Fakta Unik, Kesehatan

Fakta Penting Mengenai Anak Kedua

fakta anak ke dua denverbucketlist.com

Fakta Anak Kedua – Pernah mendengar istilah “kelahiran seorang anak menentukan kepribadiannya”? Jika kalian pernah mendengar, ternyata pernyataan itu memang benar adanya. Seorang dokter psikolog Alfred Adler juga mendukung pernyataan ini.

Bedasarkan penelitian, disimpulkan bahwa urutan kelahiran seorang anak sangat menentukan kepribadiannya. Tentu saja antara anak pertama dan terakhir memiliki kepribadian yang berbeda, begitupun anak kedua. Setiap masing-masing anak mempunyai ciri dan karakter khasnya masing-masing.

Anak pertama memiliki jiwa tanggung jawab pemimpin. Ketika ia tumbuh dewasa, ia akan merasa bahwa beban yang ditanggung oleh kedua orang tua kini berpindah kepadanya. Dia merasa bahwa sebagai anak pertama, ia harus menjadi tauladan atau contoh bagi adik-adiknya.

Berbeda halnya dengan anak terakhir, anak terakhir identik manja, susah diatur, dan semaunya. Biasanya, yang dialami oleh anak terakhir adalah keinginan yang harus dipenuhi, apa-apa harus, ingin ini harus, ingin itu harus.

Tidak hanya semasa balita, fakta-fakta anak kedua ini akan berlanjut hingga dewasa. Didalam acara-acara keluarga, anak tertua dan anak terakhir akan dipertanyakan kehadirannya. Beda halnya dengan anak kedua, orang akan lebih tertarik kepada anak pertama dan terakhir dibandingkan anak kedua atau pertengahan.

Tentunya ini akan menimbulkan efek psikologis pada anak kedua, sehingga anak kedua memiliki sifat atau ciri khas yang cenderung sama dengan anak kedua lainnya.

Lalu apa ciri khas itu? pada kesempatan ini kami akan membahas tentang fakta anak ke dua. Simak ulasannya dibawah ini.

Anak kedua memiliki jiwa yang kreatif dan cenderung bebas

fakta otak yang cenderung kreatif dimiliki oleh anak kedua

media.licdn.com

Fakta nya, anak kedua memiliki jiwa yang kreatif dan cenderung membebaskan diri. Anak kedua biasanya lebih senang sendiri dari pada berkumpul dengan anggota keluarga lainnya. Seiring dengan kesendiriannya, anak kedua selalu memiliki semangat untuk melakukan sesuatu. Sehingga imajinasi yang ada dalam dirinya berkembang dengan sangat baik.

Pekerjaan yang berhubungan dengan seni dan kreativitas sangatlah cocok untuk anak kedua. Namun, mereka tidak bisa bekerja dibawah tekanan. Mereka sangat menyukai fleksibilitas (tidak  terkekang apapun), pekerjaan yang ingin mereka lakukan ialah pekerjaan yang tidak mengikat dari segi peraturan dan waktu. Karena mereka memiliki jiwa yang cenderung ingin bebas dalam hal mengekspresikan dirinya.

Anak kedua memiliki sifat friendly

Anak kedua memiliki jiwa yang bersahabat atau friendly

www.collegemag.net

Fakta anak kedua lainnya adalah ternyata, anak kedua memiliki nilai persahabatan yang kuat. Karena paham dengan arti kesendirian, anak kedua suka bekerja sama dengan orang lain. Anak kedua juga biasanya senang akan persahabatan.

Mereka selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain dan menjadi perekat antar teman-temannya. Namun, hal ini menjadikan anak kedua tidak pandai dalam mengambil keputusan, terutama yang menyangkut dengan dirinya sendiri, karena ia takut hal itu dapat merugikan orang lain.

Anak kedua selalu merasa paling berbeda

faktanya, anak kedua selalu merasa paling beda diantara kakak dan adiknya

Diakui atau tidak, setiap anak selalu berjuang untuk memperoleh perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Biasanya, orang tua lebih banyak memberikan perhatian terhadap anak pertama dan terakhir. Dalam keadaan seperti ini, membuat anak kedua melakukan sesuatu yang lain dari saudaranya.

Jika saudaranya memiliki prilaku yang baik, maka anak kedua biasanya menjadi pribadi yang tidak menyenangkan dan selalu mencari masalah.

Sebaliknya, jika saudaranya memiliki sifat yang kurang baik, maka dia akan berusaha sebisa mungkin untuk menjadi pribadi yang baik. Bahkan dari sisi gaya hidup, mereka akan cenderung mencari sesuatu yang berbeda dari saudaranya.

Anak kedua selalu merasa terasing

anak kedua memiiliki fakta yang unik yaitu selalu merasa sendiri

gretchenrubin.com

Anak kedua sering merasa terasing dalam keluarganya sendiri. Hal ini terjadi karena anak pertama biasanya lebih mendapatkan perhatian dan rasa antusias yang besar dari orang tua. Karena orang tua selalu merasa bahwa anak pertama harus selalu menjadi panutan untuk adik-adiknya kelak.

Harus seperti ini, seperti itu, sehingga perhatian orang tua akan terpaku pada segala hal yang dilakukan oleh anak pertama. Anak terakhir juga seperti itu, orang tua akan selalu mengaggap bahwa anak terakhir merupakan anak yang paling kecil sehingga ia harus dibantu dalam segala hal. Maka tingallah anak kedua seorang diri.

Anak Kedua akan memiliki masalah pada hubungan

anak kedua akan memiliki hubungan yang buruk

holymeasures.com

Anak kedua akan selalu membutuhkan perhatian yang lebih. Karena mereka memiliki hubungan yang kurang baik dengan keluarganya. Mereka akan selalu menuntut perhatian yang lebih dan selalu memiliki prasangka yang tidak sejalan dengan keinginannya.

Sehingga hal ini membuat anak kedua cenderung lebih sulit untuk membentuk suatu hubungan. Fakta ini akan memberikan efek yang kurang baik bagi anak kedua jika mereka telah memiliki keluarga sendiri. Karena hubungan yang dijalin dalam keluarga adalah hubungan yang serius.

Anak kedua memiliki sifat cinta damai

faktanya, anak kedua biasa menjadi penengah dalam keluarga

4.bp.blogspot.com

Anak kedua merupakan anak yang memiliki sifat cinta damai. Hal ini terjadi dikarenakan anak sulung dan anak bungsu memiliki ego yang sangat tinggi. Mereka akan memperebutkan sesuatu yang biasa mereka dapatkan dari kedua orang tua. Disaat yang genting seperti ini, anak kedua akan menjadi penengah bagi kedua saudaranya.

Anak kedua pandai dalam bernegosiasi

anak kedua sangat pintar dalam hal bernegosasi

media2.onsugar.com

Anak kedua memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, yaitu sifat negosiasi yang handal. Ia tidak seperti anak sulung. Biasanya, anak sulung akan selalu memaksa orang tua untuk melakukan ini, itu. Sehingga sifat ini membuat sebagian para orang tua jengkel.

Berbeda dengan anak kedua, dia memiliki sifat negosiasi yang pandai. Jika ia meminta sesuatu terhadap orang tua, ia akan bernegosiasi dahulu untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Anak kedua memiliki sifat yang sulit diatur

anak kedua memiliki sifat yang sulit diatur karena merasa selalu mengalah

treatment4addiction.com

Sulit diatur merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh anak kedua. Hal itu disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua terhadap sang anak. Maka tak heran jika ia akan tiba-tiba memberontak terhadap keputusan. Karena anak kedua akan mengaggap bahwa dirinya selalu mengalah.

Anak kedua selalu menjadi andalan kedua

anak kedua menjadi andalan kedua bagi masalah yang ada dalam keluarga

i.ytimg.com

Anak kedua memiliki posisi anak yang paling tua setelah anak pertama. Ketika sang kakak putus asa dalam menjalani suatu masalah, dia akan maju sebagai penggantinya. Anak kedua akan selalu merasa bersalah jika ia tidak bisa berkontribusi dalam memecahkan masalah keluarga. Selain itu, dia juga tidak mudah tersulut emosi sehingga ia bisa menangani masalah dengan kepala dingin.

Psikologi anak dipengaruhi oleh berbagai hal

Sifat psikologi anak tidak hanya bisa dilihat dari kelahirannya saja, banyak hal yang menentukan. Untuk itu, semua yang tertulis disini tidak bisa dijadikan 100% sebagai acuan. Masih banyak lagi yang mempengaruhi sifat anak seperti cara didik orang tua dan lingkungan dimana ia tinggal.

Sebagai orang tua beberapa kelemahan yang ada pada anak kedua sebenarnya bisa untuk dikurangi. Yaitu dengan cara memberikan perhatian pada anak kedua anda. Karena secara naluri anda akan mengabaikan mereka.

Dengan memberikan perhatian yang cukup dan tidak membeda-bedakan antara satu anak yang lain, ini akan membuat sifat negatif pada anak kedua anda berkurang.

Cara ini juga bisa anda praktekan terhadap pasangan anda jika dia adalah anak kedua. Coba perhatikan lebih lanjut, mungkin anda akan mememukan beberapa kepribadian yang sama dengan beberapa fakta anak ke dua yang ditulis disini. Berilah dia perhatian yang lebih, maka sisi kelemahan dan sisi negatif pasangan anda akan hilang oleh prilaku positifnya.

Artikel Terkait : Jual Berbagai Macam Jenis Ikan Asin 0822 1603 6341

You Might Also Like

22 Comments

  1. 1

    that is True.. 😐

  2. 2

    kalo gak bener gak akan ditulis mas 😀

  3. 3

    nulis apa ngopy -_-

  4. 4

    Cek aja di plagarism checker, copy scape atau alat pengecek keaslian lainnya. insyaallah unique 100% 🙂

  5. 5

    betul sekali…… :’)

  6. 6

    Bnr bgt itu ..

  7. 7
    Muhammad ferdhi

    Sangat benar . Saya anak kedua yg korban terasingkan sgt tertutup dgn keluaraga tpi lbh terbuka sm teman2 .

  8. 8

    apakah jika dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan keluarga dapat mengubah fakta tentang anak kedua?

  9. 9

    tentu saja, sifat atau karakter seseorang tidak hanya ditentukan oleh faktor genetik. Ada beberapa faktor lain seperti keluarga, lingkungan dan sebagainya yang membentuk pribadi anak tersebut.

  10. 10

    Ya itu terjadi pada saya, terutama yang terasing kan
    Bagaimana tidak , ketika kaka berbuat salah, mana mungkin adiknya mengolok-ngolok,
    Ketika adik berbuat salah, pasti orang tua selalu menjaganya.
    Tapi ketika anak kedua salah di depan kaka n adik.
    Dua”nya ikut mengolok ngolok, ketika anak kedua marah ke adik, otomatis kaka pertama yang membelanya.
    Saran saya cuma 2,
    1. Pergi ke kamar kunci
    Tapi klo kamarnya bareng adik atau kaka
    Pake cara kedua
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    .
    2.pura” mati aja biar pada shock
    Karna pergi salah diam pun makan hati

  11. 11

    Untung saya anak pertama… huft!

  12. 12

    Benar sekali sifat yang ada di atas samadengan dengan yg saya lakukan

  13. 13

    itu juga yg saya Alami. kakak Dan adik2 saya memusuhi saya Dan org tua saya juga selalu menyalahkan saya. perlakuan anak pertama kepda saya sebagai anak kedua adalah permusuhan sehingga kedua adik saya pun ikut sifat kakak pertamanya. jadi saya sebagai anak kedua hanya bisa pasrah Dan mngelus Dada atas perlakuan saudara2 saya. padahal urusan rumah semua saya yg kerjakan. kdg2 sedih sih, klo di pikir2. karena saya merasa klo saya gak punya siapa2 Dan terasingkan d dalam keluarga saya sendiri. klo ada masalah cuma visa curhat sama Allah doang.

  14. 14

    Subhanallah, yang sabar ya mbak el. Semoga selalu diberi ketabahan dan kemudahan. Allah selalu bersama kita mbak :’)

  15. 15

    Ye kan anak nomber 2 sangat terasing.
    bila adik salah akak juga yang kena marah tapi tetap sabar dalam menjalan kan khidupan.
    selalu menangis dalam senyuman.
    dan tak ade orang pon yang tahu kita trluka slalu jeloc di stiap perkara.
    hanya allah lah yang memahami.
    dan tau yang terbaik

  16. 16

    sebagian besar sama saya alamin, anak ke2 selalu tidak di anggap malah ada masalah kecil atau besar saya selalu curhat ke teman dari pada keluarga sendiri , mereka malah peduli dan anggap saya ada, dari pada keluarga sendiri ..

  17. 17

    Sama banget :'(
    Mrsa terasingkan wlw ank k 2 cwe satu” ny. :'(
    Sedih kalo d ceritain.. :'(
    Knp ank k 2 yang sllu jd korban.. pdhl apa” sndri tp ttp ajh slh d mta kluarga.
    Ngebatin bngt jd ank k 2

  18. 18

    Saya anak kedua, merasa bangga atas kelibahan dan kekurangan saya yg telah diberikan oleh allah swt.

  19. 19

    Benar 100%
    susah banget mau jaga hati kakak sama adik-adik..Semuanya secara automatis menjadi salah anak ke-2 bila adik-adik ditimpa masalah,,malah diklaimkan sebagai anak tidak bertanggungjawab :'(
    hurmmm

  20. 20

    Sebagian saya alami. Thats true. Memang seperti itu ya karakternya. Saya mencoba untuk “keluar” dari karakter itu. Tapi ternyata sulit karena memang sudah typical ya. Kadang semuanya saya lakukan diluar kesadaran. Hmm

  21. 21

    bener bgt tuh semua..
    kk & adiķ saya egois bgt…bhkn klo sya lgi berantem sma kk mlh sya yg di mrhin pdhl udh jls dia yg slh…trus hrus menglh pula sma adik…sya sering di kmr sndirian kdang nyalahin diri sya…tpi sya sdr klo sya hdir di tngh” klrga sbg penengah kk dn adik sya….tp sy orang nya cengeng bgt…trus klo udh nangis cma bsa pasrah dn berdoa sm allah swt…trus di tmenin bku sma pulpen buat nulis curahan hati..
    saya lbih suka sndrian di kmr dri pd hrus kmpl” bareng klrg ….krna sndrian tu lbih asik dn leluasa buat meng ekspresikan gaya kita..kt lbih enjoy klo sndirian kawan..yakin dehh….

    semangat buat klian yg ank tengah….

  22. 22

    Super true! Sesuai bgt dgn gue! Fyi fakta anak ketiga sesuai juga dgn adek gue….

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>