Coba Mampir Yuk, Ke Pulau Biawak Indramayu

Pulau Biawak Indramayu– Pernah mendengar desas-desus tentang pulau biawak? Pulau ini memang terdengar agak asing di telinga masyarakat indonesia. Namun, pulau ini memiliki keindahan yang tak kalah dengan pulau-pulau lain yang ada di indonesia. Karangnya yang hidup dan belum terjamah sama sekali oleh tangan-tangan manusia, membuat pantai ini memiliki ciri khas dan keunikan tersendiri.

Pulau seluas 120 hektare ini terletak di Kabupaten Indramayu – Jawa Barat. Jika dilihat dari ketinggian, pulau ini akan tampak hijau dikarenakan tanaman bakau yang ada di dalamnya. Sebenarnya, nama asli dari pulau ini adalah pulau rakit. Namun, Pemkab Indramayu menamakan pulau ini sebagai pulau biawak. Mengapa demikian? Konon, di dalam pulau tersebut banyak di jumpai Biawak (Varanus salvator) yang justru menjadi ciri khasnya. Jika anda mendatangi pulau ini, maka akan terlihat puluhan biawak sedang berkumpul dan berenang di tepian pantai. Pemandangan seperti ini hanya akan terjadi ketika matahri mulai terbenam.

Keberadaan pulau ini sangat membahayakan alur pelayaran kapal laut yang melintas di sekitar kepulauan tersebut. Maka tak heran, jika terdapat bangunan menara mercusuar di tepi pantainya. Mercusuar setinggi 65 meter ini didirikan oleh ZM Willem pada masa penjajahan belanda. Jika dilihat dari umur bangunan tersebut, mercusuar ini diperkirakan memiliki usia yang sama dengan mercusuar yang berada di Pantai Anyer.

Lokasi dan aktifitas menarik di sekitar Pulau Biawak Indramayu

ada banyak yang bisa kita lakukan selama berada di pulau biawak indramayu

4.bp.blogspot.com

Pulau ini barada diantara dua pulau lainnya, yakni pulau gosong dan candikian. Namun diantara ketiga pulau tesebut, hanya pulau biawaklah yang masih tersisa “keperawanannya”. Dua pulau lainnya hanyalah berupa hamparan pulau karang semata. Pulau gosong misalnya, kondisi pulau ini rusak dikarenakan jutaan meter kubik material karangnya diambil untuk bahan pengurukan lokasi kilang minyak pertamina yang berada tidak jauh dari pulau tersebut.

Lalu, aktifitas apa saja yang dapat kita lakukan disini? Untuk lebih jelasnya mari kita simak poin-poin ada di bawah ini.

Berenang dan snorkling di sekitaran Pulau Biawak

snorkeling merupakan aktifitas yang tepat ketika kita berada di pulau biawak indramayu

4.bp.blogspot. com

Jangan pernah untuk melewatkan satu kesempatan ini, bersnorkeling ria adalah aktifitas yang sangat cocok untuk dilakukan semasa anda berada di pulau biawak. Pantai yang ada di sekitaran pulau biawak menawarkan pemandangan bawah laut yang sangat indah. Tak disangka, pulau yang berada di pantai utara pulau jawa ini memiliki trumbu karang yang sangat menawan. Ditambah lagi dengan ikan-ikan hias yang ada membuat sensasi snorkeling anda akan lebih menyenangkan.

Mengunjungi pulau gosong

pulau gosong berada disekitaran pulau biawak indramayu

oktavianne.files.wordpress.com

Selain bersnorkeling ria di kawasan pantai pulau biawak, ada lokasi lain yang bisa dijadikan sebagai tempat alternatif untuk kalian para pecinta terumbu karang. Lokasi itu terletak di pulau gosong yang berada tak jauh dari pulau biawak. Anda hanya akan membutuhkan waktu 30 menit untuk mencapainya. Perjalanan ini menggunakan perahu kecil.

Baca Juga : Hotel Murah di Cirebon

Mengamati perkumpulan para Biawak (Varanus salvator)

biawak merupakan ciri khas yang dimiliki oleh pulau biawak indramayu

dhamadharma.files.wordpress.com

Jika dilihat secara seksama, hewan reptil yang satu ini memiliki banyak kemiripan dengan reptil yang ada di pulau komodo. Hanya saja ukuran badannya yang lebih kecil. Biawak yang ada memiliki panjang kurang lebih sekitar 20 sentimeter. Jika anda ingin melihat para biawak berkumpul, maka datang lah ke tepian pantai menjelang matahari terbenam.

Mengunjungi mercusuar yang ada di Pulau Biawak

mercusuar merupakan salah satu tempat wisata yang ada di pulau biawak indramayu

wisatapulaubiawak.files.wordpress.com

Wisata lain yang yang bisa anda kunjungi selama anda berada di pulau biawak adalah mercusuar.  Mercusuar ini dibangun pada tahun 1872 masehi oleh bangsa belanda. Untuk naik keatas sana, anda harus berhati-hati dikarenakan kondisi tangga yang sudah berkarat dan licin. Setibanya diatas, anda bisa melihat seluruh keindahan yang ada di pulau biawak.

Mengunjungi makam belanda di belakang hutan Pulau Biawak

terdapat makam belanda di belakang kawasan hutan pulau biawak indramayu

2.bp.blogspot.com

Satu lagi tempat wisata yang bisa anda kunjungi, yakni makam belanda yang berada di belakang hutan pulau biawak. Makam ini teletak di belakang hutan bakau yang luas. Hutan bakau dan pinus yang ada membuat akses jalan ini menjadi terjal. Jika anda ingin pergi kesana, jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk karena akses jalan ini juga dipenuhi oleh nyamuk.

Membawa makanan

anda di wajibkan untuk membawa makanan ketika mengunjungi pulau biawak indramayu

openclipart.org

Perlu dingat, selain poin-poin yan ada diatas anda juga harus membawa persediaan makanan yang banyak. Semua ini karena pulau yang kalian kunjungi tidak memiliki fasilitas yang memadai.  Tapi anda tidak perlu khawatir, ketersediaan makanan yang ada di pulau biawak akan di handle oleh ABK kapal dengan biaya tambahan tentunya. Walaupun makanan yang disediakan sangat sederhana, makanan ini memiliki cita rasa yang enak

Leave a Reply