Edukasi

Ternyata ini yang Menjadi Penyebab Terjadinya Gempa Bumi

Penyebab terjadinya gempa bumi img.timeinc.net

Penyebab Terjadinya Gempa Bumi – Kita semua tahu gempa bumi merupakan suatu bencana yang ada di indonesia. Kerusakan atau efek yang ditimbulkan sangatlah besar, seperti hancurnya beberapa bangunan sehingga menimbulkan beberapa korban jiwa. Tak hanya itu, gempa bumi juga menimbulkan efek psikis pada anak-anak ataupun masyarakat sekitar yang mengalami bencana alam ini. Akan timbul trauma-trauma yang akan menggangu masa depan mereka nantinya.

Bicara soal gempa bumi, kali ini kami akan membahas tentang penyebab terjadinya gempa bumi dan cara menanggulanginya. Tulisan ini sebagai rujukan kepada masyarakat bahwa bencana alam yang ada di sekitar kita tak bisa kita hentikan. Namun, ada baiknya jika kita mengindari bencana tersebut.

Penyebab terjadinya gempa bumi sangat bermacam-macam. Diantaranya terjadi akibat runtuhnya gua di dalam perut bumi, tabrakan atau Impact, peledakan gunung berapi dan kegiatan tektonik. Untuk penjelasannya, mari kita lihat satu-persatu.

Runtuhnya Gua di dalam Bumi

penyebab terjadinya gempa bumi

Para ahli tempo dulu menyatakan bahwa, salah satu penyebab terjadinya gempa bumi adalah runtuhnya gua-gua besar yang terdapat di dalam perut bumi. Namun, ternyata dugaan itu seratus persen sama sekali tidak benar. Sebab, kejadian seperti itu tidak pernah terjadi.

Andai saja jika terjadi keruntuhan di dalam perut bumi, maka hal itu hanya mungkin terjadi pada daerah Underground (pertambangan bawah tanah) atau penggalian batu kapur dan sejenisnya. Akan tetapi, keruntuhan tidak akan menyebabkan gempa bumi.

Yang akan terjadi hanyalah timbulnya getaran-getaran bumi yang memiliki kekuatan Skala Ritcher kecil dan hanya menjangkau lingkungan setempat.

Tabrakan atau Impack

penyebab terjadinya gempa bumi

bumiwww.thecosmosphere. com

Pada awalnya banyak orang yang percaya bahwa gempa bumi disebabkan oleh meteor yang jatuh ke bumi pada tahun 1908 di rusia. Meteor itu beralih dan jatuh ke bumi, mengakibatkan terjadinya lubang besar yang menyerupai sebuah kawah.

Walaupun gelombang yang dihasilkan tercatat hingga ke kota london, Inggris. Namun, efek yang dihasilkan sama sekali tidak terekam oleh Seismograf (Alat pencatat getaran bumi).

Kesimpulannya adalah, getaran yang dihasilkan oleh tabrakan meteor memiliki kekuatan yang sangat kecil. Sehingga tabrakan itu tidak akan bisa mengakibatkan gempa. Lagi pula, kejadian seperti ini sangatlah jarang ditemui.

Aktifitas Gunung berapi (vulkanik)

penyebab terjadinya gempa bumi

iso.500px.com

Aktivitas gunung berapi merupakan salah satu penyebab terjadinya gempa bumi. Aktifitas ini juga biasa disebut sebagai gempa bumi vulkanik. Gempa bumi jenis ini terjadi sebelum hingga setelah peledakan suatu gunung berapi.

Salah satu penyebabnya adalah karena adanya persentuhan antara dinding gunung berapi dengan magma beserta gas yang memiliki tekanan yang kuat. Persentuhan ini terjadi ketika magma berpindah secara tiba-tiba, sehingga munculah suatu ledakan di dalam dapur magma.

Sebenarnya gempa bumi vulkanik memiliki kedudukan yang lemah. Biasanya gempa bumi vulkanik hanya dirasakan oleh wilayah sekitar gunung berapi aktif saja. Dari seluruh gempa bumi yang ada di indonesia, hanya 7% yang masuk kedalam gempa bumi vulkanik.

Walau demikian, kerusakan yang ditimbulkan oleh gempa bumi sangatlah besar. Sebab, gempa bumi vulkanik tak hanya menimbulkan getaran saja melainkan disertai dengan letusan gunung berapi. Bedasarkan posisi kegiatan magma, gempa bumi vulkanik dapat dibagi menjadi 4 yaitu :

  • Gempa bumi vulkanik dalam
  • Gempa bumi vulkanik dangkal
  • Gempa bumi ledakan
  • Getaran vulkanik atau tremor
penyebab terjadinya gempa bumi

static.guim.co.uk

Gempa bumi vulkanik dalam.

Gempa bumi vulkanik dalam adalah gempa bumi yang memiliki kedalaman sumber gempanya antara 2 hingga 30 kilometer. Gempa bumi jenis ini memiliki banyak kesamaan dengan gempa bumi tektonik, terutama pada bagian gempa susulannya (after shocks). Gempa ini terjadi pada saat-saat menjelang meletusnya gunung berapi, ini sebagai pertanda bahwa gunung berapi sudah mulai aktif.

Gempa bumi vulkanik dangkal.

Gempa bumi ini memiliki sumber gempa yang dangkal. Sumber gempanya hanya memiliki kedalaman kurang dari 2 kilometer. Gempa bumi vulkanik dangkal terjadi sebelum hingga akhir dari letusan gunung itu sendiri.

Gempa bumi ledakan.

Gempa bumi jenis ini muncul bersamaan dengan terjadinya ledakan suatu gunung berapi. Gempa ini memiliki sumber gempa yang sangat dangkal. Sumber gempanya hanya kurang dari 1 kilometer.

Getaran vulkanik atau tremor.

Getaran vulkanik yang terjadi akan berjalan terus menerus sehingga menimbulkan suasana yang tidak tenang. Sumber gempanya terletak mulai dari kedalaman 30 kilometer hingga ke permukaan. Gempa bumi dangkal dan ledakan bila terjadi secara terus menerus bisa menimbulkan getaran vulkanik. Getaran vulkanik yang terjadi pada gunung berapi jenis batuan basalt, akan lebih kuat dikarenakan sifat batuannya yang sangat peka terhadap gelombang.

Artikel Terkait : Jual Berbagai Macam Jenis Ikan Asin 0822 1603 6341

Kegiatan Tektonik

penyebab terjadinya gempa bumi

i.huffpost.-com

Penyebab terjadinya gempa bumi yang menimbulkan efek serius pada manusia adalah kegiatan tektonik. 90%  gempa bumi yang ada terjadi karena kegiatan tektonik. Kegiatan tektonik adalah kegiatan pergerakan-pergerakan lempengan bumi.

Pergerakan ini akan terus berlangsung dan memicu terjadinya proses pembentukan gunung. Gempa bumi terjadi akibat adanya pelepasan tenaga dari pergeseran lempengan bumi. Gempa bumi jenis ini memang unik karena penyebarannya mengikuti pola-pola dan aturan yang khusus.

Berikut artikel mengenai penyebab terjadinya gempa bumi, moga-moga artikel ini dapat menambah wawasan anada. Semoga bermanfaat.

You Might Also Like

4 Comments

  1. 1
    lianny hendrawati

    Gempa besar bisa mengakibatkan korban juga.
    Kita mesti harus tetap waspada ya.
    Thanks for sharing

  2. 2
    Aksi Cepat Tanggap

    Selain mengerti penyebabnya akan lebih baik ada edukasi untuk mitigasi jika terjadi gempa

  3. 3

    Sharing yg bermanfaat dan sangat detail.

  4. 4

    Sangat bermanfa’at se X bro, bisa menambah wawasan bwt anak gue dan yang lainnya…

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>