Ternyata Coklat Punya banyak Manfaat, ini dia 7 Manfaat Coklat bagi Kesehatan

Banyak yang beranggapan bahwa coklat banyak memiliki sisi negitif dibandingkan dengan sisi positifnya. Namun, ternyata justru coklat mempunyai banyak manfaat yang terkandung didalamnya. Tak hanya lezat, coklat juga mengandung zat-zat yang bermanfaat bagi tubuh baik secara fisik maupun mental. Mulai dari jantung, anti oksidan, menghilankan stress, bahkan bisa mengurangi berat badan. Penasaran? Yuk kita simak artikel berikut ini 🙂

Coklat dapat mecegah kanker

 

obatkankerserviksampuh. com

obatkankerserviksampuh. com

Coklat dapat mencegah kanker layaknya anggur merah, bawang putih, teh dan Blueberry. Namun, bagaimana kinerja coklat dalam mencegah kanker. Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa coklat dapat memperlambat pembelahan sel kanker dan mencegah peradangan. So, bagi kalian yang menderita penyakit radang. Perbanyaklah makan coklat.

Coklat dapat mengurangi resiko serangan jantung

 

1.bp.blogspot.com

1.bp.blogspot.com

Sebuah penelitian mencatat bahwa memakan coklat secara rutin akan mengurangi resiko terkena penyakit serangan jantung dan stroke hingga 39%. Hal ini terjadi karena pembekuan trombosit menjadi lebih lambat. Sehingga orang yang memakan coklat secara rutin akan terhindar dari serangan jantung. Ketika trombosit mengalami pembekuan, maka akan terbentuk blok-blok bekuan pada pembuluh darah yang dikemudian hari akan menyebabkan serangan jantung.

Dapat menurunkan tekanan darah

 

2.bp.blogspot.com

2.bp.blogspot.com

Coklat mengandung senyawa didalamnya yang berfunsi untuk memberikan efek rileks pada syaraf-syaraf yang tegang. Dengan memakan coklat, perasaan kita akan menjadi lebih tenang. Maka dari itu, memakan coklat dalam jumlah tertentu dapat mengurangi tekanan darah seseorang.

Penelitian mencatat bahwa memakan coklat hitam secara teratur terbukti meurunkan kolesterol LDL sebanyak  10 persen.

Memperlambat penuaan

 

tipkecantikan.com

tipkecantikan.com

Coklat juga mengandung zat yang mampu menghambat proses penuaan dan akan menjadikan kita panjang umur. Menkonsumsi coklat secara rutin dapat mengurangi kerutan-kerutan pada kulit dan melindunginya dari sinar matahari. Penelitian membuktikan bahwa pria yang mengkonsumsi coklat secara teratur akan mengurangi tingkat penyakit dibandingkan dengan pria yang jarang memakan coklat atau tidak pernah sekalipun.

Dapat menurunkan berat badan

 

Berbeda dengan makanan lainnya, mengkonsumsi coklat menjadi ketakutan tersendiri bagi orang yang ingin menjalankan program diet. Padahal justru sebaliknya, memakan coklat memberikan perasaan lebih kenyang dari pada memakan makanan lain seperti halnya ketika kita memakan buah apel dan jambu biji. Coklat hanya mengandung lemak nabati yang tidak menambah kadar lemak jahat pada tubuh kita. Sehingga apabila kita memakan coklat dalam jumlah yang banyak tidak akan menambah berat badan. Dengan catatatn coklat yang kita konsumsi tidak mengandung gula atau pemanis buatan.

Dapat mencegah kerusakan pada gigi

 

klinikjoydental.com

klinikjoydental.com

Hal yang salah apabila kita menganggap bahwa memakan coklat dapat menimbulkan kerusakan gigi. Yang membuat kerusakan gigi adalah gula yang terdapat pada makanan coklat. Tidak masalah jika kita memakan coklat dalam jumlah yang banyak bila kita rajin mengosok gigi. Hasil penelitian mencatat bahwa coklat mengandung zat theobromine yang bisa mencegah kerusakan pada gigi. Zat ini juga menghilankan bakteri streptokokus mutans yang merusak gigi dan rongga mulut. Jadi, pada hakikatnya coklat bagus untuk kesehatan gigi.

 

Demikian 7 manfaat coklat untuk kesehatan, moga-moga bermanfaat 🙂

Leave a Reply