Fakta Unik Seputar Suku Dayak Losarang, Indramayu

Dayak adalah nama suku yang diberikan oleh orang-orang kalimantan kepada suku pedalaman penghuni pulau kalimantan. Suku Dayak identik dengan anti pemerintah, dan anti modern. Namun ada suku Dayak yang menarik disini. Suku Dayak yang tidak tinggal di pedalaman, namun mereka membaur dengan masyarakat. Penasaran? Mari kita bahas apa saja yang saya dapat dari perjalanan saya meneliti tentang Suku Dayak Indramayu. 🙂

Nama dan tempat tinggal

Suku Dayak ini mempunyai nama asli yaitu “Dayak Hindu Budha Bumi Segandu” namun orang-orang sering menyebutnya “Dayak losarang” atau “Dayak indramayu”. Dayak Hindu Budha bumi segandu sendiri memilik arti, yaitu :

  1. Suku, maksud disini adalah kaki. Maksudnya adalah setiap manusia berdiri diatas kakinya masing-masing. Mereka pun berhak memilih keyakinan mereka masing-masing.
  2. Dayak, maksud dari kata ini adalah ayak atau mengayak. Maksudnya adalah mengayak atau menyaring mana yang baik dan mana yang benar.
  3. Hindu, maksud dari kata ini bukanlah agama Hindu, namun arti dari Hindu sendiri ialah rahim. Maknanya adalah bahwa setiap manusia lahir dari seorang rahim ibu.
  4. Budha, maksud dari kata ini pun bukan Budha sebagai agama. Arti dari Budha sendiri ialaha Udha atau Telanjang. Filosofinya adalah setiap manusia itu lahir dalam keadaan telanjang (fitrah) tidak membawa apa-apa.
  5. Bumi Segandu, Bumi mempunyai arti wujud, sedangkan segandu artinya sekujur tubuh.
  6. Indramayu, “In” bermakna inti “Darma” berarti orang tua dan “Ayu” artinya permpuan. Fiolosfinya adalah kita sebagai manusia dikeluarkan dari inti rahim seorang ibu. Maka seorang ibu itu haru dihormati.

Mereka tinggal di sebuah komplek yang tak lebih dari 50m persegi, dan mereka hidup ditengah riuhnya keramaian masyarakat sekelilingnya.

dayak-indramayu_2

Pakaian

Mereka sendiri mempunyai pakaian yang khas. Ketika saya menemui sang Kepala Suku, Mereka  menggunakan celana bercorak hitam dan putih, mereka pun tidak memakai baju. Lalu saya bertanya kepada sang kepala suku, apakah pakaian yang ia pakai adalah pakaian yang dipakai oleh seluruh anggota dayak losarang? Ia menjawab bahwa tidak semua anggota suku dayak memakai pakaian seperti dia. Ia menyampaikan bahwa yang memakai pakaian seperti dia ini hanyalah anggota Suku Dayak yang tulen, mereka tidak memiliki agama. Mereka hanya percaya pada kekuatan alam. Mereka menyebutnya dengan sejarah alam ngaji rasa. Berbeda halnya dengan anggota biasa, anggota biasa hanya memakai pakaian serba Hitam. Mereka juga masih mempunyai kepercayaan masing-masing.

2.bp.blogspot.com

Mereka memiliki adat dan kebiasaan sebagai berikut:

Tidak pernah memakan binatang

Mereka tidak pernah memakan binatang atau makhluk yang bergerak. Mereka hanya memakan tumbuh-tumbuhan. Mereka menganggap bahwa binatang adalah anugerah alam yang harus dijaga. Maka mereka memilih untuk tidak memakannya

 

Tidak mengikatkan diri pada apapun

Mereka memiliki kepercayaan bahwa manusia memiliki kehendaknya masing-masing. Jadi mereka tidak mengikatkan diri pada Agama, Negara ataupun lainnya yang sifatnya mengikat. Mereka hidup dalam tatanan aturan mereka sendiri. Mereka juga tidak memaksakan kehendak manusia harus menjadi seperti ini itu. Ia hanya berkeyakinan bahwa manusia berhak atas kehendaknya sendiri.

Mandi sebulan sekali

hinkniken.files.wordpress.com

hinkniken.files.wordpress.com

Cara mandi mereka berbeda dengan kita. Mereka hanya merendamkan diri dari Pukul 01:00 hingga Pukul 09:00 pagi. Dan itu mereka lakukan dalam waktu sebulan sekali.

Tidak mengobati diri

Mereka  tidak pernah mengobati diri sendiri. Ketika mereka sakit, mereka hanya beranggapan bahwa mereka masih salah dalam menjalankan hidup. Maka dari itu mereka hanya diam dan merenungi diri.

i.ytimg.com

i.ytimg.com

Perempuan adalah segalanya

Satu lagi yang unik dari Suku dayak adalah, mereka menganggap perempuan adalah segalanya. Dikarenakan merekalah calon ibu. Jadi, pekerjaan seperti mencuci, memasak, dan merapihkan rumah itu semua dilakukan oleh kaum laki-laki. Berbahagialah para perempuan jika kalian menikah dengan orang dari suku dayak 😀

Itulah yang saya dapat dari pengalaman saya berkunjung ke pemukiman Suku Dayak Losarang, Indramayu. Semoga artikel ini dapat bermanfaat 🙂

 

4 Comments

  1. wizam Agustus 25, 2015
  2. Admin Agustus 25, 2015
  3. galuh April 26, 2016
  4. Admin April 27, 2016

Leave a Reply