7 Tips Presentasi ala Steve Jobs

Apa rahasia kesuksesan Apple dalam menjual produk-produknya? Tak lain dan tak bukan adalah terletak pada cara perusahaan ini mempromosikan produk-produknya. Dalam hal ini, kemampuan sang CEO, Steve Jobs tak perlu anda ragukan lagi. Dalam setiap persentasi, ia selalu memikat audiens sehingga mereka terkesima, bahkan memberikan standing applause kepada Steve di akhir acara presentasi. Lalu, apa kiat-kiat khusus Steve Jobs dalam melakukan presentasi? Inilah jurus-jurus jitu yang ia sajikan dalam setiap presentasinya

1. Gunakan Theme slide yang sederhana

Di setiap acara peluncuran produk Apple, Steve Jobs hampir selalu menampilkan Theme slide yang sama. Yakni warna hitam pada bagian atasnya, dan warna biru gelap pada bagian bawahnya. Namun dengan theme yang sederhana ini, dapat memikat para audiens yang sedang menghadirinya. Dengan begitu, para audiens akan tetap fokus dengan apa yang disampaikan oleh Steve Jobs.

2. Gunakan Font yang jelas

Steve Jobs selalu menggunakan font yang sama di dalam presentasinya. Helvetica adalah font kesukaannya. Salah satu keunggulan font Helvetica yang tak dijumpai pada font lain ialah terletak pada kejelasannya. Font ini mempunyai ketebalan yang tipis. Hingga lebih mudah dibaca dan dipahami oleh para audiens.
Terkadang, kita tergoda untuk menggunakan font unik dengan tujuan untuk menarik perhatian audiens, namun pada hakikatnya font itu justru tidak bisa ditangkap oleh audiens dengan jelas. Tentu saja, penggunaan font semacam ini tidak dianjurkan dalam presentasi.

3. Gunakan kata-kata yang hiperbola

Pada setiap presentasinya, Steve Jobs selalu menggunakan kata-kata hiperbola, seperti amazing, fantastic, awesome, magical, blown me away, dan sejenisnya secara berulang-ulang. Kata-kata itu ia gunakan untuk melukiskan beberapa kehebatan fitur produk Apple. Hal ini ia lakukan agar para audiens meniru ucapannya ketika ia menceritakan kepada teman-temannya. Dengan mengatakan “oh yeah, this new iPhone just blown me away. I just couldn’t speak no more”

Contoh hasil Tips presentasi Steve Jobs

images.anandtech.com

4. Ulangi dan ulangi lagi

Suapaya kata-kata tersebut tertancap kuat di hati dan ingatan audiens, Steve Jobs mengatakannya secara berulang-ulang. Ia menulanginya dalam rentang waktu 5 menit, agar para audiens tidak merasa bosan. Sementara itu, dalam bahasa indonesia kita juga mempunyai kosakata itu, seperti keren, heboh, menajubkan, luar biasa, dan lain-lain. Anda bisa menganti kata “luar biasa” menjadi “luuuuuuuuaaarrrr biasa”.

5. Minimalkan kuantitas teks

Setiap slide yang ia tampilkan, Steve Jobs cenderung minim menggunakan teks biasa. Ia hanya menggunakan teks didalam slide sebagai pengingat saja. Sementara itu, penjelasannya berada di dalam kep[ala dan lidahnya. Sehingga audiens pun akan fokus terhadapnya. Jika anda menggunakan teks dalam porsi banyak di dalam slide, anda akan membuat para audiens bosan. Sebab, anda lebih terkesan membaca teks daripada menjelaskan.

6. Suruh audien mencoba sendiri

Supaya audiens benar-benar terkesima dan bisa merasakan efek magis barang keluaran terbaru Apple, Steve Jobs tanpa ragu-ragu meminta audiens untuk mencoba produk Apple secara langsung. Biasanya mereka akan menekan-nekan sisi luar produk, mengangkat produk itu, , merekam dan mengambil gambarnya untuk di publikasikan ualng di blog atau di situs mereka.

7. Jangan ceritakan berita buruk

Jangan ceritakan berita buruk atau berita yang biasa saja, Steve Jobs selalu menceritakan keberhasilannya kepada audiens. Ia sama sekali tidak pernah menceritakan berita buruk atau berita yang biasa saja mengenai produk Apple. Misalnya saat acara peluncuran iPad 2, ia menceritakan tentang iBooks yang sudah menjadi channel yang dapat digunakan oleh para penggunanya untuk mengunduh sekitar 100 juta buku.
Demikian 7 tips presentasi ala Steve Jobs. Semoga bermanfaat 🙂

One Response

  1. Reza Andrian Februari 19, 2016

Leave a Reply