Manfaat Minyak Kemiri untuk Kesehatan Rambut

Kemiri (Aleurites moluccana) termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Tak banyak orang yang tahu bahwasannya kemiri masih satu kerabat dengan tanaman singkong. Mungkin, semua itu terjadi karena hanya sebagian orang yang pernah melihat pohon kemiri.

Kemiri mengandung falvonida, polifenol, dan saponin. Selain itu, buah kemiri juga mengandung zat gizi mikro seperti lemak, protein dan karbohidrat. Kandungan mineral yang ada seperti fosfor, magnesium, kalium, dan kalsium membuat buah kemiri semakin dibutuhkan oleh perkembangan tubuh.

Selain itu kandungan lain yang ada dalam buah kemiri ialah vitamin B1, vitamin A, fitosterol, serta folat yang bisa menghambat terjadinya pembentukan kolesterol. Protein yang berupa asam amino sangat berguna untuk pertumbuhan dan membentuk antibodi.

Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

minyak-kemiri.com

minyak-kemiri.com

Selain bermanfaat untuk kesehatan, kemiri juga ternyata memiliki terhadap kecantikan, terutama kecantikan yang berhubungan dengan rambut. Sejak zaman dahulu, para leluhur kita sudah menggunakan buah kemiri sebagai salah satu obat alternatif bagi kesehatan rambut. Ada banyak cara yang bisa lakukan untuk mengambil minyak dari biji buah kemiri.

Anda bisa merebus biji buah kemiri tersebut atau anda bisa menyangrai-nya (goreng tanpa minyak). Jika tidak mau repot, anda bisa membeli satu botol minyak kemiri yang dijual di pasaran. Akan tetapi, Anda harus tetap pandai-pandai memilih minyak kemiri kemasan tersebut. Karena, banyak sekali produsen minyak kemiri kemasan yang mencampur minyak tersebut dengan bahan-bahan lain. Jadi, anda harus tetap berhati-hati.

Menyuburkan Rambut

2.bp.blogspot.com

2.bp.blogspot.com

Untuk manfaat yang satu ini memang tidak dapat dibantah lagi. Kemiri merupakan salah satu obat alternatif kesehatan rambut yang dipercaya secara turun temurun.

Caranya, ambilah minyak kemiri secukupnya. Lalu, oleskan minyak tersebut secara merata pada rambut dan kulit kepala. Lakukan pijatan lembut dan biarkan hingga semalaman. Keesokan harinya, bilas rambut anda menggunakan shampo. Jangan lupa untuk menggunakan kondisioner pada ujung rambut. Lakukan cara ini secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Mengatasi Rambut Rontok

vitaldays.com

vitaldays.com

Punya masalah dengan rambut rontok? Gunakanlah minyak kemiri untuk mengatasinya. Kandungan protein dan mineral yang ada di dalamnya, mampu menguatkan rambut anda mulai dari akar hingga ujungnya. Untuk lebih jelasnya anda juga bisa melakukan cara yang satu ini.

Menumbuhkan Rambut

gooseberrysalon.com

gooseberrysalon.com

Jika anda memiliki masalah pada kebotakan. Maka minyak kemiri merupakan solusinya. Minyak ini dapat membantu anda dalam mengatasi kebotakan karena ia mampu merangsang pertumbuhan rambut. Pemakaian minyak kemiri secara rutin dapat mengurangi kerontokan dan menumbuhkan kembali rambut yang telah rontok. Bahkan, rambut yang dihasilkan akan lebih sehat dan kuat dari sebelumnya.

Artikel Terkait : Cara Mengatasi Kebotakan

Menghitamkan Rambut

theskinnybeep.com

theskinnybeep.com

Rambut sehat dan hitam berkilau merupakan dambaan hampir dari setiap orang. Namun, tidak semua orang bisa mendapatkannya. Jika anda belum termasuk sebagai orang yang beruntung, jangan terlalu pesimis. Karena Minyak kemiri terbukti dapat membuat rambut yang kusam menjadi lebih berkilau. Hanya saja anda harus lebih sabar dan rajin.

Menghilangkan Ketombe

i.ytimg.com

i.ytimg.com

Satu lagi masalah yang dapat mengganggu pertumbuhan rambut anda adalah ketombe. Namun, ternyata ketombe tersebut dapat teratasi dengan adanya minyak kemiri. Caranya cukup mudah, anda hanya perlu mengoleskan minyak tersebut pada kulit kepala secara merata. Setelah itu pijat-pijat kulit kepala anda secara lembut. Dengan demikian, minyak kemiri yang ada dapat membantu proses pembersihan kulit kepala dari kotoran yang menjadi biang keladi munculnya ketombe.

Cara Membuat Minyak Kemiri

aws-dist.brta.in

aws-dist.brta.in

Jika Anda ragu dengan kualitas minyak kemiri yang ada dalam kemasan, lebih baik anda membuatnya sendiri di rumah. Caranya pun mudah dan tidak begitu sulit.

Untuk lebih jelasnya perhatikan langkah berikut:

  • Tumbuk biji kemiri hingga hancur.
  • Setelah itu, rebus kemiri dengan air hingga kemiri mengeluarkan minyak.
  • Ambil minyak kemiri yang mengambang di atas air.
  • Lalu, Saring minyak yang ada hingga jernih.
  • Terakhir, simpanlah minyak tersebut ke dalam botol. Gunakan minyak kemiri tiga kali dalam seminggu secara rutin.

Nah, itu tadi artikel tentang manfaat kemiri untuk kesehatan rambut. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply