Pengertian Kesehatan Menurut Berbagai Sumber

Pengertian Kesehatan – Siapa sih yang tidak mengenal apa itu kesehatan? Yap, semua orang pasti tahu. Namun, apakah mereka bisa mendefinisikan Kesehatan dalam arti yang sebenarnya. Simplenya, kesehatan dapat didefinisikan sebagai kondisi sistem tubuh yang stabil. Bisa itu Manusia, ataupun makhluk hidup lainnya. Secara global, kesehatan terbagi menjadi dua. Kesehatan yang berkaitan dengan badan disebut dengan kesehatan Jasmani, sedangkan kesehatan yang berkaitan dengan Jiwa biasa disebut Kesehatan Rohani. Kesehatan Jasmani ialah kondisi dimana koordinasi antara organ-organ tubuh makhluk hidup dalam keadaan stabil dan normal. Begitupun dengan kesehatan rohani, hanya saja objek yang dibahas oleh Kesehatan Rohani adalah mengenai jiwa. Makhluk hidup yang mempunyai akal dan pikiran pastinya akan mengalami kondisi naik turunnya kesehatan jiwa. Untuk itu, munculah suatu sebutan Kesehatan Rohani sebagai parameter ukur bahwa makhluk tersebut telah mencapai kondisi yang terbaik.

Pengertian Kesehatan

Pengertian Kesehatan, bila dilihat dari sumber Wikipedia mempunyai makna keadaan yang sejahtera badan, sosial dan jiwa yang mendorong orang untuk hidup produktif secara sosial dan ekonomis. Sedangkan menurut World Health Organization (WHO) kesehatan adalah suatu keadaan fisik, sosial dan mental yang telah mencapai titik kesejahteraan. Bukan hanya karena ketiadaan penyakit atau kelemahan. Pada tahun 1968 WHO juga mengumumkan Piagam Ottawa yang menjelaskan tentang Pengertian kesehatan. Di dalam piagam itu tertulis “kesehatan adalah sumber daya kehidupan sehari-hari, bukan hanya sebagai tujuan hidup. Kesehatan juga merupakan konsep positif yang menekankan pada kemampuan fisik, serta sumber daya sosial dan pribadi”.

Artikel Terkait : Apa sih? Pengertian Efek Rumah Kaca itu?

Pengertian Kesehatan Menurut Undang-Undang

Pengertian Kesehatan

37.media.tumblr.com

Menurut undang-undang, dijelaskan berbagai macam pengertian mengenai Pengertian Kesehatan. Di dalamnya tertulis :

  1. Kesehatan adalah keadaan sejahtera yang dimiliki oleh badan, jiwa dan sosial sehingga memungkinkan seseorang untuk hidup secara produktif dan ekonomis.
  2. Upaya Kesehatan adalah Segala sesuatu kegiatan yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kesehatan. Bisa dilakukan oleh Pemerintah atau Masyarakat.
  3. Tenaga kesehatan adalah sebutan untuk setiap orang yang mau mengabdikan diri dalam bidang kesehatan serta memiliki pengetahuan atau keterampilan yang didapat melalui pendidikan dibidang kesehatan tertentu.
  4. Sarana kesehatan merupakan tepat yang difungsikan untuk menyelenggarak upaya kesehatan.
  5. Pemeliharaan kesehatan adalah upaya untuk menangulangi dan mencegah gangguan kesehatanyang memerlukan pemeriksan, perawatan atau pengobatan termasuk kehamilan dan persalinan.
  6. Pendidikan Kesehatan merupakan suatu proses membantu seseorang dengan cara bertindak sendiri ataupun secara kolektif. Tujuannya adalah untuk membuat keputusan bedasarkan pengetahuan mengenai semua hal yang mempengaruhi kesehatan dirinya maupun orang lain.

Fakta mengenai kesehatan di indonesia

Pengertian Kesehatan

i.dailymail.co uk

Data terakhir menunjukan, bahwa 80% penduduk indonesia tidak mendapat jaminan kesehatan yang layak dari perusahaan atau lembaga yang menyediakan sarana pemeliharaan kesehatan seperti Askes, Taspen dan Jamsostek. Dengan begitu, berapa banyak warga indonesia di luar sana yang memiliki penyakit namun tidak bisa berobat karena tidak mampu membayarnya. Golongan masyarakat yang tersingkirkan dari pelayanan jaminan kesehatan adalah mereka yang rata-rata berasal dari golongan masyarakat menengah kebawah. Di dalam dunia kesehatan, masalah ini menjadi masalah yang serius dan meresahkan. Semua hal ini terjadi karena manajemen pelayanan kesehatan di Indonesia yang kurang baik. Untuk itu, kita sebagai manusia harus mensyukuri atas nikmat sehat yang Allah berikan kepada kita. Menjaga kestabilan tubuh juga termasuk dalam upaya kita untuk menyukuri karunia nikamatnya. Apa saja langkah-langkahnya? Berolahraga teratur, mengonsumsi makanan-makanan yang sehat dan masih banyak cara yang lainnya. Demikian artikel mengenai Pengertian kesehatan, semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kalian. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply