Tips Sukses Ternak Domba

Setiap usaha membutuhkan effort dan semangat serta kegigihan dari setiap pelaku usaha yang dijalankan. Tidak menutup segala usaha yang telah ada, hal ini harus menjadi tolak ukur bagaimana nantinya usaha tersebut akan berkembang. Namun tentu saja dalam setiap usaha dibutuhkan ilmu dan strategi agar usaha dapat berlangsung dan berkembang dengan baik.

Seperti halnya ketika kita memutuskan untuk menjalani usaha ternak domba yang sudah marak di masyarakat sejak dulu. Sebagai peternak domba, kita harus mengetahui tentang perbedaan dan karakter jenis domba yang ada. Ada beberapa jenis yang dapat kita temukan di Indonesia seperti: Domba lokal, Garut, Silangan, dan beberapa jenis lain.

Kembali ke topik mengenai tip sukses ternak domba, mari kita urutkan dari kebutuhan-kebutuhan yang perlu disiapkan ketika kita memulai usaha ini.

  1. Persiapkan kandang yang sesuai dengan standar peternakan kambing yang sehat di mana kandang dapat mudah dibersihkan sehingga tidak menjadi pusat penyebaran penyakit ternak.
  2. Pemilihan bibit secara teliti dan detail. Hal ini berfungsi untuk menghindari kerugian ketika melakukan perawatan. Bibit yang baik tentu saja bibit kambing yang terbebas dari wabah penyakit dan memiliki indukan yang baik pula.
  3. Sistem peternakan dan pangan yang disesuaikan dengan baik. Dalam memilih pangan tentu saja setiap peternak harus memperhatikan bagaimana pangan itu disiapkan dan bagaimana ternak mulai mengkonsumsi pangan yang disediakan.
  4. Pemeliharaan domba harus dilakukan dengan melakukan pengecekan-pengecekan rutin terhadap kondisi domba. Domba yang hamil harus mendapat perawatan khusus sehingga ketika proses melahirkan dapat berjalan lancar yang tentunya akan semakin memberi keuntungan bagi peternak.
  5. Menjaga kebersihan kandang domba pun juga menjadi salah satu faktor penting terhadap keberlangsungan ternak domba.
  6. Pengelolaan keuangan.

Merupakan salah satu faktor terpenting dalam setiap usaha. Keuntungan dari jual beli ternak yang didapatkan, sebisa mungkin digunakan untuk mengembangkan atau menambah jumlah ternak agar keuntungan yang didapatkan di akhir menjadi lebih besar. Tentu hal ini membutuhkan will power yang lebih besar lagi selain dalam pemeliharaan ternak.

Apabila sudah menjalankan beberapa tip tersebut, sudah tentu hasil biasanya tidak akan mengkhianati proses yang dilakukan.Akan tetapi, keuletan setiap peternak juga akan mempengaruhi bagaimana perkembangan peternakan domba itu nantinya. Sistem ternak yang baik juga menjadi indikator sukses atau tidaknya ternak yang dilakukan.

Bagaimana jika Anda merasa khawatir jika bisnis ternak kambing domba tidak berjalan dengan yang diinginkan? Ada alternatif untuk mengurangi risiko di bisnis ini, yaitu dengan cara ternak online menggunakan aplikasi Angon di smartphoneAndroid.

Dengan aplikasi Angon, Anda bisa memiliki bisnis ternak kambing tanpa harus repot untuk mengelolanya. Angon memiliki peternak rakyat berpengalaman untuk memelihara kambing dan memiliki asuransi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada hewan ternak Anda.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa langsung menuju web resmi Angon di http://angon.id.

Leave a Reply