Asal-usul dan Pengertian Bayi Tabung

Pengertian Bayi Tabung – Apa yang terbesit dipikiran kita ketika mendengar istilah bayi tabung? Bayi yang direndam di tabung? Sebenarnya istilah bayi tabung ini sudah dikenal lama sejak dahulu. Bahkan, bayi tabung mulai populer di inggris sejak tahun 1978. Kala itu, bayi yang pertama kali berhasil dilahirkan adalah louise brown.

Lalu apa  Pengertian Bayi Tabung itu sendiri? Maksud dari bayi tabung ialah bayi yang dilahirkan tanpa proses hubungan intim antara laki-laki dan perempuan. Proses pembuahannya (perkembangan bayi 10 bulan) pun terjadi diluar rahim sehingga pembentuka embrio tidak terjadi secara ilmiah melaikan dengan cara bantuan kedokteran.

Pada umumnya, pembentukan embrio terjadi karena adanya hubungan inti antara laki-laki dan perempuan. Lalu disana terjadi pertemuan antara sel sperma dan sel telur di dalam rahim sang wanita. Setelah itu, baru kemudian wanita tersebut bisa dikatakan hamil karena sudah mengandung embrio didalam rahimnya.

Sejarah bayi tabung

Pengertian Bayi Tabung

craighillnet.files.wordpress.com

Berbeda dengan proses pembuahan biasa, cara kerja bayi tabung ini adalah membentuk sel embrio tanpa melalui proses hubungan intim antara laki-laki dan perempuan. Sehingga seorang wanita dapat mengalami kehamilan tanpa melalui proses hubungan intim. Itulah Pengertian Bayi Tabung secara umum. Hal ini sangat memungkinkan karena teknologi kesehatan dunia sudah memiliki kemajuan yang pesat.

Pada awalnya, banyak pasangan Suami-Istri yang mempunyai gangguan kesuburan sehingga susah untuk mempunyai keturunan. Sehingga munculah metode bayi tabung dengan tujuan mengatasi masalah para Suami-Istri tersebut. Sebelum program ini ditemukan, proses inseminasi buatan yang menjadi obat dari masalah kesuburan.

Proses inseminasi sendiri dilakukan dengan cara menyemprotkan sel sperma laki-laki kedalam rahim dengan cara menyuntikannya menggunakan alat suntik. Dengan harapan sel perma dapat bertemu dengan sel tekur. Namun, sayangnya tingkat keberhasilan dari proses ini sangatlah minim. Hanya 15% dari keseluruhan praktek inseminasi yang berhasil.

Kesuksesan Program Bayi tabung perdana yang dilakukan secara konvensional oleh IVF, membuat Inggris disebut-sebut debagai negara pencetus sejarah munculnya proses bayi tabung. Kala itu, dokter-dokter inggris telah berhasil melahirkan louise Brown melalui proses bayi tabung.

Kelahiran Louise Brown ternyata menarik banyak peminat dari berbagai negara-negara lainnya. Di indonesia sendiri, bayi tabung pertama kali dipraktekan oleh RSAB Harapan Kita-Jakarta pada tahun 1987.

Program Bayi tabung tersebut berhasil melahirkan bayi  bernama Nugroho Karyanto, Nugroho dinobatkan anak indonesia pertama yang lahir melalui proses Bayi tabung. Hingga sekarang, tercatat kurang lebih 300 anak yang telah dilahirkan melalui proses Bayi tabung di Indonesia.

Artikel Tekait : Pengertian Kesehatan Menurut Berbagai Sumber

Proses bayi tabung

Pengertian Bayi Tabung

bournhall-clinic.in

Untuk melakukan proses bayi tabung, maka hal yang pertama kali harus dilakukan adalah mengambil sperma sang suami. Lalu, sperma tersebut di tes apakah mengandung benih yang baik atau tidak. Setelah proses itu selesai, maka dilanjut dengan sang perempuan. Dokter akan berusaha untuk mengambil sel ovum perempuan disaat sang perempuan tersebut mengalami masa ovulasi.

Jika dokter sudah berhasil menemukansel terlu yang matang, maka sel telur itu dihisap dengan alat sejenis jarum suntik melalui sayatan pada perut. Kemudian sel telur itu ditaruh didalam tabung kimia. Tabung yang berisi sel telur ini kemudian dibawa  kedalam ruangan laboratorium. Laboratorium ini memmpunyai susuh yang sama dengan panas badan seorang wanita. Hal ini bertujuan agar sel telur tetap hidup.

  1. Pengertian Bayi Tabung di dalam (Di kandung istri sendiri).

Tahap selanjutnya dalam proses Bayi tabung adalah menetesi sel sperma yang diambil dari sang suami.  Setelah 24 jam, akan dilihat apakah sel sperma memasuki sel telur atau tidak. Jika sel sperma berhasil memasuki sel telur, ini berarti proses berjalan dengan baik.

Selanjutnya penggabungan tersebut akan membuahkan embrio, embrio yang berumur 48 jam akan dimasukan kedalam rahim sang istri. Kemudian sang istri akan mengandung dan hamil, hingga akhirnya pasangan yang bersangkutan mendapatkan keturunan.

Secara kesuluruhan proses ini dibagi menjadi  3 tahap yaitu :

  • Pengambilan sel telur
  • Penempatan dan penggabungan sel telur dengan sel sperma didalam tabung
  • Penempatan embrio kedalam rahim sang istri.

Proses ini dinamakan sebagai proses “Bayi Tabung di dalam”, karena hasil embrio dimasukan ke dalam rahim.

  1. Pengertian Bayi Tabung Tumpangan (Di kandung oleh orang lain).

Cara ini dilakukan jika sang istri sudah tidak mampu menghidupi embrio didalam Rahimnya (tidak memungkinkan untuk melahirkan) meskipun sang istri tidak mandul. Dalm hal ini pasangan tersebut bisa menumpangkan embrionya ke dalam rahim wanita lain. Karena embrionya di kandung oleh orang lain, maka proses ini dosebut bayi tabung tumpangan.

Bila dilihat prosesnya tidak berbeda jauh dengan Bayi tabung dalam, hanya saja rahimnya yang berbeda. Tahap-tahapnya yaitu :

  • Pengambilan sel telur dari sang istri
  • Penempatan dan penggabungan sel telur dengan sel sperma didalam tabung
  • Penempatan embrio kedalam rahim orang lain.

Ketua umum Ikatan Dokter Indonesia, Dr. Abdullah cholil M.Ph mengatakan bahwa dengan adanya proses bayi tabung tumpangan, maka akan timbul adanya ibu-ibu komersial. Ibu-ibu ini menyediakan rahimnya bagi siapa saja yang ingin mempunyai keturunan dengan cara proses bayi tabung. Lalu ibu-ibu komersial ini akan mendapat imbalan sebagai gantinya.

Demikian artikel mengenai Pengertian Bayi Tabung, mudah-mudahan dengan adanya artikel ini dapat menigkatkan wawasan anda. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply