Film Animasi Terbaik dengan Pendapatan Terbesar di Dunia

Film Animasi Terbaik – Film animasi merupakan jenis genre film yang banyak disukai oleh beberapa kalangan masyarakat, terutama anak-anak. Bahkan, tak sedikit juga keluarga yang mengisi hari-hari liburnya dengan menonton salah satu film bergenre ini. Maka tak heran, jika film animasi selalu mejadi andalan bagi kebanyakan keluarga di dunia.

Film animasi biasa disebut dengan Animasi saja. Film ini merupakan hasil dari pengolahan gambar tangan yang di proyeksikan menjadi gambar bergerak. Pada awalnya, film animasi dibuat pada lembaran-lembaran kertas dan kemudian diputar sehingga munculah efek gambar yang bergerak. Dengan bantuan teknologi komputer, pembuatan film animasi menjadi lebih mudah dan cepat. Bahkan, akhir-akhir ini banyak sekali bermunculan film animasi berbentuk 3 dimensi dibandingkan dengan 2 dimensi.

Film animasi terbaik

film animasi terbaik

pixar-animation.weebly.com

Wayang kulit, termasuk dalam kategori bentuk animasi tertua di dunia. Bahkan jauh sebelum teknologi elektronik ditemukan, pertunjukan wayang kulit telah memenuhi semua syarat dan komponen elemen animasi seperti layar, ilustrasi musik, gambar bergerak dan dialog.

Sampai sekarang ini, banyak sekali film animasi yang telah beredar.  Dari yang 2 dimensi hingga model 3 dimensi. Selain itu, ada juga beberapa perusahaan film animasi yang menadpat keuntungan besar dari project film tersebut. Sebut saja film Finding Nemo dan Shrek 2, kedua film ini menghasilkan keuntungan 800 juta dollar. Lalu, film apa saja yang mendapatkan nominasi film animasi terbaik dengan keuntungan terbesar? Yuk kita simak dibawah ini.

16. Cars (2006)

Cars adalah salah satu dari sekian banyak film animasi terbaik

motox1wallpaper.com

Cars adalah film animasi yang menceritakan kehidupan mobil-mobil yang bisa bergerak dan berbicara layaknya manusia. Film ini diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis oleh Walt Disney Pictures pada tanggal 9 juni 2006. Cars disutradarai oleh john Lasseter yang juga mempunyai posisi sebagai sutradara Toy Story dan A Bu’gs life. Film ini menjadi film Pixar yang memiliki rating terendah dibandingkan dengan film Pixar lainnya. Karena Pixar memiliki rating rata-rata sebesar 95%, maka film ini disebut-sebut sebagai film Pixar yang kurang sukses.

Film ini berhasil menghimpun keuntungan sebesar $461,983,149.

15. Shrek (2001)

film animasi shrek termasuk dalam kategori film animasi terbaik

movimu.net

Shrek merupakan film animasi yang disutradarai oleh Vicky Jenson dan Andrew Adamson. Kisah film ini diambil dari sebuah buku dongen bergambar karya William Steig yang berjudul Shrek! (1990). Film Shrek diproduksi oleh DreamWorks Animation. Shrek adalah film pertama yang mendapatkan penghargaan Academy Award dalam kategori film animasi terbaik.

Seperti film animasi terbaik lainnya, Shrek juga mendapatkan penghasilan yang sangat fantastis yakni sebesar $484,409,218.

14. Wall-E (2008)

Wall e adalah film yang bertemakan robot dan menjadi film animasi terbaik

onlinemovies.pro

Wall-E  adalah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis pada tanggal 27 Juni 2008 oleh Walt Disney Pictures. Film ini disutradarai oleh Andrew Santon yang sebelumnya juga pernah menyutradarai film Finding Nemo dan Academy Award. Suara-suara karakter dalam film ini sebagian besar tidak diisi oleh manusia melainkan dari suara mekanik. Wall-E berhasil mengantongi keuntungan sebesar $533,268,237.

Film ini menceritakan tentang keadaan bumi yang sudah sangat tercemar oleh sampah elektronik. Saking tercemarnya, manusia mengungsi ketempat buatannya dan menciptakan robot-robot Wall-E  sebagai pembersih bumi. Seiring berjalannya waktu, bumi diperkirakan tidak bisa dipertahankan kembali. Jumlah robot Wall-E yang ada pun kian hari kian menipis. Namun, ada satu sari sekian ribu robot tersebut yang masih hidup hingga sekarang. Yakni Wall-E yang menjadi toko utama dalam film ini.

13. Monster, Inc (2001)

Monster inc juga termasuk dalam kategori film animasi terbaik

img2.wikia.nocookie.net

Monster, Inc adalah sebuah film animasi yang di produksi oleh Pixar Animation Studios dan dirilis kebioskop pada tanggal 2 November 2001. Film ini adalah film animasi keempat yang diluncurkan oleh Pixar. Ia menjadi perolehan komersial dan banyak menuai kritik. Film ini berhasil meraih keuntungan sebesar $545,366,597.

Film ini berawal dari kisah seorang anak kecil (Boo) yang tidak sengaja masuk kedalam dunia monster atau kota monstropolis.  Seorang anak manusia dipercaya mengandung racun yang membahayakan para monster yang menakutinya jika tersentuh. Boo yang masih kecil dan tidak tahu apa-apa hanya bisa bersenang-senang. Sedangkan monster yang ada di dalam kota itu menjadi kewalahan. Selanjutnya datanglah 2 sosok pahlawan bernama Sullivan dan Mike yang berusaha mengembalikan anak tersebut kedunianya. Sedangkan usaha tersebut dihalangi oleh Randall si monster kadal yang ingin mengambil kekuatan sang anak tersebut.

12. The Incredibles (2004)

The Incridible merupakan film animasi terbaik

schmoesknow.com

Film ini merupakan film animasi yang digarap oleh sutradara Brad Bird pada tahun2004. The Incredibles merupakan film animasi ke-6 yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Selanjutnya film ini dirilis oleh Buena Vista Distribution pada tanggal 5 November 2004 di Amerika Serikat.

Bard Bird sebelumnya pernah menyutradai film kartun terkenal yakni The Simpsos. Awalnya sang sutradara menggarap film ini dengan tujuan untuk membuat film animasi biasa. Namun, Warner Bros menutup divisi animasinya dan Brad pindah ke perusahaan Pixar bersama dengan film ini. Film ini telah meraih keuntungan sebesar $631,442,092.

11. Kung fu Panda (2008)

kung fu panda juga termasuk dalam kategori film animasi terbaik

cdn.crossmap.com

Kung fu Panda merupakan film animasi dari Amerika serikat yang dirilis pada tanggal 6 Juni 2008. Kung fu Panda disutradarai oleh John Stevenson dan Mark Osborne. Pengisi suara dari film ini antara lain ialah Dustin Hoffman, Jack Black, Angelina Jolie, Seth Rogen, lucy liu, David Cross, Ian McShane dan Jackie Chan.

Film ini berhasil mematahkan rekor The Incredibles yang bertengger pada urutan 11 tadinya. Kung fu Panda berhasil mengantongi keuntungan sebesar $631,736,484. Tidak beda jauh dengan keuntungan yang didapat oleh The Incredibles.

10. Ratatouille (2007)

ratatouile juga termasuk dalam kategori film animasi terbai

deshow.net

Ratatouille sebenarnya memiliki makna jenis makanan yang ada di prancis. Ya, memang film animasi ini mengangkat tema tersebut. Film Ratatouille di buat oleh Pixar dan didistribusikan oleh Walt Disney Pictures. Film ini menceritakan tentang seekor tikus bernama Remy (suara diisi oleh Patton Oswalt) yang bercita-cita ingin menjadi koki restorang yang tekenal di paris. Di dalam perjalanannya, ia banyak menemukan berbagai rintangan. Hingga akhirnya ia bertemu dengan seorang koki amatir bernama Linguini.

Hingga sekarang, film ini telah sukses meraup keuntungan sebesar $643,707,397 dan menjadikannya sebagai film animasi Pixar yang memiliki keuntungan tertinggi ketiga, tepat di belakang The Incridibles dan Finding Nemo.

9. Ice Age: The Meltdown (2006)

sekuel dari film ice age ini termasuk dalam kategori film animasi terbaik

s2.dmcdn.net

Ice Age: The Meltdown atau yang biasa disebut Ice Age 2: The Meltdown, adalah film animasi berbasis CGI yang di produksi pada tahun 2006 oleh Blue Sky Studios. Film ini merupakan sekuel dari film Ice Age. Ice Age: The Meltdown kemudian dirilis pada tanggal 31 Maret 2006 oleh 20th Century Fox.

Film merupakan film yang dirilis di 70 negara yang berbeda. Selain itu, film ini juga termasuk dalam kategori Film animasi terbaik. Ia telah mengantongi keuntungan sebesar $655,388,158.

8. Up (2009)

up merupakan film animasi terbaik yang memiliki pendapatan besar

dan-dare.org

Up adalah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation Studios. Setelah itu film ini didistribusikan oleh Walt Disney PicturesUp pertama kali ditayangkan pada tanggal 29 Mei 2009. Pemutarannya perdanyanya tidak bertempat di bioskop melainkan di dalam acara Cannes Film Festival. Dengan demikian, Up mencetak sejarah sebagai film pertama yang diputar dalam acara bergengsi tersebut.

Film ini masuk dalam kategori Film animasi terbaik dengan pendapatan tertinggi sepanjang masa. Dalam perjalanannya, film ini telah meraup keuntungan sebesar $683,807,981.

7. The lion King (1994)

film the lion king merupkana film lama yang masuk kedalam kategori film animasi terbaik

georgetownvoice.com

Film animasi The lion King merupakan film yang diproduksi oleh Walt Disney Feature Animation. Lalu, film ini dirilis ke bioskop pada tanggal 15 Juni 1994 oleh Walt Disney Pictures. Film ini merupakan film yang ke-32 dari seleuruh Film Animasi Walt Disney Classic. Film ini juga pernah dibuat ulang menjadi versi definisi tinggi dan dipebagus secara digital berformat IMAX. Kemudian versi ini dirilis pada tanggal 25 Desember 2002.

The lion King termasuk dalam kategori film animasi yang paling banyak mendapatkan keuntungan. Film ini berhasil meraup keuntungan sebesar $328.541.776 (regional Amerika Serikat) dan $783.841.776 di seluruh dunia. Sebelumnya, para penggarap film ini lebih berkonsentrasi pada pembuatan film Pocahontas. Mereka mengira bahwa film itulah yang akan menjadi lebih populer. Namun pada kenyataannya justru The lion King lah menjadi lebih populer.

Artikel Terkait : Pondok Pesantren Terbaik di Indonesia

6. Shrek the Third (2007)

film ini merupakan sekuel dari film shrek sebelumnya yang menjadi film animasi terbaik

richardcrouse.ca

Shrek the Third adalah sebuah film yang di produksi oleh DreamWorks. Film ini merupaka sekuel dari film sebelumnya yakni Shrek 2. Film ini di sutradarai oleh Chris Miller. Dalam perjalanannya, film ini sudah mengantongi kenutungan sebesar $798,958,162. Dengan demikian, film Shrek the Third mendapat posisi ke 6 dalam kategori Film animasi terbaik dengan pendapatan terbesar sepanjang masa.

5. Finding Nemo (2003)

finding nemo adalah film yang memiliki pendapatan besar dan menjadi film animasi terbaik

blogs.scientificamerican.com

Film berjudul Finding Nemo, merupakan film animasi grafik komputer buatan Amerika yang berhasil meraih penghargaan Academy Award. Film ini diproduksi oleh Pixar dan dirilis pada tanggal 30 Mei 2003 di kanada dan Amerika Serikat. Film animasi ini di sutradarai oleh Andrew Santon.

4. Ice Age: Dawn of the Dinosaurs (2009)

film ini adalah film kedua dari sekuel ice age yang menjadi kategori film animasi terbaik

images2.fanpop.com

Ice Age: Dawn of the Dinosaurs adalah film animasi berbasis CGI yang di produksi oleh Blu Sky Studios. Lalu, pada tahun 2009 20th Century Fox merilis film ini kelayar lebar. Film ini merupakan sekuel dari dua film Ice Age lainnya yaitu : Ice Age (2002) dan  Ice Age: The Meltdown (2006). Film animasi ini disutradai oleh Carlos Saldanha dan di Dubbing oleh beberapa artis terkenal seperti Seann William Scott, Quenn Latifah, Simon Pegg, Josh Peck, Ray Romano dan Chris Wedge.

Sampai saat ini, film Ice Age: Dawn of the Dinosaurs telah mengantongi keuntungan sebesar 875 Juta Dollar. Dengan demikian, Ice Age: Dawn of the Dinosaurs menempati peringkat ke-empat dalam kategori film animasi terbaik dengan keuntungan terbesar sepanjang masa.

3. Shrek 2 (2004)

shrek 2 bertempat di posisi 3 dalam kategori film animasi terbaik

soundtrackdreams.com

Film Shrek 2 merupakan sekuel yang berbasis film animasi CGI. Sekuel film ini dirilis pada tanggal 19 Mei 2004 di Amerika serikat. Pada bulan April ditahun yang sama, film Shrek 2 masuk kedalam nominasi Festival Film cannes. Film ini merupakan film pertama yang keluaran DreamWorks yang tidak menggunakan logo normal (muncul ketika film dimulai). DreamWorks mengganti logo itu dengan logo DreamWorks Animation SKG.

Dengan keuntungan sebesar $919,838,758 di seluruh dunia, membuat film Shrek 2 menjadi film animasi dengan pendapatan tertinggi di dunia dalam kurun waktu 6 tahun. Pada tahun 2010, Toy Story 3 meruntuhkan rekornya dengan pendapatan sebesar $1,000,519,000.

2. Toy Story 3 (2010)

toy story 3 termasuk dalam kategori film animasi terbaik

ecx.images-amazon.com

Toy Story 3 merupakan film animasi yang diproduksi oleh Pixar. Film ini dirilis pada tahun 2010 dengan bentuk film animasi 3D. Film ini juga merupakan sekuel dari Toy Story sebelumnya. Di hari pertama peluncuran film ini, Toy Story 3 berhasil mengantongi $41 juta. Dan dalam kurun waktu 3 hari, film ini behasil mendapatkan penhasilan sebesar $109 juta, pendapatan ini menciptakan rekor baru di dunia film animasi. Namun, film ini gagal menyamai rekor Toy Story dan Toy Story 2 yang memiliki rating bersih 100%. Sedangkan Toy Story 3 hanya mendapatkan rating bersih 99%.

Selain mendapatkan respon dari para kritikus yang sangat positif. Toy Story 3 juga memiliki rekor pendapatan yang jauh lebih besar dibandingkan dengan film Pixar  lainnya. Toy Story 3 berhasil memecahkan rekor film Finding Nemo yang kala itu menjadi film Pixar tersukses di Amerika dan dunia. Toy Story 3 juga mengalahkan film Shrek 2 yang memiliki kedudukan film animasi dengan keuntungan tertinggi sepanjang masa.

1. Frozen (2013)

frozen merupakan film animasi dengan pendapatan terbesar sepanjang masa

static1.squarespace.com

Frozen memiliki arti beku jika diartikan kedalam kalimat bahasa indonesia. Film animasi 3D ini diproduksi oleh Walt Disney Animation Studios dan kemudian dirilis oleh Walt Disney Picture pada tahun 2013. Film ini merupakan film animasi yang ke-53 dari Disney Animation Classic. Film ini dibuat bedasarkan dongen Ratu Salju yang dibuat oleh seorang penyair ternama yakni Hans Christian Andersen.  Idina Menzel, Jonathan Groff, Santino Fontana, Josh Gad, dan Kristina Bell menjadi pengisi suara (dubber) di dalam film ini.

Film Frozen menceritakan tentang kehidupan seorang putri pemberani yang berpetualang bersama-sama dengan manusia gunung untuk mencari kakaknya. Kakaknya adalah seorang putri yang telah merubah seluruh keadaan kerajaan menjadi musim salju abadi.

Demikian artikel mengenai Film Animasi Terbaik dengan Pendapatan Terbesar Di Dunia, moga-moga dengan adanya artikel dapat menambah wawasan anda, semoga bermanfaat.

Leave a Reply