Penyebab Sering Kentut dan Cara Mengatasinya

Kentut merupakan suatu anugerah yang diberikan oleh Allah S.W.T kepada kita. Selain itu kentut juga merupakan hal yang normal/alamiah. Karena kentut merupakan proses pengeluarang gas angin yang dihasilkan oleh sistem saluran pencernaan.

Namun, apa jadinya jikalau kentut yang ada pada diri kita menjadi tidak terkontrol? Apalagi jika kentutnya seringkali mengeluarkan bau tak sedap. Betapa malunya kita.

Sekali lagi perlu diingat, kentut atau buang angin merupakan proses alamiah yang normal. Namun jika kentut kita melebihi batas yang ada (15-20 kali perhari). Maka kita harus mencari tahu apa yang menjadi penyebab sering kentut itu dan bagaimana cara mengatasinya.

Penyebab Sering Kentut

Cara atasi kentut

blog.castingnetworks

Kentut berasal dari angin atau gas yang ada pada saluran pencernaan, ada dua sumber utama yang menjadi penyebab munculnya gas ini yaitu:

  • Di saat kita makan, ada beberapa udara yang masuk kedalam tubuh kita. Biasanya, udara ini akan ikut tertelan dan sampai ke saluran cerna.
  • Kentut juga merupakan salah satu akibat dari proses pencernaan makanan pada usus, hal ini sangat berkaitan dengan jenis makanan dan kondisi kesehatan saluran cerna.

Untuk lebih jelasnya mari kita jelaskan satu-persatu.

Menelan Udara

Hal ini sangatlah wajar, ketika anda makan atau minum biasanya ada beberapa udara yang masuk. Namun, kuantitas udara yang masuk hanyalah sedikit. Beda halnya ketika kita memakan makanan atau minuman yang tidak sehat seperti permen karet, merokok dan minuman berkarbonasi. Makanan dan minuman tersebut akan membuat udara yang masuk lebih banyak

Selain itu makan, minum dengan cepat atau berbicara akan membuat udara yang masuk lebih banyak kuantitasnya.

Jenis Makanan

faktor yang mempengaruhi kentut

http://www.gardeningknowhow.com/

Anda juga harus memperhatikan jenis makanan yang anda konsumsi. Karena ini sangatlah berpengaruh terhadap proses pembentukan gas pada saluran pencernaan. Makanan yang membuat perut kembung dan menjadi penyebab sering kentut biasanya adalah makanan yang sangat susah dicerna.

Bakteri akan bersusah payah untuk mencernanya sehingga menimbulkan efek gas yang berlebihan. Contoh makanan yang menjadi penyebab sering kentut dan perut kembung badalah kubis, brokoli, kacang-kacangan, plum, kismis dan apel.

Makanan ini jika dicerna akan membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan makanan lain. Selain itu, makanan yang mengandung kadar fruktosa atau surbitol yang tinggi juga dapat menyebabkan sering buang angin dan perut kembung.

Tapi yang patut diwaspadai adalah makanan seperti kubis dan bawang, selain menyebabkan efek sering kentut. Makanan ini juga akan membuat bau kentut kita menjadi sangat busuk dan tak sedap.

Penyakit Saluran Cerna

Jika anda merasa tidak pernah mengkonsumsi jenis makanan yang salah atau menelan udara ketika makan. Maka kemungkinan anda terkena penyakit pencernaan seperti diare, alergi makanan, sembelit sinrom iritasi usus ataupun penyakit celiac.

Cara Mengatasi Sering Kentut

Dokter untuk mengatasi sering kentut

http://www.starrfmonline.com/

Jika anda memiliki berbagai masalah yang ada diatas, jangan khawatir. Anda bisa melakukan perawatan sendiri di rumah. Berikut langkah-langkahnya:

  • Usahakan untuk menghindari makanan yang sulit dicerna oleh tubuh, misalnya makanan yang menjadi sumber karbohidrat seperti ubi dan singkong.
  • Cobalah makan dengan porsi yang sedikit. Jika anda terbiasa dengan pola makan 3 kali sehari dengan porsi besar. Maka ubahlah kebiasaan tersebut menjadi pola makan 5-6 kali sehari dengan porsi sedikit.
  • Hindari kegiatan yang dapat meningkatkan kadar udara yang tertelan ketika makan. Jadi pastikan anda menguyah makanan tersebut dengan baik. Selain itu, anda juga harus menghilangkan kebiasaan menguyah permen karet dan merokok.
  • Olahraga atau kegiatan fisik juga dapat membantu melancarkan sistem saluran pencernaan dalam tubuh. Ia juga bisa mengurangi penyakit kembung dan sering kentut.
  • Selain itu juga ada beberapa obat yang bisa menetralisasi kentut anda seperti tablet karbon (norit). Akan tetapi, biasanya obat-obat seperti ini hanya mampu untuk mengatasi penyakit tersebut daam tempo waktu yang sementara.
  • Jika gejala ini disertai dengan BAB berdarah, suhu badan yang tinggi, menggigil, muntah, penurunan badan secara drastis, nyeri sendi dan otot. Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter. Jika anda mengalami gejala tersebut, kemungkinan anda telah mengidap penyakit yang lumayan serius.

One Response

  1. Irly Januari 27, 2016

Leave a Reply