Kenalan Sama Bahan Kimia ah!

Hai pembaca! Apa yang sedang kalian lakukan hari ini? Hari ini saya sedang memperhatikan beberapa barang di rumah, dan…….. tara! Beberapa ide muncul di otak, memaksa saya untuk melakukan sesuatu. Okelah, kita akan bereksperimen hari ini! Ngomong-ngomong soal eksperimen, jangan bayangkan hal-hal rumit yang menyebalkan deh.

Hari ini kita akan bermain dengan beberapa percobaan kimia sederhana di rumah untuk menghasilkan sesuatu yang sederhana, tapi lucu. Bahan-bahannya pun sangat mudah didapat karena ada di sekitar kita kok! Banyak percobaan kimia yang dapat dilakukan dengan mudah di rumah, untuk merangsang pengetahuan terhadap hal-hal kecil yang mengelilingi kehidupan kita.

Tapi sayangnya, kita sering mengabaikan hal itu dan membiarkannya sambil lalu saja. Nah, kali ini kita akan mencoba melakukan dua hal deh. Apa itu?

Kalian pasti suka dengan gantungan kunci yang lucu, apalagi buatan sendiri kan? Eh, kali ini gak cuma buatan sendiri deh, tapi juga bisa sekalian membentuknya sesuka hati sesuai keinginan kita. Yang perlu kita siapkan simple aja kok. Cuma susu, cuka, dan saringan.

percobaan-kimia-sederhana

Hah? Membuat gantungan kunci dengan bahan makanan seperti ini? Yang benar saja? Beneran deh. Yuk ikuti langkah-langkahnya!

Pertama, larutkan dulu susu dan panaskan dengan suhu 50 derajat Celcius. Suhu 50 derajat Celcius membuat susu yang kita buat tetap panas namun tidak sampai mendidih. Selanjutnya, mari tuangkan cuka ke dalam larutan susu, dan aduk hingga merata.

Beres? Setelah itu, kalian tinggal menyaringnya dengan saringan dan mendapatkan ampasnya yang tersisa di saringan. Nah, inilah! Ampas inilah yang akan kita gunakan sebagai plastic yang bisa dibentuk untuk gantungan kunci.

Segera bentuk ampas tersebut sesuai keinginan kita. Kalian bisa membentuknya serupa bola yang lucu, kaos mungil yang menggemaskan, atau bintang. Setelah itu? Tunggu beberapa hari ya hingga gantungan kuncimu itu mengeras. Done! Then, kalian juga bisa memberikan sentuhan warna dengan cat sesuai warna kesukaanmu.

Lihat deh gantungan kuncimu sekarang? Cantik kan? Dan kamu banget, karena itu sesuai keinginanmu—bentuknya dan juga warnanya. Menyenangkan kan?

Yeiy! Percobaan pertama beres. Setelah itu, saya juga penasaran terhadap hal lain—bagaimana terjadinya karat ya? Karena beberapa barang di rumah saya juga berkarat, jadinya saya cari tahu tentang proses kimiawi terjadinya karat itu sendiri.

Kalau di percobaan pertama kita belajar membuat sesuatu yang unik dan mengesankan, percobaan kali ini justru acap kali menyebalkan buat kita karena bersifat merusak. Namun begitu, saya penasaran juga tentang cara membuat karat. Mau tahu gimana cara membuat karat? Gampang! Yuk, ikut saya!

Kalian hanya perlu menyiapkan beberapa bahan, yaitu cairan pemutih atau kaporit, cuka, sedikit serat baja, dan toples bening. Mari, mulai bereksperimen! Hal pertama yang harus kita lakukan adalah masukkan serat baja ke dalam toples bening yang telah kita siapkan.

Next, masukkan pula cairan pemutih sebanyak empat sendok, plus dua sendok cuka. Setelah itu, kalian bisa mulai mengaduk-aduknya—serat baja, cairan pemutih dan cuka. Lihat saja hasilnya! Oh ya, jangan lupa untuk selalu berhati-hati dalam melakukan eksperimen ya. Gunakan kacamata pengaman bila perlu.

Nah, kawan, sudah tahu kan tentang dua hal itu? Keren ya? Selamat mencoba-coba bersama proses kimia sederhana! Alat dan bahannya mudah ditemukan di sekitar kita kan?

 

Leave a Reply