Peralatan Snorkeling Penting yang Bisa Anda Cari di Toko Online

Saat di laut, salah satu hal yang dilakukan adalah dengan melakukan snorkeling. Snorkeling sendiri merupakan kegiatan berenang ataupun menyelam di laut permukaan. Aktivitas yang disebut juga selam dangkal ini menggunakan alat yang lebih sederhana dibandingkan dengan diving karena menyelam atau berenang di laut dengan kedalaman yang tidak terlalu dalam. Untuk melakukan selam permukaan ini butuh peralatan snorkeling  yang bisa Anda cari di toko selam misalnya di toko online.

Peralatan pertama adalah masker. Masker ini merupakan pelindung wajah yang hanya menutupi sebagian wajah saja dan kedap air sehingga air tidak bisa masuk ke mata dan hidung. Lensa yang dipergunakan untuk masker ini terbuat dari kaca yang aman untuk digunakan dan tidak mudah pecah. Untuk bagian kantong hidung serta kerangka masker terbuat dari bahan karet atau silikon. Di bagian sisi masker ada tempat yang bisa dipergunakan untuk memasang snorkel.

Dalam memilih masker snorkeling pastikan dahulu ukuran dan untuk siapa masker tersebut dipergunakan, apakah untuk anak-anak atau dewasa agar nantinya saat digunakan masker tidak kebesaran yang bisa menyebabkan air masuk atau kekecilan yang membuat Anda tidak nyaman. Masker untuk snorkeling memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan masker selam scuba. Sebelum menyelam, pastikan Anda mengenakan masker dan Anda bernafas dengan mulut dan pastikan tidak ada rambut yang terjepit agar air tidak masuk ke dalam masker.

Kedua adalah snorkel. Peralatan snorkeling ini memiliki fungsi utama yaitu membantu Anda untuk bernafas. Alat yang berupa selang dan pelindung mulut ini terbuat dari plastik atau dari karet keras dengan diameter 2 cm dan panjang kurang lebih 30 cm. Di bagian pelindung mulut berbentuk melengkung untuk digigit dan saat memilih, Anda harus menyesuaikan dengan pelindung mulut karena nantinya akan membantu Anda untuk bisa bernafas dengan mulut saat melakukan snorkeling.

Ada 2 jenis snorkel yaitu:

• Semi dry snorkel splash guard yang umumnya dilengkapi dengan tube yang fleksibel dan katub pembersih sehingga nantinya jika ada air masuk ke selang, Anda bisa meniup atau menyemburkannya dengan mulut. Splash guard berfungsi untuk menghindari cipratan air yang masuk ke dalam selang.
• Dry snorkel memungkinkan Anda untuk menyelam dengan kondisi Anda tetap bernafas dengan mulut. Hal tersebut disebabkan karena snorkel jenis ini memiliki katub untuk membendung air sehingga tidak masuk ke selang.

Ketiga adalah kaki katak atau fins. Peralatan snorkeling ini memiliki bentuk seperti kaki katak dan pilih yang tidak terlalu kaku agar lebih mudah digerakkan. Alat yang juga disebut dengan kaki bebek ini memungkinkan Anda untuk bisa menggerakkan kaki dengan lebih nyaman saat di air sehingga kecepatan atau laju Anda bisa lebih maksimal.

Ada 2 jenis kaki katak yaitu jenis open heel atau tumit terbuka dan pocket foot/full food atau kaki tertutup. Sama seperti sepatu kedua jenis tersebut tersedia dengan beberapa jenis ukuran yang bisa disesuaikan dengan ukuran kaki Anda. Jika dibandingkan dengan jenis kaki katak full foot, sepatu snorkeling jenis tumit terbuka atau open heel memiliki ujung sirip yang lebih panjang.

Jika Anda memiliki jenis fins open heel maka Anda harus menggunakan sepatu bot yang terbuat dari bahan neoprene. Sepatu boot tersebut memiliki fungsi untuk melindungi kaki Anda dari luka dan lecet misalnya dari goresan karena terumbu karang, serta untuk melindungi kaki dari dinginnya air.

Leave a Reply