Faktor-Faktor Penyebab Kerusakan Hutan

Penyebab Kerusakan Hutan – Hutan merupakan salah satu karunia Allah yang patut kita jaga. Mengapa demikian? Ada banyak hal yang bisa dijadikan alasan. Salah satunya adalah kenyataan bahwa hutan memiiki kedudukan yang sangat penting di dunia, ia mempunyai banyak fungsi. Seperti merubah gas karbon dioksida menjadi oksigen, menjadi habitat atau sebagai tempat berlindung para binatang dan lain sebagainya. Maka tak heran jika hutan sering disebut-sebut sebagai jantungnya dunia.

Hutan-hutan yang ada di Indonesia termasuk dalam kategori hutan hujan tropis. Hutan ini memiliki mekanisme “siklus hara tertutup”. Jika dilihat dari luar, hutan hujan tropis akan terlihat begitu besar dan megah. Namun, pada hakikatnya itu hanya peampilan luarnya saja. Tanah-tanah yang berada di daerah ini memiliki kadungan unsur hara yang minim. Sebagian unsur hara yang ada berada di dalam vegetasi yang hidup didaerah tersebut. Tercatat kurang lebih sekitar 70% unsur hara yang ada terkandung di dalam tanaman-tanaman hutan, baru sisanya berada di dalam tanah.Semua ini terjadi dikarenakan curah hujan yang tinggi sehingga proses pencucian unsur hara (leacing) berjalan dengan sangat cepat. Selain itu, unsur tanah yang ada juga sebagian besar terdiri dari partikel lempung illite dan kaolinite.

Jika terjadi penebangan atau perusakan lahan hutan. Maka tumbuhan yang hidup diatasnya akan hilang sehingga tanah yang ditinggalkan tidak bisa dijamin kesuburannya. Mengapa? karena kandungan unsur hara yang dibutuhkan untuk kesuburan 70%nya terdapat pada tanaman atau pohon-pohon yang ada. Sehingga jika kita merusak tanaman yang ada maka berarti sudah mematikan kesuburan areal tersebut. Mengerikan bukan?

Orang utan di kalimantan terancam punah karena adanya Kerusakan Hutan

Hutan merupakan sumber daya alam yang bisa diperbaharui. Namun, jika telah mencapai batas tertentu hutan akan mengalami kesulitan untuk memperbaharui diri. Butuh ratusan tahun untuk mengembalikan kondisi seperti semula. Kegiatan penebangan hutan secara terus-menerus akan merusak ekosistem di dalamnya. Berbagai macam flora dan fauna akan punah. Itu semua terjadi karena kerakusan manusia.

Fakta membuktikan bahwa Indonesia adalah negara berkembang yang memiliki angka kemiskinan yang besar. Masyarakat miskin yang ada di Indonesia mencapai angka 30 juta jiwa. Rata-rata dari penduduk miskin tersebut menggantungkan hidupnya kepada alam terutama masyarakat yang tinggal di daerah sekitar perhutanan. Sehingga, hal ini membuat kedudukan hutan menjadi sangat penting di mata masyarakat.

Hutan juga sudah dijadikan tempat bergantung oleh sebagian orang. Banyak orang yang menggantungkan hidupnya kepada kekayaan alam yang ada dihutan. Mereka menjelajahi hutan untuk mencari makanan dan meningkatkan penghasilan. Hal ini akan menjadi dampak buruk jika eksploitasi (pengambilan kekayaan hutan) yang dilakukan tidak dibarengi dengan adanya tindakan pembaharuan.

Kerusakan hutan yang disebabkan oleh manusia

Selain hal-hal yang sudah kami sebutkan diatas, ada beberapa faktor utama yang menjadi penyebab kerusakan hutan. Untuk lebih jelasnya akan kami uraikan satu persatu.

1. Kerusakan hutan yang diakibatkan oleh penebangan liar

penebangan liar merupakan salah satu pemicu terjadinya kerusakan hutan

shoottheearth.com

Penebangan liar ini merupakan salah satu faktor utama penyebab kerusakan hutan. Kegiatan ini tak hanya dilakukan oleh masyarakat sekitar saja, perusahaan yang memiliki izin penebangan pohon pun kan jenis pelanggaran ini. Perusahaan yang telah memiliki izin, biasanya mereka melakukan penebangan melebihi batas yang sudah ditentukan. Penebangan liar yang terjadi biasanya dilakukan pada lahan yang diperuntukan untuk hutan produksi, hutan lindung bahkan hingga mencapai kawasan Konservasi seperti Suaka Margasatwa dan Taman Nasional. Permasalahan ini harus ditangani dengan serius. Jika tidak, hutan kita akan dibabat habis oleh tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab.

2. Kerusakan hutan yang diakibatkan oleh pembakaran Hutan yang disengaja

Kerusakan hutan yang ada bisa diakibatkan oleh adanya kebakaran hutan secara disengaja

fs.fed.us

Masayarakat yang membuka lahan dengan cara membakar akan mengakibatkan kebakaran hutan yang lebih besar. Mereka menganggap bahwa dengan cara membakar akan lebih mudah nantinya ketika melakukan proses pembersihan. Pola pikir sperti ini yang harus kita waspadai. Tak hanya hewan yang akan terkena dampaknya bila kebakaran hutan terjadi. Manusia juga akan terkena imbasnya. Asap yang ditimbulkan bisa menjadi penyebab polusi udara. Bahkan bisa menyebabkan kematian. Untuk itu, proses pelebaran lahan sebaiknya tidak dilakukan dengan cara dibakar. Namun, lakukanlah dengan sebagaimana mestinya.

Artikel Terkait : Apa sih? Pengertian Efek Rumah Kaca itu?

3. Kerusakan hutan yang disebabkan oleh pembabatan hutan

pembabatan hutan yang ada akan menyebabkan kerusakan pada hutan

inapcache.boston.com

Pembabatan Hutan memiliki tujuan yang sama dengan pembakaran hutan. Yakni tujuannya untuk melakukan pelebaran lahan. Pembabatan Hutan biasanya dilakukan oleh masyarakat sekitar untuk melebarkan lahan pertanian dan mengambil hasil untuk memenuhi segala kebutuhan pokok. Namun, cara yang mereka lakukan tidaklah benar. Mereka melakukan pembabatan dengan cara merusak semua tanaman yang ada didalamnya tanpa memikirkan dampak yang akan dihasilkan kedepannya. Ada juga pembabatan hutan yang dilakukan karena diperalat oleh para cukong untuk membuka lahan kelapa sawit.

4. Sistem cocok tanam perladangan berpindah

sistem cocok tanam berpindah merupakan adat istiadat yang dilakukan masyarakat dulu

news.osu.edu

Perladangan berpindah yang dimaskud ialah perladangan yang dilakukan oleh masyarakat secara berpindah-pindah. Dengan kata lain mereka berpindah dari suatu tempat ke tempat lainnya dengan cara membuka lahan hutan. Proses bercocok tanam seperti inilah yang menjadi penyebab kerusakan hutan. Proses bercocok tanam susah dihilangkan karena sudah menjadi adat yang dilakukan secara turun temurun.

5. Usaha pertambangan yang mengakibatkan kerusakan hutan

kerusakan hutan yang terjadi salah satunya disebabkan oleh usaha pertambangan

dominik-photography.com

Pertambangan yang dilakukan disekitar areal perhutanan akan menyebabkan kerusakan hutan. Kandungan mineral yang berada didalam tanah akan dieksploitasi dalam jumlah besar sehingga merusak berbagai vegetasi di sekitarnya.

6. Transmigrasi

transmigrasi menyebabkan berkurangnya lahan hutan

Program yang dilakukan oleh pemerintah ini sebenarnya memiliki tujuan yang sangat baik. Yaitu memberikan kesempatan pada masyarakat jawa yang ingin bekerja dan memenuhi kebutuhan tenaga kerja di pulau-pulau lain seperti kalimantan, sumatra, sulawesi dan papua. Namun, kebijakan yang dilakukan oleh pemerintah ini akan menjadi penyebab kerusakan hutan. Tiap transmigran akan mendapat tanah garapan seluas 2 hektar dan hutan yang ada akan dibuka untuk lahan pemukiman transmigrasi.

Kerusakan hutan yang disebabkan oleh alam

Penyebab kerusakan hutan diatas semua terjadi karena adanya ulah manusia. Lalu, apakah ada penyebab kerusakan hutan yang dihasilkan oleh alam? Jawabannya ada. Untuk lebih jelasnya mari kita bahas satu persatu.

1. Musim kemarau panjang yang memicu kebakaran hutan

musim kemarau panjang merupakan salah satu penyebab kerusakan hutan secara alami

photoblog.statesman.com

Musim kemarau yang panjang akan memicu timbulnya kebakaran hutan. Dengan kata lain, kebakaran hutan yang timbul tidak hanya dihasilkan oleh manusia melainkan alam pun menjadi salah satu penyebabnya. Namun, kejadian seperti ini kita tidak bisa banyak berbuat. Karena semua itu terjad karena kehendak Allah. Akan tetapi, yang perlu kita gairs bawahi adalah terjadinya musim kemarau yang panjang salah satunya disebabkan oleh pemanasan golobal atau efek rumah kaca. Kembali lagi kepada manusia itu sendiri, semua yang kita perbuat pasti ada imbasnya.

2. Letusan gunung

kerusakan hutan disebabkan oleh meletusnya gunung merapi

graphicashen.com

Lava atau magma yang keluar dari perut bumi akan menyebabkan kerusakan hutan disekitarnya. Tak hanya hutan, letusan gunung ini pun dapat memusnakan seluruh kehidupan yang ada pada areal tersebut. Letusan gunung ini terjadi karena tingginya suhu magma dan banyaknya gas yang terkandung didalam perut bumi. Sehingga membentuk retakan-retakan dan pergeseran lempeng pada kulit bumi.

3. Tsunami mengakibatkan kerusakan pada hutan mangrove pesisir

penyebab kerusakan hutan

shoebat.com

Fenomena bencana tsunami juga mengakibatkan terjadinya kerusakan hutan. Terutama hutan-hutan yang berada di area pesisir. Sebenarnya, hutan-hutan di bagian pesisir bisa mengurangi bahaya tsunami terhadap manusia. Namun sekali lagi, hutan yang akan terkena dampaknya.

Demikian artikel tentang Macam-macam Penyebab Terjadinya Kerusakan Hutan. Mudah-mudahan artikel ini dapat menambah wawasan anda. Semoga bermanfaat.

Lihat juga :

Dampak Polusi Udara ini Sangat Mengerikan

One Response

Leave a Reply