Tips Menjaga Wajah Bersih dan Mulus  

Sebagian besar dari kita kaum hawa pasti menginginkan tampilan wajah yang bersih dan mulus tanpa noda. Untuk mendapatkan kulit wajah bersih serta mulus ini tentu tidak bisa secara instan. Ada beberapa langkah cara menghilangkan jerawat yang wajib dilakukan.

Selain itu, terdapat pula beberapa hal yang harus diperhatikan terkait kesehatan kulit wajah. Dengan perawatan harian yang dilakukan secara telaten dan berkelanjutan, kulit wajah bersih serta mulus bukan hal yang tidak mungkin untuk didapatkan.

  1. Yang pertama harus kita lakukan adalah mengenali jenis kulit wajah. Terdapat jenis kulit kering, berminyak, kombinasi serta sensitif. Untuk kulit kering umumnya akan terlihat kusam dan perawatan yang dibutuhkan ialah mencuci muka dua kali sehari agar kulit wajah senantiasa lembab. Sementara kulit berminyak cenderung akan menghasilkan jerawat. Perawatan yang tepat adalah mencuci muka menggunakan bahan yang mengandung sedikit minyak dan tidak dilakukan secara sering. Kulit kombinasi cenderung berminyak bagian T yaitu dahi dan hidung sementara bagian lainnya kering.
  2. Mencuci muka dua kali sehari terutama setelah selesai beraktivitas wajib untuk dilakukan agar kotoran dan debu yang menempel pada kulit dapat dibersihkan. Gunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit wajah.
  3. Untuk mendapatkan kulit yang mulus tanpa jerawat, kita bisa menggunakan produk khusus seperti krim atau gel yang dapat mengempeskan jerawat.
  4. Kita juga dapat menggunakan bahan alami yang dibuat sendiri. Termasuk di antaranya adalah bengkoang untuk mencerahkan wajah kusam, lemon untuk mengurangi jerawat dan timun untuk merilekskan kulit wajah yang tergolong sensitif.
  5. Lakukan perawatan seperti masker minimal satu kali seminggu. Selain masker berbahan alami, kita juga dapat menggunakan masker siap pakai yang banyak tersedia di pasaran.
  6. Selain menjaga kebersihan dan kesehatan kulit dari luar, kita juga hendaknya menjaga kesehatan kulit dari dalam. Caranya adalah dengan menerapkan pola makan yang sehat serta teratur. Rutin konsumsi air putih dalam jumlah cukup agar kulit tidak tampak kusam. Kurangi konsumsi telur untuk kita yang tergolong memiliki kulit berminyak.

Dalam menjalankan perawatan kulit, dibutuhkan kesabaran karena hasilnya tidak akan langsung terlihat. Dibutuhkan waktu dalam hitungan hari hingga minggu sampai kulit wajah mulai terlihat bersih serta mulus. Apabila hasil dari perawatan telah terlihat, kita masih tetap harus meneruskannya agar didapat hasil yang permanen.

Faktor penting lain yang harus diperhatikan terkait perawatan wajah adalah memilih produk yang sesuai dan tepat. Untuk produk yang berbahan alami, gunakan bahan yang masih segar sehingga terjaga kualitasnya. Kita dapat mengonsultasikan perawatan kecantikan ini pada dokter untuk mendapat rekomendasi yang lebih tepat.

 

Leave a Reply