Ciri-ciri, Manfaat dan Khasiat yang Dimiliki Bunga Mawar

Mawar merupakan salah satu jenis tanaman semak yang memiliki bentuk yang unik. Nama mawar sendiri diambil dari kata Rose atau Rosa sebagai tempat asalnya. Jenis bunga Mawar liar terdiri dari 100 spesies lebih, kebanyakan dari mereka tumbuh di belahan bumi bagian utara yang memiliki udara yang sejuk.

Pada umumnya, spesies mawar merupakan tanaman semak yang memiliki duri. Selain itu, tanaman ini juga termasuk dalam kategori tanaman memanjat yang tingginya bisa mencapai hingga 5 meter. Bahkan, tinggi tanaman mawar yang merambat di tanaman lain bisa mencapai 20 meter. Namun, mawar dengan jenis ini sangat jarang ditemui.

Ciri dan Bentuk Bunga Mawar

manfaat yang dimiliki bunga mawar

daunbuah.com

Sebagian besar spesies mawar memiliki panjang daun sekitar 5 sampai 15 centimeter dengan posisi dua-dua berlawanan. Daun majemuk yang dimiliki mawar terdiri dari paling sedikit 3 hingga 13 anak daun dan daun penumpu (stipula). Daun tersebut berbentuk lonjong, tepi tepi beringgit, pertulangan menyirip, berduri pada batang yang palin dekat dengan tanah dan meruncing pada ujung daun.

Sebenarnya, tanaman mawar bukanlah tanaman yang termasuk dalam kategori Tropis. Sebagian besar dari spesies ini merontokkan seluruh daunnya dan hanya beberapa spesies yang hidup Asia tenggara.

Bunganya terdiri dari lima buah helai daun mahkota. Kecuali jenis Mawar Serica yang hanya memiliki empat helai daun mahkota. Diantaranya yang memiliki lima buah helai daun mahkota ialah Mawar putih, kuning, merah muda dan biru pada berapa spesies. Selain itu, ovari tanaman terletak di bagian bawah daun kelopak dan daun mahkota.

Manfaat Bunga Mawar

jerryderiskanamanya.files.wordpress.com

jerryderiskanamanya.files.wordpress.com

Mawar merupakan tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang tinggi. Selain itu, bunga mawar juga banyak diminati oleh berbagai konsumen. Dengan adanya kebutuhan ini, maka muncullah pengusaha-pengusaha besar yang membudidayakan tanaman ini secara komersial.

Mawar memang memiliki kedudukan yang sangat penting sebagai bunga potong (bunga yang biasa kita beli potongan/satu tangkai) dan juga sebagai bahan baku minyak bunga yang di gunakan oleh sebagian besar industri parfum.

Selain manfaat diatas mawar juga memiliki berbagai manfaat seperti:

Menghilangkan Jerawat pada Wajah

lifetime-reliability.com

lifetime-reliability.com

Cairan yang pada pada bunga mawar mengandung bahan pembersih alami yang kaya akan antioksidan. Zat inilah yang mampu menghuoangkan bakteri penyebab jerawat. Jika anda ingin menghilangkan jerawat menggunakan bunga mawar, caranya sangat mudah.

Cukup cuci wajah anda menggunakan air mawar yang sudah di campur dengan air hangat. Terapkan langkah ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk Perawatan Kulit

skinmatters.net.au

skinmatters.net.au

Jaga keseimbangan pH kulit anda dengan cairan yang dimiliki oleh bunga mawar. Air mawar terbukti bisa menyeimbangkan produksi sabun yang ada pada kulit. Air ini bisa digunakan untu kulit yang berminyak ataupung kulit kering. Selain itu, air mawar juga dapat menyembuhkan berbagai penyakit kulit seperti eksim.

Menjaga Kesehatan Rambut

gooseberrysalon.com

gooseberrysalon.com

Penyejuk alami yang ada pada bunga mawar dapat melembapkan lapisan penting pada rambut. Caranya sangat mudah, campurkan beberapa tetes ari mawar dengan shampoo lalu gunakan campuran tersebut untuk keramas.

Anda juga bisa menggunakan air mawar tersebut setelah keramas, oleskan pada bagian rambut yang masih basah, lalu pijat lembut untuk membantu proses pertumbuhan pada rambut Anda.

Untuk Kesehatan Mata

lifetime-reliability.com

lifetime-reliability.com

Jika kamu memiliki masalah dengan mata lelah dan kantung gelap yang berada di bawah mata, jangan khawatir, karena semua itu bisa diatasi dengan air mawar. Air mawar juga bisa digunakan untuk mengatasip gejala mata merah dan meradang.

Teteskan 2-3 tetes air tersebut pada mata, setelah itu diamkan beberapa menit untuk proses membersihkan mata. Terapkan langkah secara rutin untuk menghindari infeksi pada mata.

Leave a Reply