Mau Cepat Memiliki NPWP? Perhatikan Cara Bikin NPWP berikut ini

Jika Anda adalah warga negara Indonesia yang sudah berkemampuan untuk memiliki NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), maka bersegeralah untuk membuatnya. Bukan tanpa alasan, ini merupakan salah satu cara Anda untuk menjadi warga negara yang baik. Selain itu, banyak manfaat yang akan Anda dapatkan ketika memiliki NPWP.

Sebagai contoh, Anda tidak akan dikenakan tarif pajak yang lebih tinggi dibandingkan ketika Anda tidak memiliki NPWP.Anda juga lebih berpeluanguntuk mengajukan pinjaman kredit, dan banyak lagi keuntungannya. Maka dari itu, jika saat iniAnda memiliki rencana untuk membuat NPWP, dan ingin cepat memilikinya, maka perhatikan cara bikin NPWP berikut ini:

Pahami Jenis NPWP yang Dibutuhkan

Langkah pertama yang harus Anda ambil adalah tentukan terlebih dahulu jenis NPWP yang dibutuhkan. Secara umum, ada tiga jenis NPWP yang bisa menjadi pilihan Anda, yaitu NPWP untuk karyawan, NPWP untuk wiraswasta, NPWP untuk yang telah menikah. Dengan begitu, ini akan mempercepat langkah Anda untuk memiliki NPWP.

Pahami Persyaratan

Langkah kedua yang harus kamu lakukan adalah mencari, memahami, dan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, sesuai dengan jenis NPWP yang Anda inginkan. Sebagai contoh, jika Anda memilih untuk membuat NPWP untuk wiraswasta, maka pahami persyaratan yang diminta. Semakin lengkap persyaratan yang anda penuhi, semakin cepat pula NPWP datang kepada Anda.

Pilih Jalur Pendaftaran

Langkah ketiga untukcara bikin NPWP adalah dengan memilih jalur pendaftaran NPWP. Ada dua jalur alternatif yang bisa Anda pilih. Pertama, pendaftaran secara online, dan kedua, pendaftaransecara langsung ke KPP (Kantor Pelayanan Pajak. Ini tergantung preferenceAnda masing-masing.Anda sendirilah yang punya hak untuk memilih.

Namun sebagai anjuran untuk cepat memiliki NPWP, sebaiknya Anda memilih jalur pendaftaran secara langsung ke KPP. Bukan tanpa alasan, sebab meskipun pendaftaran secara online lebih terlihat praktis, namun hal ini masih tergendala regulasi,dan akan memakan banyak waktu.

Pahami Prosedur

Jika Anda sudah memahami tiga cara bikin NPWP yang telah dibahas sebelumnya, maka langkah terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan adalah memahami prosedur pendafataran. Sebagai contoh, jika Anda memilih pendaftaran secara online, maka prosedurnya adalah sebagai berikut:

  1. Melengkapi dokumen (seperti fotokopi KTP, formulir pendaftararan NPWP).
  2. Setelah itu, Anda bisa memuat dokumen tersebut melalui E-Registration.
  3. Kemudian, tunggu penerbitan Bukti Penerimaan Surat (BPS) dari KPP.
  4. Barulah setelah itu Anda akan menerima NPWP dan SKT (Surat Keterangan Terdaftar) yang dikirim oleh pihak Pajak melalui jasa Pos Tercatat ke alamat yang Anda daftarkan.

Begitu juga ketika Anda memilih jalur pendaftaran langsung ke KPP, maka pahami juga prosedurnya, agarkeinginan Anda untukcepat memiliki NPWP bisa segera terealisasi.

 

 

Leave a Reply