun. Belum lagi kebakaran hutan yang disebabkan oleh kelalaian manusia, yang menimbulkan asap hingga luar pulau atau bahkan negara tetangga. Ini sudah menjadi mimpi buruk bagi kita sebagai manusia yang membutuhka udara bersih untuk hidup.

Udara yang sehat akan menimbulkan dampak kepada lingkungan yang sehat. Lalu lingkungan yang sehat akan menjadikan hidup menjadi nyaman dan tentram. Maka dari itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk menjaga lingkungan kita ini dari berbagai macam gas jahat yang menimbulkan polusi udara nantinya.

Dampak Polusi Udara

Dampak Polusi Udara

darkroom.baltimoresun.com

Dampak polusi udara merupakan  akibat dari tercemarnya udara yang ada disekitar kita. Kita tahu, sekarang ini sudah banyak dampak dari polusi udara yang sudah kita rasakan. Tak lain karena ulah manusia itu sendiri. Dampak polusi udara ada banyak sekali macamnya, entah itu dampak kesehatan, psikis dan lain-lain. Lalu apa sajakah dampak yang dihasilkan oleh polusi udara? Kali ini kami akan mencoba untuk membahasnya satu persatu.

Dampak Polusi Udara Terhadap Kesahatan

dampak polusi udara

img.washingtonpost. com

Gas jahat yang terdapat pada udara yang tercemar akan masuk kedalam tubuh melalui organ pernapasan. Baik lewat hidung ataupun mulut. Lalu, gas tersebut akan masuk kedalam tubuh bedasarkan jenis gasnya. Jika gas yang masuk memiliki partikulat atau ukuran yang besar maka ia hanya mampu mencapai organ-organ bagian atas. Namun jika ia mempunyai partikulat atau ukuran yang kecil maka ia akan lebih mudah masuk kedalam organ-organ penting dalam tubuh seperti paru-paru. Tak hanya itu, zat jahat yang masuk kedalam tubuh juga akan diserap oleh darah dan disebarkan keseluruh tubuh

Hal tersebut akan menimbulkan penyakit-penyakit kronis seperti bronkitis, asma serta gangguan-gangguan lainnya. Penelitian mencatat bahwa polusi udara yang ada di Jakarta menyebabkan berkurangnya efektifitas kerja, banyaknya bayi yang meninggal prematur dan penyakit pernapasan akut. Jika dihitung kerugian dari akibat tersebut mencapai angka 4,3 trilyun Rupiah pada tahun 2015.

Dampak Polusi Udara Terhadap Tanaman

dampak polusi udara

500px.com

Pertumbuhan tanaman yang hidup di daerah berpolusi tinggi akan terganggu oleh kandungan-kandungan gas yang terdapat pada udara. Selain itu, tanaman ini juga akan menjadi rawan dihinggapi penyakit seperti klorosis, bintik hitam dan nekrosis. Kandungan zat pencemar yang ada dalam udara juga dapat menghambat jalannya proses fotosintesis.

Dampak Polusi Udara Terhadap Hujan

dampak polusi udara terhadap air hujan

img11.deviantart.net

Zat-zat pencemar dalam udara akan mengubah tingkat keasaman pada air hujan menjadi tinggi sehingga timbulah hujan asam. Hujan asam ini sangat mengerikan, dampaknya adalah antara lain:

  • Mempengaruhi Kualitas Air yang ada dipermukaan.
  • Merusak tumbuhan.
  • Melarutkan Logam berat pada tanah yang dibutuhkan oleh manusia.
  • Mempunyai sifat korosif sehinga merusak material bangunan dan kulit.

Dampak Polusi Udara Terhadap Efek rumah kaca

pengertian Efek Rumah Kaca

Pengertian efek rumah kaca ialah proses dimana terjadinya pemanasan di permukaan planet atau benda langit, yang ditimbulkan oleh keadaan dan komposisi atmosfer  yang melemah. Sinar matahari yang masuk akan dipantulkan kembali oleh tanah dan dikeluarkan melalui atmosfer. Namun jika bumi diibaratkan sebagai rumah kaca, sinar yang harusnya keluar melalui atmosfer tadi tidak keluar bagaimana semestinya. Sehingga bukannya keluar, namun sinar itu akan dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Begitulah mengapa proses ini disebut sebagai proses Efer rumah kaca. Salah satu efek negatif yang dihasilkan adalah menimbulkan fenomena pemanasan global. lalu, pemanasan global akan menimbulkan dampak negatif antara lain:

  • Mencairnya es di kutub.
  • Meningkatnya suhu bumi.
  • Perubahan iklim tak menentu.
  • Perubahan siklus yang terjadi pada flora dan fauna.

Artikel Terkait : Apa sih? Pengertian Efek Rumah Kaca itu?

Dampak Polusi Udara Terhadap lapisan ozon

dampak polusi udara

1.bp.blogspot.com

Lapisan ozon yang berada pada ketinggian 20 hingga 35 kilometer ini merupakan tameng alami yang berfungi untuk menyaring radiasi ultraviolet yang dihasilkan oleh sinar matahari. Gas-gas jahat yang ditimbulkan oleh polusi udara akan merusak lapisan ozon yang memiliki kedudukan penting dalam kehidupan. Lubang-lubang pada lapisan ozon akan memberikan celah kepada sinar ultraviolet untuk masuk kedalam bumi.

Solusi Mengatasi Pencemaran Udara

dampak polusi udara

i.huffpost.com1

Udara yang sehat akan menciptakan lingkungan yang kondusif sehingga kita akan merasa aman dan nyaman. Maka dari itu sudah menjadsi kewajiban kita untuk menjaga dan melestarikan lingkungan kita ini dari kotornya polusi udara. Ada berbagai macam hal yang harus kita lakukan, seperti menghentikan kebiasaan merokok, memakai kendaraan yang hemat bahan bakar dan lain-lain. Nah, kali ini kami akan sedikit menyampaikan langkah-langkah yang diambil dari kota-kota besar lain di dunia. Mereka telah berhasil menurunkan polusi udara sekitar mereka. Langkah-langkah adalah antara lain:

  • Membatasi izin kepada angkutan umum kecil, sementara kendaraan angkutan umum besar seperti bus, kereta api lebih diperbanyak.
  • Membatasi usia kendaraan terutama untuk kendaraan angkutan umum. Semakin tua kendaraan yang tak terawat, semakin besar pula peluang hadirnya gas-gas jahat yang menimbulkan polusi udara.
  • Polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor adalah ketika mereka berada dalam posisi macet dan tanjakan. Untuk itu pengaturan lalu lintas, rambu-rambu dan tindakan yang tegas terhadap pelaku pelanggaran akan membantu berkurangnya polusi.
  • Menetapkan kewajiban untuk uji emisi bagi setiap kendaraan bermotor. Jangan hanya mementingkan pemeriksaan surat-surat saja. Namun uji emisi juga perlu diperhatikan.
  • Penanaman pohon-pohon berdaun besar memiliki potensi besar untuk mengurangi polusi udara. Lakukan penanaman ini disekitar jalan raya yang memiliki lalu lintas padat.

Demikian Artikel mengenai Dampak Polusi Udara dan Cara Mengatasinya. Semua solusi diatas tidak akan bisa terwujud mana kala kita hanya melakukannya sendirian. Ini juga bukan hanya menjadi tugas pemerintah semata, namun ini sudah menjadi tugas kewajiban bagi seluruh elemen masyarakat. semoga bermanfaat.

Leave a Reply