Fakta Penting Mengenai Anak Kedua

Fakta Anak Kedua – Pernah mendengar istilah “kelahiran seorang anak menentukan kepribadiannya”? Jika kalian pernah mendengar, ternyata pernyataan itu memang benar adanya. Seorang dokter psikolog Alfred Adler juga mendukung pernyataan ini.

Bedasarkan penelitian, disimpulkan bahwa urutan kelahiran seorang anak sangat menentukan kepribadiannya. Tentu saja antara anak pertama dan terakhir memiliki kepribadian yang berbeda, begitupun anak kedua. Setiap masing-masing anak mempunyai ciri dan karakter khasnya masing-masing.

Anak pertama memiliki jiwa tanggung jawab pemimpin. Ketika ia tumbuh dewasa, ia akan merasa bahwa beban yang ditanggung oleh kedua orang tua kini berpindah kepadanya. Dia merasa bahwa sebagai anak pertama, ia harus menjadi tauladan atau contoh bagi adik-adiknya.

Berbeda halnya dengan anak terakhir, anak terakhir identik manja, susah diatur, dan semaunya. Biasanya, yang dialami oleh anak terakhir adalah keinginan yang harus dipenuhi, apa-apa harus, ingin ini harus, ingin itu harus.

Tidak hanya semasa balita, fakta-fakta anak kedua ini akan berlanjut hingga dewasa. Didalam acara-acara keluarga, anak tertua dan anak terakhir akan dipertanyakan kehadirannya. Beda halnya dengan anak kedua, orang akan lebih tertarik kepada anak pertama dan terakhir dibandingkan anak kedua atau pertengahan.

Tentunya ini akan menimbulkan efek psikologis pada anak kedua, sehingga anak kedua memiliki sifat atau ciri khas yang cenderung sama dengan anak kedua lainnya.

Lalu apa ciri khas itu? pada kesempatan ini kami akan membahas tentang fakta anak ke dua. Simak ulasannya dibawah ini.

Anak kedua memiliki jiwa yang kreatif dan cenderung bebas

fakta otak yang cenderung kreatif dimiliki oleh anak kedua

media.licdn.com

Fakta nya, anak kedua memiliki jiwa yang kreatif dan cenderung membebaskan diri. Anak kedua biasanya lebih senang sendiri dari pada berkumpul dengan anggota keluarga lainnya. Seiring dengan kesendiriannya, anak kedua selalu memiliki semangat untuk melakukan sesuatu. Sehingga imajinasi yang ada dalam dirinya berkembang dengan sangat baik.

Pekerjaan yang berhubungan dengan seni dan kreativitas sangatlah cocok untuk anak kedua. Namun, mereka tidak bisa bekerja dibawah tekanan. Mereka sangat menyukai fleksibilitas (tidak  terkekang apapun), pekerjaan yang ingin mereka lakukan ialah pekerjaan yang tidak mengikat dari segi peraturan dan waktu. Karena mereka memiliki jiwa yang cenderung ingin bebas dalam hal mengekspresikan dirinya.

Anak kedua memiliki sifat friendly

Anak kedua memiliki jiwa yang bersahabat atau friendly

www.collegemag.net

Fakta anak kedua lainnya adalah ternyata, anak kedua memiliki nilai persahabatan yang kuat. Karena paham dengan arti kesendirian, anak kedua suka bekerja sama dengan orang lain. Anak kedua juga biasanya senang akan persahabatan.

Mereka selalu berusaha untuk menyenangkan orang lain dan menjadi perekat antar teman-temannya. Namun, hal ini menjadikan anak kedua tidak pandai dalam mengambil keputusan, terutama yang menyangkut dengan dirinya sendiri, karena ia takut hal itu dapat merugikan orang lain.

Anak kedua selalu merasa paling berbeda

faktanya, anak kedua selalu merasa paling beda diantara kakak dan adiknya

Diakui atau tidak, setiap anak selalu berjuang untuk memperoleh perhatian dan kasih sayang dari kedua orang tuanya. Biasanya, orang tua lebih banyak memberikan perhatian terhadap anak pertama dan terakhir. Dalam keadaan seperti ini, membuat anak kedua melakukan sesuatu yang lain dari saudaranya.

Jika saudaranya memiliki prilaku yang baik, maka anak kedua biasanya menjadi pribadi yang tidak menyenangkan dan selalu mencari masalah.

Sebaliknya, jika saudaranya memiliki sifat yang kurang baik, maka dia akan berusaha sebisa mungkin untuk menjadi pribadi yang baik. Bahkan dari sisi gaya hidup, mereka akan cenderung mencari sesuatu yang berbeda dari saudaranya.

Anak kedua selalu merasa terasing

anak kedua memiiliki fakta yang unik yaitu selalu merasa sendiri

gretchenrubin.com

Anak kedua sering merasa terasing dalam keluarganya sendiri. Hal ini terjadi karena anak pertama biasanya lebih mendapatkan perhatian dan rasa antusias yang besar dari orang tua. Karena orang tua selalu merasa bahwa anak pertama harus selalu menjadi panutan untuk adik-adiknya kelak.

Harus seperti ini, seperti itu, sehingga perhatian orang tua akan terpaku pada segala hal yang dilakukan oleh anak pertama. Anak terakhir juga seperti itu, orang tua akan selalu mengaggap bahwa anak terakhir merupakan anak yang paling kecil sehingga ia harus dibantu dalam segala hal. Maka tingallah anak kedua seorang diri.

Anak Kedua akan memiliki masalah pada hubungan

anak kedua akan memiliki hubungan yang buruk

holymeasures.com

Anak kedua akan selalu membutuhkan perhatian yang lebih. Karena mereka memiliki hubungan yang kurang baik dengan keluarganya. Mereka akan selalu menuntut perhatian yang lebih dan selalu memiliki prasangka yang tidak sejalan dengan keinginannya.

Sehingga hal ini membuat anak kedua cenderung lebih sulit untuk membentuk suatu hubungan. Fakta ini akan memberikan efek yang kurang baik bagi anak kedua jika mereka telah memiliki keluarga sendiri. Karena hubungan yang dijalin dalam keluarga adalah hubungan yang serius.

Anak kedua memiliki sifat cinta damai

faktanya, anak kedua biasa menjadi penengah dalam keluarga

4.bp.blogspot.com

Anak kedua merupakan anak yang memiliki sifat cinta damai. Hal ini terjadi dikarenakan anak sulung dan anak bungsu memiliki ego yang sangat tinggi. Mereka akan memperebutkan sesuatu yang biasa mereka dapatkan dari kedua orang tua. Disaat yang genting seperti ini, anak kedua akan menjadi penengah bagi kedua saudaranya.

Anak kedua pandai dalam bernegosiasi

anak kedua sangat pintar dalam hal bernegosasi

media2.onsugar.com

Anak kedua memiliki satu kelebihan yang tidak dimiliki oleh orang lain, yaitu sifat negosiasi yang handal. Ia tidak seperti anak sulung. Biasanya, anak sulung akan selalu memaksa orang tua untuk melakukan ini, itu. Sehingga sifat ini membuat sebagian para orang tua jengkel.

Berbeda dengan anak kedua, dia memiliki sifat negosiasi yang pandai. Jika ia meminta sesuatu terhadap orang tua, ia akan bernegosiasi dahulu untuk mendapatkan apa yang ia inginkan.

Anak kedua memiliki sifat yang sulit diatur

anak kedua memiliki sifat yang sulit diatur karena merasa selalu mengalah

treatment4addiction.com

Sulit diatur merupakan salah satu sifat yang dimiliki oleh anak kedua. Hal itu disebabkan karena kurangnya perhatian orang tua terhadap sang anak. Maka tak heran jika ia akan tiba-tiba memberontak terhadap keputusan. Karena anak kedua akan mengaggap bahwa dirinya selalu mengalah.

Anak kedua selalu menjadi andalan kedua

anak kedua menjadi andalan kedua bagi masalah yang ada dalam keluarga

i.ytimg.com

Anak kedua memiliki posisi anak yang paling tua setelah anak pertama. Ketika sang kakak putus asa dalam menjalani suatu masalah, dia akan maju sebagai penggantinya. Anak kedua akan selalu merasa bersalah jika ia tidak bisa berkontribusi dalam memecahkan masalah keluarga. Selain itu, dia juga tidak mudah tersulut emosi sehingga ia bisa menangani masalah dengan kepala dingin.

Psikologi anak dipengaruhi oleh berbagai hal

Sifat psikologi anak tidak hanya bisa dilihat dari kelahirannya saja, banyak hal yang menentukan. Untuk itu, semua yang tertulis disini tidak bisa dijadikan 100% sebagai acuan. Masih banyak lagi yang mempengaruhi sifat anak seperti cara didik orang tua dan lingkungan dimana ia tinggal.

Sebagai orang tua beberapa kelemahan yang ada pada anak kedua sebenarnya bisa untuk dikurangi. Yaitu dengan cara memberikan perhatian pada anak kedua anda. Karena secara naluri anda akan mengabaikan mereka.

Dengan memberikan perhatian yang cukup dan tidak membeda-bedakan antara satu anak yang lain, ini akan membuat sifat negatif pada anak kedua anda berkurang.

Cara ini juga bisa anda praktekan terhadap pasangan anda jika dia adalah anak kedua. Coba perhatikan lebih lanjut, mungkin anda akan mememukan beberapa kepribadian yang sama dengan beberapa fakta anak ke dua yang ditulis disini. Berilah dia perhatian yang lebih, maka sisi kelemahan dan sisi negatif pasangan anda akan hilang oleh prilaku positifnya.

Artikel Terkait : Jual Berbagai Macam Jenis Ikan Asin 0822 1603 6341

26 Comments

  1. Mr.Horan Oktober 10, 2015
  2. Admin Oktober 10, 2015
  3. Mr.Horan Oktober 12, 2015
  4. Admin Oktober 13, 2015
  5. Nabila Desember 28, 2015
  6. rinah Januari 21, 2016
  7. Muhammad ferdhi Februari 6, 2016
  8. Rivaldy Februari 14, 2016
  9. Admin Februari 14, 2016
  10. Batonk Februari 17, 2016
  11. E-Cow Februari 19, 2016
  12. Anisa lubis Februari 26, 2016
  13. El Maret 4, 2016
  14. Admin Maret 4, 2016
  15. dewi Maret 15, 2016
  16. rahmah Maret 16, 2016
  17. antiya April 9, 2016
  18. Nur Cholis April 12, 2016
  19. Pikachu Mei 8, 2016
  20. amel Mei 12, 2016
  21. amel Mei 12, 2016
  22. sela Mei 16, 2016
  23. Lian Mei 18, 2016
  24. Anes Febrian Mei 27, 2016
  25. ARD Juni 3, 2016
  26. agung Juli 10, 2016

Leave a Reply