Pengertian, Gejala dan Upaya Pencegahan Penyakit Alzheimer

Penyakit Alzheimer merupakan penyakit jenis demensia yang paling umum diawali oleh gejala menghilangnya daya ingat, lalu kemudian gejala ini akan dilanjutkan dengan gangguan otak dalam melakukan penalaran, persepsi, perencanaan dan berbahasa. Gejala yang ada pada penderita Penyakit Alzheimer akan berkembang secara perlahan-lahan seiring berjalannya waktu.

Seperti contoh ketika sang penderita tersebut mengalami lupa soal isi percakapan yang baru saja ia lakukan dengan orang lain. Atau mungkin juga ia akan lupa dengan beberapa nama oyek dan tempat sehingga hal ini akan berkembang menjadi disorientasi dan perubahan perilaku.

Perubahan perilaku yang timbul bersifat agresif, mudah curiga terhadap orang lain dan cenderung menjadi penuntut. Bahkan jika sang penderita sudah memasuki tahap yang lebih parah, maka penderita bisa mengalami gangguan halusinasi dalam berbicara dan berbahasa. Otomatis, penderita ini pun tidak bisa melakukan aktivitas tanpa dibantu oleh orang lain.

Meski penyebab penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun para ahli sepakat bahwasannya Penyakit Alzheimer pada umumnya terjadi karena adanya penumpukan protein beta-amyloid di dalam otak sehingga menyebabkan kematian pada sel saraf.

Faktor yang Mempengaruhi Penyakit Alzheimer

Cara Mengobati Penyakit Alzheimer

http://ehow-blog.com/

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang terjangkit Penyakit Alzheimer diantaranya adalah: pertambahan usia, riwayat kesehetan keluarga dan genetika, cidera parah di kepala dan gaya hidup yang kurang bagus.

Penyakit Alzheimer sangat rentan sekali terhadap orang-orang yang telah berusia diatas 65 tahun. 16 persen diantaranya diidap oleh mereka yang memiliki usia di atas 80 tahun. Penyakit ini juga lebih banyak dialami oleh perempuan dibandingkan laki-laki.

Meskipun demikian, penyakit ini juga dapat menjangkiti orang-orang yang berusia antara 40 hingga 65 tahun. Ada sekitar 5 persen penderita Penyakit ini terjadi pada kisaran usia tersebut.

Pengobatan Penyakit Alzheimer

faktor yang memperngaruhi Penyakit Alzheimer

http://3.bp.blogspot.com/

Penderita Penyakit Alzheimer pada umumnya akan bertahan hidup sekitar 8 hingga 10 tahun setelah gejala yang dialami muncul, namun tak sedikit juga mereka yang mampu hidup lebih lama dari itu.

Meski obat dari penyakit ini belum diketahui secara pasti, namun ragam metode pengobatan yang ada pada saat ini mampu memperlambat perkembangan kondisi serta meredakan gejala yang ada.Karena itu segeralah temui dokter jika anda mengalami perubaha pada daya ingat (khawatir anda mengidap demensia).

Jika penyakit ini dapat terdiagnosis sejak dini, maka anda masih memiliki banyak waktu untuk melakukan persiapan dan perencanaan untuk masa depan. Dan yang paling penting, anda tentunya akan mendapatkan penanganan yang lebih cepat dan dapat membantu.

Tidak ada tes khusus yang bisa membuktikan seseorang terkena Penyakit Alzheimer. Dalam proses diagnosa Penyakit Alzheimer, doker hanya akan bertanya seputar masalah dan gejala-gejala yang dialami pasien.

Tes medis pun mungkin akan dilakukan untuk memastikan gejala yang dialami pasien bukan gejala penyakit lain.

Pencegahan Penyakit Alzheimer

cara penecagahan Penyakit Alzheimer

http://tokogreenworldindonesia.com/

Dikarenakan penyebab Penyakit Alzheimer belum diketahui secara pasti, sulit memfatwakan cara yang paling ampuh untuk menegah penyakit ini. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mempertahankan fungsi dan kesehatan otak.

Diantaranya adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam makanan sehat, tidak merokok, rutin berolahraga, tidak mengkonsumsi alkohol, serta rutin melakukan pemeriksaan diri ke dokter seiiring bertambahnya usia kita. Jika anda telah memiliki beberapa ciri-ciri penyakit diatas, maka bersegeralah ke dokter atau menghubungi konsultasi kesehatan online.

Leave a Reply