Investasi Saham Syariah

Investasi saham syariah memang cukup menarik untuk disimak. Namun, sebelum itu anda harus mengetahui tentang saham terlebih dahulu. Salah satu surat berharga yang diperjual-belikan di pasar bursa efek adalah saham. Seperti halnya surat-surat berharga lainnya, saham juga memiliki sekuritas yang tinggi dan legal.

Setiap orang yang ikut serta di dalam pasar modal atau saham pasti menginginkan keuntungan yang berlipat ganda. Begitu juga halnya dengan investasi saham syariah. Sebelum anda memulai suatu investasi pada salah satu saham syariah, sebaiknya anda mengetahui beberapa hal penting yang berkaitan dengan saham.

Berikut kami akan mengulas tentang metode dan keunggulan saha syariah dibandingkan saham biasa.

Jika anda ingin memulai berinvestasi pada saham syariah, terlebih dahulu anda harus mempunyai rekening efek. Hal ini bertujuan untuk memudahkan anda bergabung dengan bursa efek indonesia. lalu, perusaan mana yang dapat dipercaya untuk berinvestasi dengan saham syariah?

Jawabannya cukup mudah, anda harus memilih perusahaan yang sekuritasnya terjamin. Hal ini ditandai dengan plat merah yang terdapat pada sertifikatnya. Ini menandakan bahwa perusahaan ini merupakan anak perusahaan yang dimiliki BUMN.

investasi-saham

Mengapa anda harus memilih anak perusahaan BUMN? Karena anda tidak akan dibebani dengan dorman account dan biaya bulanan. Akan tetapi, anda tetap wajib menyetor sejumlah nominal deposit yang berkisar antara Rp. 5.000.000 sampai dengan Rp. 50.000.000.

Anda bisa mengakses jual-beli saham melalui media internet. Berikut ini beberapa agen sekuritas yang menawarkan fasilitas tersebut; Supra Securinvest, Sarijaya Permana Sekuritas, Samuel Sekuritas Indonesia, Mandiri Indonesia, Danareksa Securities dan BNI Securities. Masing-masing sekuritas menawarkan service yang berbeda-beda, nominal deposit yang diwajibkan pun bervariasi.

Ada dua macam metode yang digunakan dalam investasi saham syariah, metode yang pertama adalah analisis fundamental. Sedangkan metode yang kedua adalah analisis teknikal. Keduanya memiliki karakteristik yang berbeda ditinjau dari subjeknya.

Analisis fundamental bertujuan untuk menganalisa dasar-dasar kebijakan yang digunakan pada suatu perusahaan. Sedangkan analisis teknikal bertujuan untuk menganalisa cara atau kinerja suatu perusahaan. Masing-masing metode memiliki keunggulannya masing-masing, pilihlah metode yang sesuai dengan saham yang akan anda beli. Jika anda mengimnginkan hasil yang maksimal, sebaiknya anda menggunakan kedua jenis metode analisis ini.

Itulah beberapa ulasan mengenai saham syariah yang berhasil kami himpun untuk anda. Pada dasarnya, Jika anda ingin sukses bermain saham anda harus berhati-hati dalam mengambil tindakan. Anda juga harus pandai-pandai memprediksi kondisi pasar.

Ketika kondisi pasar sedang stabil, anda boleh melakukan pembelian saham. Akan tetapi, jika kondisinya kurang stabil sebaiknya anda menunggu dulu sampai kondisi bursa efek stabil kembali. Membeli saham ketika kondisi tidak stabil akan menimbulkan resiko yang besar untuk keuangan anda.

Leave a Reply