5 Jenis Sepatu yang Biasa Dipakai oleh Kaum Pria

Sepatu tak hanya berfungsi sebagai pelindung dan alas kaki, akan tetapi benda ini juga memiliki fungsi lain. Salah satunya adalah agar penampilan kita lebih terlihat bergaya dan keren. Bagi masyarakat perkotaan, sepatu seringkali dibedakan bedasarkan kegiatan. Maka dari itu, wajar jika kini banyak sekali pilihan sepatu yang beredar di pasaran.

Sepatu ditemukan pada abad 7 dan 8 masehi. Seiring dengan perkembangannya, kini sepatu memiliki 70 variasi yang sudah tersebar di seluruh dunia. Dari sekian varian tersebut, berikut ini ada 5 jenis sepatu yang sering digunakan oleh kaum pria. Penasaran? Mari kita simak poin-poin berikut.

Sepatu Kulit Brogue (Leather Brogue)

http://www.thegentlemansjournal.com/

Sepatu ini berasal dari eropa, tepatnya di irlandia dan skotlandia. Pada awalnya, sepatu ini digunakan pada kondisi tanah yang memiliki tekstur basah dan berlumpur (rawa). Namun, Sepatu Kulit Brogue kini sudah menjadi salah satu sepatu pria yang paling sering digunakan.

Kata “brogue” berasal dari bahasa inggris yang diadopsi dari bahasa irlandia kuno “brog” atau bahasa Norwegia “brok” yang memiliki arti penutup kaki.

Yang menjadi cirikhas dan keunikan sepatu ini ialah fleksibilitas dan kegunaannya. Desain lubang pada bagian atasnya disebut sebagai “brogueing”. Bagian brogueing ini memberikan karakter yang berbeda sehingga sepatu ini lebih unik dari jenis sepatu pria lainnya.

Agar lebih mudah untuk mencocokkan brogue dengan koleksi pakaian anda, kami sarankan agar memilih Brogue berkulit tradisional yang berwarna coklat lengkap dengan sol karet atau bagian alasnya.

Pada hakikatnya, beragam warna yang ada pada Brogue ini akan sangat cocok dengan pakaian casual berwarna apa saja. Terutama warna baju biru donker atau abu-abu. Jika anda ingin berpenampilan yang tidak terlalu resmi, sepatu Brogue jenis Brown Wingtip sangat ideal untuk anda.

Sepatu Kulit Oxford (Leather Oxford)

http://www.barnetsshoes.co.uk/

Bagi anda yang hanya mengenal sepatu sepatu pantofel dan sepatu sneakers saja mungkin akan sedikit bingung untuk membedakan sepatu Oxford dan Derby. Walaupun terlihat sama seperti pantofel, namun yang membedakan Oxford dan Derby adalah bagian quarter (bagian lubang tali berada) dan eyelet.

Quarter pada Oxford tidak terpisah dengan Vamp, dua bagiannya merupakan satu kesatuan. Sedangkan Derby, quarter dan vamp-nya terpisah. Lalu Eyelet pada Oxford biasanya terdiri dari lubang saja, sedangkan Derby memiliki plat di dalam lubang kancingnya.

Sepatu Oxford muncul pertama kali di Irlandia dan Skotlandia. Disana, sepatu ini juga biasa disebut dengan sepatu Barmorals. Kemudian sepatu ini meraih popularitas di Universitas Oxford pada tahun 1800.

Bentuknya sangat sederhana dan permukaannya pun mulus. Sehingga sepatu Oxford ini bisa dipakai ketika acara klasik maupun resmi.

Sepatu Suede Loafer

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

Suede Loafer juga biasa dikenal dengan sebutan Slip-on atau Slipper. Pada awalnya, sepatu jenis ini didesain atas permintaan Raja George VI. Raja George meminta untuk dibuatkan sepatu rumah yang cocok untuknya. Lalu kemudian Raymond Lewis Wildsmith membuatnya. Setelah itu ia menamakan sepatunya dengan sebutan Wildsmith Loafer.

Lalu pada perkembangannya, sepatu ini meluas dan memiliki bermacam-macam variasi. Puncaknya, sepatu ini akhirnya meraih ketenaran di awal tahun 1960an. Kala itu musisi terkenal Miles Kane dan Pangeran Charles memakai sepatu ini.

Desain tanpa talinya membuat seoatu ini menjadi terlihat sangat elegan. Sama hal dengan sepatu Brogue, sepatu ini sangat cocok digunakan dengan gaya smart-casual.

Sepatu Kulit Low Top

https://d1bd4beklbp139.cloudfront.net

Sepatu sneaker, tak lepas dari kehidupan para pria. Jika dilihat dari penggunaannya, sepatu sneaker ini merupakan sepatu yang paling populer di kalangan mereka. Namun sayangnya, anda harus berhati-hati mencocokan warna sepatu dan baju anda. Jika tidak, maka akan timbul ketidak cocokan antara pakaian dan sepatu.

Sepatu ini sudah ada sejak tahun 1870. Pada awalnya, sepatu sneaker (atau yang biasa kita sebut sebagai sepatu all star) ini bernama ‘plimsoll’ hingga kemudian meluas ke kalangan olahragawan terutama atlit tenis dan croquet. Sepatu ini biasa mereka gunakan untuk mengisi hari-hari libur mereka.

Beberapa musim terakhir sepatu ini sempat naik daun akibat beberapa selebritis dunia yang turut mempopulerkan sepatu ini, baik itu dikeseharian mereka ataupun ketika mereka berapa pada karpet merah

Sepatu Boot Kulit Bertali

https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/

Sepatu jenis boot ini tidak hanya dimiliki para koboy dan para hiker saja. Karena sepatu boot kini diciptakan dengan berbagai variasi dan model sesuai dengan kebutuhannya. Ada sepatu boot safety, dan ada pula sepatu boot yang digunakan untuk menambah gaya dan kekerenan saja.

Sepatu boot ternyata sudah dipakai manusia sejak tahun 1000SM. Salah satu jenis boot yang terkenal adalah Ankle Boot. Sepatu Ankle Boot Adalaha sepatu boot yang menutupi hingga mata dan kaki. Sepatu ini terbuat dari kulit halus yang berasal dari tiongkok.

 

Leave a Reply