Perbedaan KTA dan Kredit Multiguna yang bisa Anda ketahui

 

Taralite.com – Ada beberapa orang yang sedang butuh sekali uang untuk hal – hal tak terduga yang terjadi dan juga mereka lebih memilih untuk langsung meminjam uang dengan segala macam cara yang bisa mereka dapatkan dengan mudah seperti halnya minjam ke sanak saudara ataupun dengan cara meminjam langsung ke bank atau yang biasa kita sebut sebagai kredit.

Namun, jika memang anda sedang mencari – cari dana untuk menutupi segala macam hal yang tak terduga terjadi begitu saja, anda tidak perlu tergesa – gesa untuk mencarinya karena suatu hal yang diputuskan karena tergesa – gesa hanya akan membuat anda menyesal dan lain sebagainya.

Dan tentunya anda harus pastikan terlebih dahulu jika memang anda ingin meminjamnya ke bank, apakah anda bisa mengembalikannya tepat waktu atau tidak. Anda harus mempertimbangkan banyak hal dahulu sebelum semua keputusan itu anda ambil.

Jika memang anda merasa malu untuk meminjam uang dari sanak saudara, maka anda bisa mencoba untuk meminjam dari bank melalui program KTA ataupun kredit multiguna yang bisa anda gunakan. Anda hanya memilihnya yang sesuai dengan kebutuhan anda masing – masing.

Anda bisa mempercayakan pihak peminjam yang terpecaya, dalam hal ini adalah bank, daripada mempercayakannya kepada pihak peminjam lainnya seperti renternir dan sebagainya. Anda bisa meminjam uang yang anda butuhkan berapapun jumlahnya dari bank yang anda percaya.

Ada dua peminjaman yang bisa anda pinjam untuk memenuhi kebutuhan anda sendiri yaitu dengan kredit tanpa agunan atau KTA dan kredit multiguna atau pinjaman dengan jaminan. Dari kedua nama peminjamannya saja sudah diketahui bahwa mereka memiliki perbedaan yang mendasar dari segi persyaratannya itu sendiri.

Tetapi, masih saja banyak orang yang selalu salah terhadap kedua jenis peminjaman itu. Mari kita pelajari sedikit mengenai perbedaan pada kedua jenis peminjaman yang banyak ditawarkan oleh bank – bank yang ada di Indonesia.

Yang pertama adalah peminjaman jenis KTA atau singkatan dari kredit tanpa agunan. Kredit dengan jenis ini bisa kita gunakan tanpa harus menyerahkan agunan atau jaminan berupa hal – hal penting seperti surat tanah, rumah, furniture atau benda berharga lainnya.

Jika anda memang membutuhkan dana yang tanpa harus menyerahkan asset berharga anda untuk dijadikan jaminan bagi pinjaman anda, maka kredit inilah yang akan sangat cocok untuk anda. Namun, ada hal penting yang harus anda ketahui, walaupun pihak bank tidak meminta asset berharga anda untuk dijadikan jaminan atau sebagainya, bukan berarti anda terbebas untuk tidak membayarnya atau terlambat membayarnya.

Karena bagiamanapun juga, mereka akan menyita asset berharga anda jika memang anda terlambat untuk membayarnya ataupun telah menunggak beberapa bulan. Semua itu tergantung pada keputusan yang akan anda dan pihak dari bank buat di saat anda ingin menggunakan program kredit tersebut.

Anda juga harus tahu bahwa ada beberapa karakteristik pada KTA ini yang bisa anda pahami untuk meyakinkan menggunakan kredit ini. Untuk suku bunga yang dibebankan kepada anda sebagai peminjam pada kredit ini relatif lebih tinggi dibanding dengan pinjaman yang lainnya.

http://www.efulife.com/

http://www.efulife.com/

Tak hanya itu, jangka waktu pelunasan untuk pinjaman anda juga sangat pendek, yaitu berkisar antara 1 hingga 2 tahun. Jumlah yang disediakan untuk kredit jenis ini juga relative kecil dengan peminjaman uang maksimal sebesar 50 juta rupiah, namun dengan keuntungan proses pencairan dana yang lebih cepat.

Persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan kredit ini juga terbilang sangat sedikit dan juga kredit ini sangat cocok bagi anda yang sedang membutuhkan uang yang bersifat mendesak seperti renovasi rumah saat musim hujan datang dan juga hal yang lain sebagainya.

Itulah sedikit penjelasan mengenai kredit tanpa agunan atau yang disebut sebagai KTA. Untuk memandingkan perbedaannya dengan kredit multiguna, tak ada salahnya jika anda mengetahui terlebih dahulu pengertian dari kredit multiguna itu sendiri.

Kredit jenis ini sangat beda jauh dengan kredit jenis tanpa agunan karena seperti halnya namanya, kredit ini membutuhkan asset yang berharga anda sebagai agunan atau jaminan untuk pihak bank. Jadi, jika anda belum memiliki asset yang bisa di berikan sebagai jaminan, maka pinjaman jenis ini sangatlah tidak cocok bagi anda.

Karena bagaimanapun juga anda harus menyerahkan asset anda sebagai jaminan anda untuk meminjam uang dari mereka. Namun, anda tidak perlu khawatir karena dengan memberikan asset sebagai jaminan anda, maka pihak bank tidak akan memberikan suku bunga yang tinggi seperti halnya suku bunga yang harus ditanggung oleh peminjam KTA.

Seperti halnya KTA, pada kredit multiguna ini juga memiliki beberapa karakteristik yang patut anda ketahui untuk lebih meyakinkan anda meminjam uang melalui program kredit ini. Pertama, seperti yang sudah disinggung sebelumnya, suku bunga yang di bebankan untuk peminjam oleh pihak bank relatif lebih rendah dibandingkan dengan program kredit lainnya.

Kedua, jangka waktu yang di berikan oleh pihak bank juga lebih panjang, sesuai dengan kesanggupan anda hingga 25 tahun. Lalu, jumlah uang pinjaman yang bisa anda pinjam juga bisa lebih besar dibanding jika anda meminjamnya dengan menggunakan kredit tanpa agunan itu, bahkan anda bisa meminjamnya hingga menebus angka miliaran.

Namun, hal itu juga harus anda perhatikan dan anda harus meminjamnya sesuai dengan jumlah uang yang anda butuhkan karena anda harus mengembalikannya beserta bunganya disetiap bulannya.

Lalu, persyaratan yang diajukan oleh pihak bank sendiri sedikit lebih rumit karena harus melengkapi berbagai data yang telah ditetapkan oleh pihak bank sebelumnya, dan itu juga berdampak pada lamanya pencairan dana yang akan dikeluarkan oleh pihak bank, karena mereka harus benar – benar yakin bahwa anda bisa membayarnya setiap bulan.

Dan yang terakhir, biasanya kredit jenis ini digunakan untuk kebutuhan jangka panjang seperti halnya kredit pemilikan rumah ataupun kredit usaha.

Nah, jika anda sudah membaca seluruh artikel ini, maka anda sudah yakin bisa untuk membedakan antara KTA dan juga kredit multiguna. Jika memang anda sudah berniat ingin meminjam uang dari bank dengan menggunakan salah satu dari program kredit yang mereka sediakan, anda bisa langsung mengunjungi bank yang telah anda percayai.

Namun, anda juga harus sangat berhati – hati dalam meminjam berapa jumlah uang yang ingin anda pinjam dari mereka karena banyak sekali orang yang meminjam dengan jumlah yang terlalu besar, hingga pada akhirnya mereka malah tidak bisa mengembalikannya juga dengan tambahan bunganya tersebut.

Oleh karena itu, pinjamlah uang dengan jumlah yang sama atau dilebihkan sedikit setidaknya 1 atau 2 juta sesuai dengan yang anda butuhkan agar di setiap bulannya anda bisa membayar kembali uang yang telah anda pinjam beserta bunganya dengan mudah tanpa harus khawatir jika anda tidak bisa membayarnya.

 

Leave a Reply