Pengertian Sinopsis Beserta Cara Membuatnya

Pernah mendengar kata-kata ini? Sinopsis biasanya digunakan dalam prolog pada sebuah naskah, baik kitu naskah pendek ataupun panjang (seperti naskah pementasan film, drama atau teater panggung). Sinopsi ini dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemirsa untuk mengetahui dan memahami secara singkat isi yang ada pada naskah tersebut.

Dalam penulisannya, biasanya sinopsis ini hanya dengan beberapa jumlah halaman atau paragraf. Misalnya satu halaman saja atau 1/5 dari karangan aslinya. Selain itu, penulisan sinopsis juga ak membutuhkan gaya bahasa dan penjelasan-penjelasan yang mendetail. Akan tetapi yang diutamakan adalah isi dan gagasan umumnya.

Lalu, apa arti dan definisi sebenarnya dari sinopsis itu sendiri? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih lanjut.

Pengertian Sinopsis

Pengerttian Sinopsis beserta cara membuatnya

Dokumen http://sehatisme.com/

Sinopsis adalah ringkasan cerita dari sebuah novel atau naskah yang ada pada film, drama atau teater panggung. Biasanya, sinopsis ini hanya menjelaskan gambaran isi secara garis besarnya saja.

Ciri-cirinya:

  1. Alur atau jalan cerita yang disusun lebih berurutan atau bedasarkan kronologis. Plot atau alur yang digunakan pada sinopsis harus sama dengan cerita aslinya.
  2. Bahasa yang digunakan adalah bahasa yang persuasif (berupa ajakan atau bujukan agar sang pembaca dapat tertarik untuk membaca cerita aslinya).
  3. Didalamnya berisi ajakan maupun motivasi untuk semua pembaca. Selain itu juga sinopsi akan menerangkan beberapa kekurangan atau kelebihan yang ada pada naskah tersebut.
  4. Menampilkan konflik dengan singkat tetapi menarik.
  5. Membuat pembaca menjadi lebih penasaran dan tertarik.

Fungsi Sinopsis:

  1. Untuk memberikan sebuah gambaran yang singkat mengenai isi dari cerita atau naskah yang ada.
  2. Dapat memberikan gambaran atau pandangan yang jelas mengenai kronologi atau urutan dari cerita itu sendiri.
  3. Sebagai sarana untuk mengenalkan isi cerita atau naskah yang ada. Agar para pembaca tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut.
  4. Sebagai pedoman bagi para pemeran unuk melakukan improvisasi.

Cara membuat sinopsis

Pengertian Sinopsis Beserta Fungsinya

Dokumen http://sehatisme.com/

Ada beberapa langkah yang harus kita ambil pada proses pembuatan sinopsis, diantaranya:

  1. Pertama-tama kita harus membaca naskah aslinya terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita dapat mengetahui kesan terpenting dari penulis secara umum.
  2. Mencatat gagasan pokok penting yang ada pada naskah. Anda bisa menggunakan stabilo atau menggaris bawahinya bila perlu.
  3. Kembangkan gagasan pokok yang kita garis bawahi tadi dengan beberapa kalimat yang lebih ringkas.
  4. Gunakanlah kalimat yang jelas, efektif, menarik dan mudah dipahami. Tujuannya agar kita bisa menggambarkan rangkaian cerita yang ada pada karangan aslinya.
  5. Jika anda ingin mencantumkan beberapa dialog yang ada, anda hanya perlu mencatat dialog secara garis besarnya saja.
  6. Sinopsis yang dibuat tidak boleh menyimpang dari isi keseluruhannya.

Hal-hal yang dibutuhkan ketika membuat sinopsis

Laskar Pelangi merupakan salah satu film friendship yang bisa digunakan untuk bahan Sinopsis

http://static.republika.co.id/

Selain beberapa langkah diatas, anda juga harus menentukan beberapa strategi agar pekerjaan anda terkesan lebih mudah dan ringan. Strategi yang dibutuhkan antara lain:

Tentukan Tema di Awal

Agar mempermudah pekerjaan anda, sebaiknya tentukan tema terlebih dahulu sebelum anda berniat untuk membuiat sinopsis. Jika anda ingin memilih tema persahabatan atau Friendship. Maka buatlah sinopsis dari karya-karya yang mengandung unsur tersebut seperti: Laskar Pelangi, Suckseed ataupun yang lainnya. Setelah itu, baru anda cari tahu beberapa gagasan pokok yang ada pada naskah tersebut.

Perhatikan Alur

Anda harus memperhatikan alur dalam membuat sinopsis. Pada dasarnya, tujuan utama dari pembuatan sinopsis adalah memberikan gambaran yang jelas pada pembaca, mengenai alur cerita yang ada pada naskah. Pilih konflik yang paling seru pada naskah tersebut. Agar pembaca bisa bisa lebih tertarik untuk mengetahuinya lebih lanjut.

Perhatikan Juga Penokohan

Selain alur, penokohan dalam naskah juga harus anda tekankan ketika membuat sinopsis. Pembaca akan lebih terkesima jika penokohan pada naskah lebih terlihat fantastis dan mengharukan. Jadi, jangan sampai anda merusak citra dari naskah tesebut karena teknik penokohan yang salah.

Leave a Reply