Rahasia dibalik Doa Sebelum dan Sesudah Tidur

Tidur adalah salah satu kenikmatan dari Allah S.w.t yang patut kita syukuri. Dengan tidur, kita dapat memulihkan kembali seluruh energi kita. Namun, sebagai muslim kita diperintahkan untuk menjadikan tidur sebagai amalan ibadah. Karena tujuan manusia diciptakan tak lain hanya untuk beribadah. Namun, bagaimana caranya agar kita menjadikan tidur sebagai ibadah? Dengan ber-Do’a sebelum dan sesudah tidur, maka ini sudah menjadikan tidur sebagai ibadah. Berikut adalah artikel yang membahas tentang Doa sebelum dan sesudah tidur.

tidur doa tidur bangun doa tidur

 

Kedua doa tersebut di ambil dari hadis sahih riwayat Muslim, dari Bara berkata :

 

hadist doa tidur

 

Disaat  kita ingin tidur, syaithan membisikan kata-kata di telinga kita yaitu “Engkau memperoleh malam panjang, maka tidurlah terus!” lalu ia membuat tiga ikatan. Ikatan yang pertama akan putus jika kita bangun dan berdzikir, ikatan yang kedua akan putus ketika kita berwudhu dan ikatan ketiga akan putus ketika kita menunaikan sholat. Jika ketiga ikatan itu putus, maka hidupnya sehari-hari akan bersemangat serta berhati gembira. Sebaliknya, jika kita tidak melakukan sebagaiman yang tertera diatas. Maka ia dihari-harinya akan menjadi orang yang buruk dan pemalas.

 

Manfaat mebaca doa sebelum dan sesudah tidur :

 

Rasulullah S.a.w bersabda :

 

hadis mati husnul khotimah doa tidur

Bayangkan ketika kita mati dalam keadaan dalam keadaan tidur, maka sungguh indah kita mati dalam keadaan Husnul Khatimah. Keadaan fitrah adalah keadaan dimana ia tidak mempunyai dosa apapun, suci, bersih seperti disaat ia baru dilahirkan oleh ibunya. Sungguh suatu kenikmatan yang tiada tara apabila kita menjemput ajal dengan keadaan seperti ini.

Islam memandang bahwa dia saat seseorang tidur, ruhnya berpisah dengan jasadnya. Maka di saat ia bangun dari tidurnya, itu tandanya Allah memberikan kesempatan kepada orang itu untuk tetap hidup dan terus beribadah kepada Allah S.w.t . Namun, jika Dia berkehendak lain, maka Dia berhak untuk menyimpan Ruh itu selamanya sehingga ia menemui ajalnya. Seorang mu’min yang taat tentu tidak akan menjalankan tidur begitu saja tanpa mempersiapkan sesuatu terlebih dahulu untuk menghadapi kematian. Karena kita tidak pernah tahu, kapankah ajal itu akan tiba. Bisa jadi sekarang, esok atau seterusnya.

Jika kita bangun dari tidur sebelum masuk waktu shubuh, maka sebaiknya kita melaksanakan shalat tahajjud terlebih dahulu. Karena banyak pula keutamaan-keutamaan didalamnya. Dan jangan lupa untuk shalat berjamaah dimasjid. Pahala shalat shubuh berjamaah itu setara dengan kita beribadah sepanjang malam.

Manfaat lain yang kita dapat ketika berdoa sebelum tidur ialah menjadikan kita aman dari gangguan-gangguan syaitan selama kita tidur. Karena berdoa sebelum tidur sesunguhnya sama saja dengan kita meminta pertolongan Allah S.w.t Selain itu juga kita akan mendapat pahala tambahan apabila kita membaca doa sebelum tidur.

Sungguh, ladang pahala yang diberikan oleh Allah S.w.t sangatlah luas, dengan tidur pun kita masih bisa melaksanakan ibadah. Sesungguhnya islam itu tidak mempersulit diri, ajarannya tidak memaksa dan memberikan banyak manfaat bagi kita. Salah halnya jika kita berpendapat bahwa islam adalah agama yang mengekang, tidak universal, karena dilihat dari sisi ini pun  sudah jelas bahwa islam itu agama yang memudahkan.

Maka sungguh sangat disayangkan jika kita melewatkan satu pahala ini. Karena dengan melakukan amalan ini, bisa mendekatkan diri kita kepada Allah S.w.t. Untuk itu, yuk mari sama-sama saling mengingatkan kepada anak-anak kita, kerabat dan yang lainnya bahwa jangan sepelekan satu amalan ini.

Semoga bermanfaat 🙂

Leave a Reply