Menikmati Indahnya Pulau Pasumpahan Sumatera Barat

Pulau PasumpahanBanyak orang yang sependapat dengan pertanyaan bahwa Sumatera Barat memiliki paket wisata yang lengkap. Ia memiliki bermacam-macam jenis paket wisata yang bisa anda kunjungi. Di mulai dari wisata kuliner, arsitektur dan budaya, wisata pegunungan dan lembah semuanya ada di Provinsi Sumatera Barat.

Salah satu tempat wisata yang menarik untuk di kunjungi adalah Pulau Pasumpahan.Pulau pasumpahan merupakan salah satu dari ribuan pulau yang ada di indonesia.

Pulau ini terletak di Perairan Bungkus Teluk Kabung Kota Padang – Sumatera Barat. Luasnya mencapai sekitar 5 hektare. Jika dilihat dari peta, posisi Pulau pasumpahan bersebelahan dengan pulau sikuai.

Sejarah Pulau Pasumpahan

Pulau pasumpahan merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada

travellingnekat.blogspot. co.id

Kawasan ekosistem terumbu karang adalah salah satu potensi wisata yang ada. Selain jenis terumbu karang, ada juga berbagai jenis ikan-ikan hias yang membuat pulau ini sangat menarik untuk dikunjungi para wisatawan.

Konon katanya, pulau ini dipercaya oleh masyarakat sekitar merupakan jelmaan Malin Kundang yang di kutuk menjadi batu. Dari kepercayaan masyarakaat inilah, nama pasumpahan berasal.

Pulau pasumpahan juga memiliki obyek wisata pasir putih dan terumbu karang yang masih terjaga. Keindahan laut yang ada, membuat pulau ini mulai dikenal oleh berbagai wisatawan lokal maupun internasional. Menariknya lagi, permukaan laut yang dimiliki pulau ini seolah-olah terbagi menjadi tiga bagian.

Berwarna bening di pinggir, hijau di depan permukaan dan akan membiru pada bagian yang lebih tengah. Hal ini disebabkan oleh Tingkat kedalaman yang membuat air laut seolah memiliki perbedaan warna.

Keindahan Pulau Pasumpahan

Pulau pasumpahan menjadi daya tarik wisatawan

fajarnurdiansyah.com

Pulau pasumpahan terletak di pantai barat Kota Padang. Untuk mencapai Pulau pasumpahan, butuh waktu sekitar 35 menit menggunakan speedboat. Tarif yang diberikan oleh para pemberi  jasa angkutan adalah sebesar Rp 40rb, harga ini sudah termasuk ongkos pulang-pergi.

Jika dirasa mahal terdapat alternatif lain untuk menyambangi pulau ini. Anda bisa menyewa perahu dengan harga sewa Rp80rb untuk kapasitas 10 orang. Selain itu anda juga bisa menyewa perahu nelayan yang ada di Teluk bayur.

Pulau pasumpahan memiliki pemandangan yang sangat indah. Maka tak heran jika para investor lokal dan asing saling berlomba-lomba untuk mengembangkan pulau ini. Yang menjadi daya tarik utama pulau ini adalah hamparan pasirnya yang luas mengitari pulau pasumpahan.

Ditambah lagi dengan deburan ombak yang indah, membuat para wisatawan berdecak kagum. Dengan demikian, para traveler akan merasa terisolir jauh dari riuhnya hiruk pikuk ibukota.

Artikel terkait : 12 Tips untuk Traveling

Persiapan traveling ke Pulau Pasumpahan

Perlengkapan yang harus anda bawa ketika berada di pulau pasumpahan

4.bp.blogspot.com

Di pulau ini, anda bisa melakukan berbagai aktifitas yang sangat menarik seperti berenang, snorkeling, menyelam atau aktifitas darat lainnya seperti berkeliling pulau. Dengan berjalan kaki, maka para traveler dapat menikmati berbagai keindahan yang ada di sekeliling pulau.

Pulau ini bisa dibilang sebagai pulau terpencil. Jadi, jika anda ingin berlibur ke tempat ini jangan lupa untuk membawa lotion anti nyamuk, obat-obatan pribadi, sunblock serta makanan dan minuman yang mecukupi. Tak lupa pula siapkan tenda agar anda bisa bermalam di pulau ini. Jangan khawatir dan menyesal nantinya, karena pulau ini adalah pulau terindah yang ada di Sumatera Barat.

snorkeling merupakan aktifitas yang bisa dilakukan di pulau pasumpahan

1.bp.blogspot.com

salah satu pemandangan indahnya pulau pasumpahan

2.bp.blogspot.com

Leave a Reply