Tahap Perkembangan Anak Pada Usia 0 Hingga 11 Bulan

Tahap Perkembangan AnakAnak merupakan karunia yang dititipkan oleh tuhan kepada kita. Ia merupakan aset penting yang harus kita jaga. Anak yang memiliki sikap yang bagus, tentunya akan menjadi seseorang yang berguna bagi bangsa dan negara. Selain itu, anak juga merupakan satu-satunya penerus keturunan yang bisa kita andalkan.

Mendidik anak memang tak mudah, butuh skill dan keahlian tertentu. Namun, setiap orang tua harus memiliki skill dan keahlian tersebut demi menciptakan generasi-generasi baru yang akan menentukan nasib bangsa kita ini. Dengan adanya tuntutan tersebut, kita sebagai orang tua harus tahu bagaimana cara agar mendidik anak yang baik dan benar.

Salah satunya adalah dengan mengetahui tahap perkembangan anak. Semua tahap itu akan dipengaruhi oleh berbagai macam interaksi sosial dan budaya. Masyarakat lingkungan memiliki peran penting terhadap perkembangan anak. Perkembangan psikologis dihasilkan dari interaksi antara kebutuhan biologis dan proses maturasional.

Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit menjelaskan tahap-tahap perkembangan anak yang akan dilalui semasa batita. Disini, kita akan tahu bagaimana proses itu terjadi. Mulai dari proses penggenggaman bayi hingga proses dimana ia mulai mendorong mainannya. Penasaran? Yuk kita lihat langkah-langkah yang adad dibawah ini.

Tahap perkembangan anak pada usia 0 bulan

pada bulan ke 0 balita akan secara alami menangis karena tahap perkembangannya

jenniandjody.com

Ketika buah hati anda lahir, respon yang paling pertama ditimbulkan oleh bayi adalah menangis. Hal itu memang sudah sangat alami karena sang bayi masih menyesuaikan dengan lingkungannya yang baru. Mata dan wajah si kecil biasanya akan sedikit terlihat bengkak pada saat-saat pertama. Di masa ini, buah hati anda sudah memiliki sejumlah refleks Primitif seperti menggenggam, menghisap dan mencari puting sang ibu.

Tahap perkembangan anak pada usia satu bulan

pada bulan keenam anak akan sering tertidur

blog.corbis.com

Ketika berumur satu bulan, maka buah hati anda akan suka sekali untuk tidur. Pada masa ini, ia masih membutuhkan beberapa waktu untuk dapat membedakan siang dan malam. Semua itu terjadi karena pigmen yang ada pada mata bayi belum berkembang dengan sempurna. Warna pigmen tersebut akan berubah secara perlahan seiring berjalnnya waktu.

Selain itu bayi juga akan sering menangis ketika ia merasa lapar. Secara naluri juga ia akan menggenggam jarij-emari ibunya. Pada masa ini juga berat badan sang buah hati juga akan berkembang secara pesat.

Tahap perkembangan anak pada usia dua bulan

pada bulan kedua sang anak bisa merasakan sesuatu

kradl.me

Pada masa ini, sang anak sudah bisa melihat dalam skala yang lebih jauh. Tak lama lagi, buah hati anda akan mecoba untuk meraih berbagai macam benda yang ada di dekatnya. Jika ia melihat sang ibu, maka ia aka berubah mebnjadi aktif dan menggeliat kesenangan. Ketika ia sudah mulai mengenal jari jemarinya, maka ia akan mencoba untuk memasukan tangannya kedalam mulut.

Tahap perkembangan anak pada usia tiga bulan

di bulan ketiga sang anak sudah mulai bisa merangkak

thestripedbanana.files.wordpress.com

Memasuki bulan yang ketiga, bayi sudah mulai mendengar dan memerhatikan suara sang ibu. Semua itu ia lakukan semata-mata karena ikatan batin yang dimilikinya. Bayi juga sudah mulai mampu untuk menggenggam mainan walau hanya sebentar.

Pada masa ini, si bayi mulai melakukan gerakan-gerakan yang disengaja. Ia bahkan lebih sering menggulingkan badan dan mulai mengendalikan kepalanya karena otot yang ada dilehernya sudah semakin kuat. Pada masa ini sang bayi juga butuh perlindungan kulit yang sangat. Oleh karenanya, kita harus pintar-pintar memilih bedak bayi yang aman.

Tahap perkembangan anak pada usia empat bulan

sang anak mulai bisa menggerakan dan menghisap kakinya

justmaggie.com

Seiring dengan usianya yang semakin bertambah, bayi akan mulai sering mencoba untuk berkomunikasi dengan ibunya. Entah itu dengan cara menangis, tertawa dan sebagainya. Ketika ia mulai mengenal kedua kakinya, buah hati anda akan mencoba untuk menghisap dan memegang kedua kakinya untuk menyenangkan diri. Selain itu juga sang bayi akan sangat suka mengeksplorasi soal tekstur barang menggunakan mulutnya. Pada masa ini, buah hati anda juga akan tidur lebih lama ketika malam hari dan akan berkurang ketika datang siang hari.

Tahap perkembangan anak pada usia lima bulan

di usia ini sang anak sudah bisa tertawa

i.ytimg .com

Pada bulan kelima, sang anak akan mulai menghabiskan botolnya dengan cepat ketika ia sedang lapar. Bila dilihat secara sosial, sang anak mulai peduli dengan hal-hal yang ada di sekelilingnya. Ia juga mulai berinteraksi dengan cara mengeluarkan suara dan gelak tawanya. Buah hati anda mulai tertarik dengan benda-benda kecil dan selalu mencoba untuk meraihnya.

Ia juga dapat merespons berbagai macam permainan seperti cilukba dengan tawa dan kegirangan. Perkembangan fisik yang ia dapatkan pada bulan kelima adalah gerakan kepala yang sudah bisa sejajar dengan ukuran badannya.

Artikel Terkait : Fakta Penting Mengenai Anak Kedua

Tahap perkembangan anak pada usia enam bulan

di usia ini sang anak sudah bisa melambaikan tangan kepada ibunya

wallarthd.com

Di bulan keenam, si kecil mulai mengalami interaksi sosial. Ia akan melambaikan tangannya sebagai pertanda bahwa ia sedang meminta untuk digendong. Ia juga bisa tersenyum ketika ia melihat wajah ibunya. Masa ini merupakan masa serba pertama pada buah hati. Di bulan ini ia akan mampu merangkak, duduk, atau mungkin berdiri tanpa berpegangan.

Disaat si kecil berada dalam posisi telentang, ia akan mulai mencoba untuk mengangkat kepala dan bahunya. Namun, ketika ia dalam posisi tengkurap maka ia akan terus mencoba untuk mengangkat badannya menggunakan kedua tangannya.

Tahap perkembangan anak pada usia tujuh bulan

pada tahap ini sangh anak sudah bisa merasakan lezatnya makanan yang keras

deerhurstnursery.com

Ketika berada dalam tahap ini si kecil sudah mulai merasakan lezatnya makanan padat karean ia sudah mulai memperlihatkan gigi susunya. Sang anak juga mulai bisa memegang dua benda dalam waktu yang bersamaan. Emosi yang ada secara keseluruhan sudah mulai terbentuk, ia sudah merasa kehilangan jika ia tidak didekatkan dengan ibunya.

Pada bulan ketujuh ini buah hati akan mengulang suku kata konsonan seperti ‘bababa’ dan meniup dengan mulut mencibir. Senang pada situasi sosial dengan ditandai melonjak-lonjak kegirangan bila tahu saatnya untuk bermain.

Tahap perkembangan anak pada usia delapan bulan

pada usia ini sang anak sudah mulai mengetahui nada sang ibu

mykidsite.com

Di usianya yang mencapai delapan bulan, si kecil sudah mulai memahami nada suara sang ibu dan mungkin akan menangi ketika sang ibu marah. Perkembangan motorik yang ia dapatkan pada usia ini adalah  lebih pekanya terhadap suatu benda. Ia akan melepaskan benda yang tidak ia inginkan secara disengaja dan ia dapat memungut benda lain untuk menggantikan benda tersebut. Ia juga sudah mulai mengingat kejadian yang baru terjadi.

Tahap perkembangan anak pada usia sembilan bulan

pada masa-masa seperti ini bayi sangat suka untuk mengacak-acak mainan

squarespace.com

Bayi seusia ini samgat suka untuk mengacak-acak mainan. Karena gigi-giginya mulai tumbuh, ia mulai senang menggigit mainan yang keras. Ia juga mulai mengenali jenis-jenis musik yang ada, mulai dari suara gemerincing logam hinga nyanyian sang ibu.

Tahap perkembangan anak pada usia sepuluh bulan

pada tahap perkembangan ini sang bayi mulai bisa berjalan

4.bp.blogspot.com

Pada masa ini banyak bayi yang sudah mulai mencoba untuk berjalan. Namun, tidak semua bayi mengalaminya. Ada juga yang baru bisa berjalan beberapa lama sesudahnya. Selain itu, permainan fisik seperti menggelitik sudah bisa membuat sang bayi ketagihan dan merasa senang.

Tahap perkembangan anak pada usia sebelas bulan

ini adalah tahap perkembangan pada bayi

3.bp.blogspot.com

Usia sebelas hingga satu tahun adalah masa puncak bagi sang bayi untuk mempelaraji sesuatu. Ia sudah memasuki masa yang baru. Pada masa ini ia mulai bisa menunjuk, tidak lagi meraup dengan semua tangannya. Ia juga sudah bisa menggunakan jempol dan telunjuknya untuk menjepit sesuatu. Sang buah hati ajan suka menggendong mainannya, ia juga sudah bisa berputar dan menoleh ketika ibunya memanggil namanya.

 

Leave a Reply