Pengertian Musikalisasi Puisi Beserta Cara Membuatnya

Puisi merupakan bentuk sastra yang sangat memperhatikan pemiihan kata dan perpaduan intonasi. Karya puisi jika dbacakan dengan indah (penuh penghayatan) tentunya akan menghasilkan karya seni terbaik dan menarik.

Lalu apa sebenarnya pengertian dari musikalisasi puisi itu sendiri? mari kita ulas satu-persatu.

Pengertian Musikalisasi Puisi

pengertian musikalisasi puisi

http://www.weekendnotes.com/

Musikalisasi puisi adalah kegiatan pembacaan puisi yang dilengkapi dengan irama, musik yang sesuai dengan kandungan dan isi puisi. Tujuan dari musikalisasi puisi itu sendiri adalah agar pembacaan puisi menjadi lebih ekspresif dan menarik.

Musikalisasi puisi juga dapat membantu proses pembangunan suasana imajinasi kita dalam mengapresiasi karya puisi. Berikut cara membuatnya.

Cara Membuat Musikalisasi Puisi

cara membuat musikalisasi puisi

https://worthybooksandthings.files.wordpress.com/

Ada beberapa langkah yang harus anda lakukan dalam membuat karya Musikalisasi Puisi, diantaranya:

  1. Menikmati (melihat contoh) Musikalisasi Puisi
  2. Memilih Puisi
  3. Memahami
  4. Menentukan Irama
  5. Menampilkan Musikalisasi Puisi
  6. Menikmati Musikalisasi Puisi

Pernahkah anda mendengarkan lagu yang dibawakan oleh Bimbo atau Ebiet G. Ade? Lirik lagu mereka terdengar sangat puitis. Lirik lagu tersebut pada dasarnya merupakan puisi yang dimusikalisasi atau disajikan ke dalam bentuk lagu (memiliki irama)

Bahkan, lirik yang ada pada lagu-lagu bimbo merupakan puisi yang ditulis oleh Taufik Ismail, salah satu legenda penyair indonesia.

Coba dengar, dan ikutlah bernyanyi. Dengan demikian, anda akan bisa merasakan keindahan perpaduan antara puisi Taufik Ismail dengan aransemen yang Bimbo buat.

Setelah itu, kemukakanlah pendapatmu mengenai syair dan irama lagu tersebut. Apakah iramanya sudah pas atau sesuai dengan isi puisi yang ada? Jelaskan juga tentang bagaimana perasaan anda ketika anda mendengarkannya. Kemukakan semuanya agar anda bisa mengira-ngira puisi seperti apa yang akan anda buat nanti.

Anda juga bisa mencoba untuk menyanyikan puisi tadi dengan diiringi oleh bermacam-macam alat musik seperti piano, gitar atau mungkin gamelan.

Memilih Puisi

Pada hakikatnya, semua puisi yang ada bisa anda coba untuk di musikalisasian. Akan tetapi, alangkah baiknya jika anda memilih puisi-puisi yang lebih sederhana. Selain mudah diucapkan, puisi sederhana ini juga bisa membantu anda dalam proses penghayatan nanti.

Diskusikan pemilihan puisi ini bersama teman anda, memilih puisi bukanlah hal yang mudah. anda harus mengetahui apa makna dan kandungan yang ada pada puisi tersebut.

Lihat Juga : Pengertian Unsur Intrinsik dan Ekstrinsik Cerpen

Memahami Isi Puisi

Setelah menentukan puisi untuk di musikalisasi, hal yang harus anda lakukan adalah memahami isi dan kandungan yang ada pada puisi. Tujuanya adalah agar kita bisa menentukan irama dan nada yang tepat untuk puisi tersebut.

Berikut adalah pertanyaan mendasar untuk mengetahui isi dari sebuah puisi:

Apa tema dari puisi tersebut?

  1. Suasana yang bagaimanakah untuk menjiwai puisi tersebut?
  2. Hal apakah yang ingin dikemukakan oleh sang pengarang lewat karya puisi tersebut?
  3. Adakah bunyi huruf vokal dan konsonan yang mendominasi puisi tersebut?
  4. Kata-kata apa saja di dalam puisi tersebut yang menurut anda sulit dipahami?

Menentukan Irama

bimbo musikalisasi puisi

http://images.widih.org/

Jangan lupa untuk menentukan nada. Nada yang dipakai akan sangat penting. Sesuaikan nada dengan tema dan isi yang ada pada puisi. Dengan demikian, otomatis akan tercipta suasana puisi yang harmonis.

Anda juga bisa memanfaatkan berbagai macam alat musik seperti harmonika, seruling dan gitar. Atau tidak, anda bisa mengiringi latar backsoundnya dengan musik acapella. Suasana akan menjadi lebih seru.

Menampilkan Musikalisasi Puisi

Setelah semuanya siap, anda harus bersiap-siap untuk menampilkannya. Ada beberapa hal yang harus dicatat dalam menampilkan Musikalisasi puisi. Diantara yang paling penting adalah kejelasan vokal dan penghayatan.

Anda harus tetap mengutamakan isi dan larik-larik puisi. Musik pengiring yang ada sekali lagi harus sesuai dengan tema yang ada. Dengan demikian penampilan anda akan berhasil.

2 Comments

  1. Nasirullah Sitam Januari 20, 2016
  2. evrinasp Januari 21, 2016

Leave a Reply