Sering Merasa Haus? Bisa Jadi Anda Mengalami ini

Rasa haus umum memang disebabkan oleh kurangnya asupan air ke dalam tubuh. Selain itu, bisa jadi karena berlebihan mengonsumsi makanan asin serta terlalu lama berolahraga. Namun, bagaimana kalau terlalu sering haus? Padahal pada saat itu kita sudah cukup asupan air. Atau, di lain pihak, kita juga tidak mengonsumsi makanan-makanan asin terlalu banyak ataupun tidak sedang berolahraga.

Kalau Anda sering mengalami hal tersebut, sebaiknya segera cari tahu penyebab sering haus. Ada beberapa penyebab seseorang mengalami haus terus-menerus.

Beberapa Penyebab Sering Haus

1. Penyakit Diabetes

res.cloudinary.com

res.cloudinary.com

Salah satu penyebab paling sering ketika seseorang mengidap haus terus-menerus adalah penyakit diabetes. Diabetes sendiri terbagi jadi dua tipe yakni Diabates Mellitus dan Diabetes Insipidus. Kedua tipe diabetes ini sama-sama punya gejala sering haus. Ini dikarenakan tubuh yang memaksa ginjal menghasilkan urine lebih banyak agar bisa membuang glukosa yang terlalu banyak dalam tubuh. Tentu saja untuk memastikan bahwa penyebab sering haus yang Anda alami memang karena penyakit diabates adalah dengan memeriksakan diri ke dokter.

Tak perlu kuatir, sekarang bahkan ada banyak asuransi kesehatan seperti salah satunya asuransi prudential yang juga meng-coverkonsultasi ke dokter lho!

2. Menstruasi dan Anemia

cdn3.bigcommerce.com

cdn3.bigcommerce.com

Penyebab lainnya bisa jadi karena Anda sedang menstruasi bagi para wanita. Ini normal karena pada saat menstruasi, kadar progestrogen dan estrogen memengaruhi jumlah cairan dalam tubuh. Belum lagi, Anda juga banyak kehilangan darah ketika mens. Dampaknya jadi haus. Maka dari itu, ketika Anda alami anemia, Anda pun akan sering mengalami rasa haus.

3. Mulut kering

healthcuretips.com

healthcuretips.com

Kasus ini disebut juga sebagai Xerostomia. Rasa kering yang tidak normal pada mulut disebabkan oleh komposisi air liur yang berubah dan terjadi pengurangan air liur. Selain produk saliva yang berkurang, gejala lain yang mengikuti antara lain sulit mengunyah, bau mulut dan air liur mengering seperti benang. Penyebab mulut kering sendiri sering kali merupakan efek samping dari konsumsi obat.

4. Tekanan darah rendah

hdwallpapersfit.com

hdwallpapersfit.com

Salah satu penyebab tekanan darah rendah adalah stres yang bersifat kronis. Akhirnya menyebabkan terganggunya kerja kelenjar adrenal. Hasilnya? Anda mengalami tekanan darah rendah yang ditandai dengan cemas, depresi, pusing dan sering haus.

5. Pola makan tertentu

tentree.com

tentree.com

Makanan khususnya yang punya efek diuretik seperti misalnya asparagus, seledri, melon, lemon dan juga jahe serta peterseli sering kali membuat Anda sering haus. Ini karena makanan-makanan tersebut memicu Anda sering buang air kecil. Memang makanan-makanan tersebut menyehatkan namun mengingat efek sampingnya – ada baiknya untuk divariasikan dengan makanan lainnya seperti sayuran atau buah lainnya.

Demikian beberapa penyebab sering haus. Untuk mengetahui secara pasti tentu adalah bijaksana untuk memeriksakan langsung ke dokter atau fasilitas kesehatan lainnya.

Ini bisa jadi ada faktor-faktor yang bisa jadi tidak bisa sekadar ditangani oleh pola hidup sehat saja. Seperti misalnya penyebab yang disebutkan pada poin pertama – diabetes. Anda tentu butuh perawatan yang lebih intensif, bukan? Oleh karena itu pula, ada baiknya untuk memiliki asuransi kesehatan dan bahkan asuransi jiwa agar setidaknya kondisi finansial Anda tidak terganggu apabila harus dilakukan perawatan medis.

Jangan sepele dengan beberapa penyebab sering haus. Mari periksa dari sekarang! Tentu saja sembari Anda tetap jaga pola hidup yang sehat pula agar semakin mudah mengatasi beberapa penyebab serius yang mengakibatkan Anda sering haus. Salam sehat!

Leave a Reply