Pulau Kangean, Surga yang Terlupakan

Pulau KangeanPulau ini merupakan tempat yang pas untuk anda para pecinta bawah laut. Bagaimana tidak? Tempat ini memiliki pemandangan bawah laut yang sanga luar biasa. Bahkan, sebagian orang mengatakan bahwa tempat ini adalah ‘Surga yang tersembunyi’.

Pulau kangean terletak kurang lebih 98mil disebelah timur pulau madura, pulau ini juga terapung diantara dua laut yakni Laut Jawa dan Selat Madura. Namun, menurut peta besar Indonesia (terbitan PT Karya Pembina Swajaya tahun:  1998), batas wilayah Pulau kangean berada di sebelah barat Selat Madura, Selatan laut Bali, Timur Laut Flores dan Utara Laut jawa.

Sejarah pulau Kangean

2.bp.blogspot.com

2.bp.blogspot.com

Disekitar pulau kangean terdapat puluhan pulau kecil yang sudah menjadi tempat pemukiman manusia. Namun, tak sedikit juga pulau yang tidak berpenduduk. Tanahnya yang subur banyak menghasilkan jagung, padi, kelapa dan ketela. Hutannya pun lebat, banyak menghasilkan kayu pinus, jati dan lain-lain. Kayu-kayu ini kemudian akan diangkut menuju pulau Madura.

Nama “Kangean” sendiri berasal dari kata “kaaengan”. Bila diterjemahkan kebahasa indonesia kalimat ini memiliki arti terendam. Konon, jika datang musim air laut pasang maka pulau itu tidak akan tampak dari kejauhan (terendam).  Namun, ketika datang waktu pasang surut, pulau ini seolah-olah muncul ke permukaan. Dari situlah, nama kangean berasal.

Drs. Abdurrahman menyatakan bahwa, sebenarnya kangean sudah terkenal sejak zaman Majapahit. Pada  zaman dahulu, tempat ini dijadikan sebagai tempat pembuangan bagi orang-orang yang mendapat hukuman berat. Entah itu karena perkara kriminal, atau juga orang-orang yang terkena kasus politik (dianggap tidak loyal kepada raja).

Rute menuju pulau Kangean

Jika anda berniat untuk berlibur disini, maka anda bisa memulai perjalanan dari pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya. Dari situ, anda bisa menaiki kapal ferry menuju Pelabuhan Kamal, Bangkalan Madura. Tarif yang dikenakan kapal ferry untuk menyebrang masih relatif murah.

Untuk tiket penumpangnya, anda hanya dikenakan biaya sebesar Rp. 5.000/orang. Jika anda membawa kendaraan bermotor, maka anda akan dikenankan tarif sebesar Rp 6.000/motor. Namun jika anda membawa kendaraan mobil pribadi, maka anda akan dikenakan biaya sekitar Rp 35.000. Dengan catatan, harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Sesampainya di pelabuhan kamal, anda bisa menaiki bus yang ada menuju kota sumenep. Perjalan yang diperlukan kurang lebih 2 jam. Sesampainya di sumenep, anda bisa menggunakan Jalur laut dari Pelabuhan Kalianget menuju Pulau kangean. Waktu yang diperlukan untuk mencapai Pulau Kangean sekitar 10 hingga 12 jam.

Akan tetapi, kapal yang ada hanya beroprasi pada hari-hari tertentu. Hal ini dikarenakan jumlah kapal yang ada sangatlah terbatas, maka dari itu rencanakanlah perjalanan ini dengan baik. Hari aktif kapal yang ada antara lain :

Jurusan Pelabuhan Kalianget – Pelabuhan kangean : Aktif hari senin, kamis dan sabtu.

Jurusan Pelabuhan kangean – Pelabuhan Kalianget : Aktif hari selasa, jumat dan minggu.

Wisata yang ada di pulau Kangean

4.bp.blogspot.com

4.bp.blogspot.com

Pulau Kangean ini merupakan tempat wisata yang sangat indah, pasirnya menawan, perairannya benar-benar jernih dan warna birunya sangat menyejukkan mata. Jika anda sudah muak dengan keadaan kota yang semerawut dan macet, maka tempat ini sangat cocok untuk anda.

Sesampainya anda disini, anda pasti akan terpana melihat pesona biru laut yang sangat luas dan jernih. seolah tak ada yang menghalangi anda untuk melihat betapa indahnya pulau ini. Pantai yang ada juga sangat bersih dan halus. Kami sarankan anda untuk menjamah pantai ini dengan bertelanjang kaki, dengan begitu anda bisa merasakan betapa halus dan lembutnya pasir putih yang ada di pulau kangean ini. Rasa lelah dan bosan anda pun akan hilang seketika oleh udara segar yang ada.

Sebagian besar wisatawan yang ada, datang ke pulau kangen ini dengan tujuan untuk menyelam di perairannya. Pulau ini memang terkenal dengan pemandangan bawah laut yang indah. Selain itu biaya menyelam di pulau ini tidak semahal di Raja ampat, dengan begitu pulau ini banyak menarik perhatian para wisatawan untuk menyelami indahnya laut kangean ini.

Pulau kangean juga memiliki berbagai macam jenis koral. Baik itu jenis koral yang soft, keras ataupun yang berbentuk sponge. Terumbu karang yang ada juga indah, sebagian besar memiliki bentuk yang mirip dengan rerumputan. Ditambah lagi dengan ikan hias yang lucu, mereka berenang kesan kemari diantara ladang koral tersebut. Jika anda berniat untuk menyelam di pulau ini, maka jangan lupa untuk membawa kamera tahan air.

Artikel Terkait : Coba Mampir Yuk, Ke Pulau Biawak Indramayu

Tips melakukan perjalanan ke Pulau Kangean

Jika anda berniat untuk menjelajahi pulau Kangean, ada beberapa hal yang perlu dicatat. Diantaranya :

  1. Lakukanlah perjalanan pada bulan April hingga November. Karena cuaca pada bulan-bulan ini sedang membaik. Hal ini dilakukan untuk menghindari bahaya yang mungkin saja terjadi ketika anda berada di kapal laut. Semakin baik cuacanya, maka semakin baik pula kesempatan untuk berlayar.
  2. Jangan lupa untuk membawa segala macam perlengkapan seperti pelampung dan sunblock. Cuaca yang ada akan membuat kulit anda terbakar, apalagi disaat musim kemarau. Air sejuknya akan membuat anda lupa terhadap sinar matahari yang ada.
  3. Jika anda memiliki niat untuk melakukan berbagai kegiatan seperti Diving, Surfing ataupun Snorkeling. Kami sarankan agar anda tidak terlalu terbawa nafsu untuk terburu-buru menyelam dan sebagainya. Pastikan seluruh perlengkapan yang ada. Cek kembali, apakah perlatan yang dipakai sudah memenuhi standar keamanan.
  4. Jangan lupa dengan peralatan obat-obatan anda, dan juga jangan sampai anda berenang dalam keadaan perut kosong. Hal itu akan memicu timbulnya kram pada perut. Alangkah baiknya anda melakukan sarapan terlebih dahulu sebelum pergi ke pantai ini.
  5. Anda tidak perlu khawatir dengan tempat penginapan. Karena pulau Kangean ini sudah terbilang maju. Jadi, anda bisa menginap di desa setempat atau berkemah disekitaran pantai. Dengan begitu anda bisa berhemat.
  6. Sebaiknya anda melakukan perjalanan pada malam hari. Sehingga anda bisa tiba di pelabuhan Kalianget pada pagi hari.
4.bp.blogspot.com

4.bp.blogspot.com

 

suaramadura.files.wordpress.com

suaramadura.files.wordpress.com

One Response

  1. Anonim Maret 29, 2016

Leave a Reply