Apa sih? Pengertian Efek Rumah Kaca itu?

Pengertian Efek Rumah Kaca – Seringkali kita mendengar istilah “Efek Rumah Kaca”, namun apa sih sebenarnya Efek rumah kaca itu? Banyak orang yang salah menafsirkan tentang Pengertian Efek Rumah Kaca. Maksud dari efek rumah kaca yang sebenarnya bukanlah efek yang ditimbulkan oleh rumah kaca. Betul memang, namun yang kita bahas disini adalah pengertian efek rumah Kaca yang merugikan bumi.

Pengertian efek rumah kaca ialah proses dimana terjadinya pemanasan di permukaan planet atau benda langit, yang ditimbulkan oleh keadaan dan komposisi atmosfer  yang melemah. Sinar matahari yang masuk akan dipantulkan kembali oleh tanah dan dikeluarkan melalui atmosfer. Namun jika bumi diibaratkan sebagai rumah kaca, sinar yang harusnya keluar melalui atmosfer tadi tidak keluar bagaimana semestinya. Sehingga bukannya keluar, namun sinar itu akan dipantulkan kembali ke permukaan bumi. Begitulah mengapa proses ini disebut sebagai proses Efek rumah kaca.

Istilah efek rumah kaca sudah ada sejak tahum 1824. Seorang fisikawan perancis bernama Jean Baptise Joseph Fouirer yang menemukan teori efek rumah kaca ini.

Menurut H.j Mukono efek rumah kaca juga bisa disebut sebagai Greenhouse Effect. Greenhouse Effect ini sangat berpengaruh dikarenakan vitalnya kedudukan energi sinar matahari dibumi. Para pakar klimatolog telah memperkirakan bahwa suhu atmosfer setiap tahunnya naik rata-rata sebesar 0,5 celcius dari seratus tahun yang lalu. Pendapat itu juga didukung dengan adanya pengamatan 30 tahun terakhir. Dalam pengamatan itu tercatat bahwa setiap tahunnya dunia mengalami kenaikan suhu rata-ratanya sebesar 2 serajat celsius.

Artikel Terkait : Pengertian Kesehatan Menurut Berbagai Sumber

Fakta Mengenai Efek Rumah Kaca

pengertian Efek Rumah Kaca

fisikazone.com

Dibelahan bagian bumi lainnya, ada daerah yang mengalami kenaikan suhu sebesar 4 hingga 5 derajat celcius pertahun. Kota Bandung misalnya, kota yang berada didaerah pegunungan ini tercatat setiap tahunnya mengalami kenaikan suhu sebesar 4 derajat celcius. Semua itu akan terus bertambah jika tidak ada usah pencegahan yang berarti. Bayangkan saja jika suatu kota mengalami kenaikan suhu 5 derajat celcius pertahun, maka 20 tahun kedepan kota itu akan mencapai 100 derajat celcius atau setara dengan titik didih pada air ! ini menandakan gawat daruratnya kondisi yang berada di bumi.

Bumi dilapisi oleh lapisan gas yang terbentuk menjadi partikel-partikel layang di atmosfer. Hal ini menjadikan bumi tampak berwarna kebiruan dan berkilau bila dilihat dari luar bumi. Lapisan ini berguna untuk menyaring atau memfillter sinar cahaya yang masuk kebumi.  Efek rumah kaca yang terjadi disebabkan oleh zat-zat yang merusak lapisan atmosfer yang bertugas sebagai filter bumi. Sehingga cahaya panasnya akan terkepung didalam bumi dan menyebabkan suhu di bumi meningkat. Salah satu problem yang disalahkan adalah penggunaan zat karbon dioksida yang terlalu banyak.

Bumi kita adalah salah satu dari beberapa planet yang berthawaf mengelilingi matahari. Dengan begitu, bumi dapat menyerap sangat banyak energi seperti sinar yang menghangatkan dan gravitasi matahari yang membuat planet kita tetap konsisten dalam mengelilingi matahari.

Tak seperti planet lainnya, atmsofer bumi dapat menunjang kelangsungan hidup didalamnya. Kedudukan atmosfer di bumi menjadi sangat penting. Karena dengan adanya atmosfer, kita bisa hidup memanfaatkan sinar matahari tanpa takut akan adanya sinar jahat yang pancarkan. Karena semua sinar jahat yang dipancarkan akan disaring oleh atmosfer.

Artikel Terkait : Susah Tidur? Cek Disini Untuk Solusinya 

Gas penyebab terjadinya Efek rumah kaca

pengertian Efek Rumah Kaca

thumbs.dreamstime.com

Efek rumah kaca terjadi karena banyaknya gas jahat yang merusak atmosfer itu sendiri. Namun gas apa sajakah itu? disini akan kami sedikit terangkan sebagian dari puluhan gas yang menggangu jalan aktifitas atmosfer. Gas-gas dibawah ini adalah penyumbang kerusakan terbesar dibanding dengan gas lainnya.

Karbon dioksida.

Karbon dioksida (CO2) adalah salah satu gas penyumbang kerusakan terbesar pada atmosfer. Senyawa kimi ini biasanya ditimbulka oleh pembakaran-pembakaran minyka, batu bara ataupun bahan organik lainnya. Jika proses pembakaran tersebut dilakukan secara besar-besaran, maka hal ini membuat para tumbuhan yang menyerap karbon dioksida tak mampu lagi menahannya. Apalagi banyak sekarang penebangan-penebangan pohon yang mengatas namakan pembangunan. Membuat dunia ini semkain terancam.

Metana.

Hidrokarbon Metana, gas ini ditimbulkan oleh adanya produksi serta transportasi batu bara, minyak maupun gas bumi. Metana yang merupakan komponen utama gas alam juga termasuk kategori gas penyumbang kerusakan terbesar pada atmosfer.

Nitrogen.

Nama gas ini cukup populer ditelinga masyarakat. Gas ini ditimbulak dari pembakaran lahan pertanian dan juga pembakaran bahan bakar fosil. Gas Nitrogen oksida adalah hasil dari reaksi antara oksigen dan nitrogen. Reaksi ini biasanya terjadi disaat pembakaran, seringkali gas ini juga berasal dari kepadatan lau lintas yang tinggi.

Gas lain.

Selain karbondioksida, Metana dan Nitrogen dioksida ada pula beberapa gas lain seperti Belerang dioksida dan klorofluorokarbon (CFC)  yang masuk dalam kategori gas penyumbang kerusakan terbesar pada atmosfer.

Cara mencegah Efek rumah kaca

pengertian Efek Rumah Kaca

hunterrowe.com

Salah satu cara yang paling mujarab dalam mengurangi efek rumah kaca ialah dengan cara memelihara pepohonan serta melakukan budidaya pohon. Selain akarnya yang dapat menjegah banjir, pohon mempunyai sangat banyak manfaat seperti menyerap karbon dioksida dalam waktu yang lebih cepat dan dalam jumlah yang lebih banyak.

Mengehemat bahan bakar fosil juga sangat mempengaruhi, seperti memakai sepeda sebagai pengganti motor. Atau memilihi mototr yang mempunyai desain yang irit bahan bakar. Dan juga mengganti bahan bakara fosil tadi dengan penemuan-penemuan bahan bakar baru seperti turbin listrik

Itu dia Pengertian Efek Rumah Kaca dan berbagai cara untuk menanggulanginya. Setelah membaca ini, ayo kita lestarikan budaya menanam dan jangan lupa untuk menjaga semua pohon yang ada. Jika kalian ingin menyelamatkan dunia ini, bantu share dan beri tahu semua teman dan keluarga anda. Semoga bermanfaat.

One Response

  1. nena Juni 9, 2016

Leave a Reply